Keuangan

6 Cara untuk Berinvestasi Secara Efisien, Coba Yuk!

investasi

Investasi adalah kegiatan yang selalu diperhatikan oleh orang-orang yang ingin sukses sejati. Orang-orang yang memiliki kekayaan sejati juga tak pernah luput dengan melakukan investasi setiap waktunya. Dengan melakukan investasi maka Anda akan bisa membuat kekayaan yang ada menjadi bertambah berkali-kali lipat. Tapi untuk melakukan kegiatan investasi ini tak jarang orang yang binggung untuk menjalankannya. Beberapa orang bahkan ada yang menjalankan investasi ini secara gegabah sehingga menjadikan kegiatan investasinya tidak efisien. Efisiensi dalam menjalankan investasi memang sangat penting untuk dicermati mengingat adanya risiko yang cukup besar dalam kegiatan ini. Nah berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berinvestasi secara efisien.

  1. Melakukannya Sesegera Mungkin

Pertama, cara yang harus dilakukan untuk berinvestasi secara efisien adalah dengan melakukannya sesegra mungkin. Anda memang tak bisa menunggu waktu untuk bisa mendapati dan merasakan efisiensi dalam berinvestasi. Semakin Anda menunggui waktu yang tepat maka akan semakin hilang peluang Anda untuk berinvestasi secara efisien. Sebab saat Anda masih muda dan produktif pastinya akan ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencapai efisiensi, termasuk efisiensi dalam berinvestasi. Tapi bila Ada menunggu waktu hingga usia Anda terus bertambah, maka Anda harus bersiap untuk menerima kekecewaan karena sulitnya mencapai efisiensi saat berinvestasi.

  1. Lampaui Inflasi

Meski memiliki risiko, tapi berinvestasi akan membuat Anda bisa melampaui inflasi secara konsisten. Konsistensi investasi dalam melampaui inflasi sendiri terbilang mumpuni karena sudah berlangsung sejak tahun 1940-an. Dengan bisa melampaui inflasi, tentu Anda akan bisa berpeluang lebih besar meraih keuntungan yang besar dalam kegiatan investasi yang dijalankan. Inflasi sendiri memang dapat membuat rencana keuangan jadi berantakan di masa depan. Sebab inflasi dapat membuat Anda kehilangan uang secara perlahan. Menurut laporan dari Bank Indonesia, inflasi yang terjadi di negeri ini selalu naik setiap tahunnya. Dari sini bila Anda menjalankan rencana keuangan dengan cara menyimpan di bank maka bunga yang ada akan membuat Anda tidak bisa melampau inflasi dan akhirnya harus kehilangan uang. Tapi bila Anda mengandalkan investasi dalam bentuk saham atau reksadana maka inflasi yang ada akan bisa diminimalisir dampaknya.

  1. Diversifikasi

Berikutnya, cara yang bisa Anda lakukan untuk berinvestasi secara efisien adalah dengan mengandalkan diversifikasi. Diversifikasi sendiri adalah cara membagi modal yang dimiliki pada beberapa varian aset atau investasi. Sebagai contoh adalah Anda melakukan diversifikasi pada investasi properti, saham, emas, surat hutang dan lainnya. Dengan melakukan diversifikasi ini maka investasi yang Anda lakukan akan berjalan dengan efisien. Sebab, dari diversifikasi ini, maka Anda akan bisa mencegah kerugian total bila ada salah satu aset atau investasi yang mengalami kerugian atau kegagalan.

  1. Memilih Investasi yang Tepat

Saat ini invetasi memang ada banyak macamnya. Dari sinilah Anda harus pandai-pandai menyeleksi untuk pilihan Anda yang terbaik supaya mencapai efisiensi. Untuk mencapai efisiensi dalam berinvestasi, Anda harus memilih investasi yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda dan juga sesuai tujuan yang hendak Anda capai. Beberapa pilihan investasi yang bisa Anda pilih yaitu saham, reksadana, obligasi, deposito, dan lainnya. Dari urutan jenis investasi tadi, Anda juga harus siap untuk berhadapan dengan risiko serta keuntungannya supaya bisa mencapai efisiensi.

  1. Tak Perlu Memulai dengan Modal Besar

Supaya Anda bisa mencapai efisiensi dalam kegiatan investasi, Anda tak perlu langsung memulainya dengan modal besar. Sebab semakin besar modal, meski peluang memperoleh keuntungan lebih banyak, namun risiko kerugiannya juga besar. Jadi mulai saja dengan modal sedikit namun bisa membuat Anda percaya diri menjalankannya. Hal penting lain yang perlu Anda cermati adalah pilih investasi yang telah terjamin dan memiliki performa yang baik selama lima hingga sepuluh tahun terakhir. Dengan menjalankan investasi yang memiliki performa baik maka Anda bisa mencapai efisiensi dari keuntungan yang konstan dan kerugian yang bisa diminimalisir.

  1. Tidak Perlu Terlalu Memonitor

Terakhir, agar Anda bisa berinvestasi dengan efisien adalah dengan tidak terlalu memonitor. Anda bisa sesekali saja melakukan monitoring. Tapi untuk terus memonitor investasi, hal ini tidak disarankan karena dapat membuat Anda dilanda rasa khawatir dan takut untuk mengambil keputusan. Karena berinvestasi ini tujuannnya adalah jangka panjang, maka memantau invetasi secara berlebihan ini memang akan membuat Anda sulit mencapai efisiensi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top