Tips

6 Resep Hidup di Kota Besar dengan Gaji Pas-Pasan, Manjur Lho!

Kota besar seperti Jakarta memang selalu menjadi tujuan para perantau untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. Karena kota Jakarta dikenal dengan ratusan kesempatan kerjanya, maka banyak orang yang memilih untuk meninggalkan kampung halamannya demi mengadu nasib di kota Jakarta. Selain banyaknya kesempatan kerja yang tersedia, kota sekelas Jakarta juga menjanjikan gaji yang relatif tinggi. Tidak heran di Ibu Kota Indonesia ini selalu didatangi warga luar kota yang menetap demi untuk mengadu nasib. Meski tersedia banyak pekerjaan yang gajinya relatif tinggi, namun hidup di Kota Metropolitan seperti Jakarta bukanlah perkara yang mudah. Hal ini dikarenakan biaya hidup di sini terbilang sangat tinggi. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan berhemat bagi Anda yang tinggal di kota besar. Dengan berhemat, Anda akan bisa bertahan hidup meski dengan gaji pas-pasan. Berikut ini 6 cara mudah untuk mengatur uang saat hidup di kota besar.

1. Pilihlah Tempat Tinggal yang Harga Sewanya Sangat Murah

Biasanya, harga sewa rumah di kota besar akan lebih mahal dibandingkan dengan kota-kota kecil lainnya. Demi bisa menghemat pengeluaran Anda di kota besar, tinggal menumpang adalah salah satu cara yang bisa Anda coba. Jika Anda memiliki saudara atau pun teman dekat, maka cobalah untuk menumpang di tempat mereka saja agar Anda bisa lebih menghemat. Namun, jika Anda lebih memilih menjadi anak kos, Anda juga bisa menyewa kamar kos. Pastikan memilih kamar kos yang harga sewanya terjangkau, carilah kamar kos yang harga sewanya kurang dari 20% dari penghasilan Anda.

2. Biasakan Jalan Kaki atau Naik Kendaraan Umum

Jika Anda akan pergi ke tempat kerja, sebagai anak kos yang merantau Anda tidak boleh bersikap manja. Anda tidak harus punya mobil atau motor sendiri, tapi Anda bisa berhemat dengan naik kendaraan umum atau jalan kaki. Manfaatkan fasilitas umum yang tersedia seperti bus atau kereta. Selain kendaraan umum, Anda juga bisa mencoba berjalan kaki yang tentunya akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

3. Makanlah di Warteg atau Masak Sendiri di Rumah

Selain urusan tempat tinggal dan kendaraan, perkara makan juga harus diperhatikan. Agar Anda bisa berhemat untuk makan sehari-hari, sebaiknya membiasakan diri untuk makan di warteg atau masak sendiri di rumah. Dari pada Anda makan di restoran yang harganya cukup mahal, lebih baik Anda makan di warteg saja. Karena dengan makan di warteg, tentu akan lebih praktis dan murah. Namun akan lebih baik jika Anda masak sendiri di rumah, selain hemat tentunya juga akan lebih sehat.

4. Jangan Keseringan Nongkrong atau Jalan-Jalan yang Efeknya Tidak Bermanfaat

Berbagai macam hiburan tersedia di kota-kota besar, mulai dari mall hingga tempat nongkrong. Dalam hal ini, Anda harus piawai menahan diri. Anda boleh saja pergi ke tempat hiburan, namun sebaiknya jangan terlalu sering nongkrong atau jalan-jalan dengan teman. Karena, kebiasaan tersebut malah akan menguras isi dompet Anda.

5. Manfaatkan Diskon Saat Berbelanja

Setiap bulan pastikan Anda berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari seperti beras, pasta gigi, sabun mandi dan lain-lain. Perhatikan budget yang Anda punya, jangan sampai Anda kehabisan uang karena kurang bijak dalam berbelanja. Jika Anda tidak ingin terlalu boros, maka manfaatkanlah diskon yang biasanya tersedia di mall-mall atau supermarket. Selain itu, pastikan juga membeli barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Carilah Uang Tambahan dengan Cara Bekerja Sampingan

Selain berhemat, cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mencari pemasukan tambahan. Misalnya menjadi freelance, jualan pulsa atau kuota, menjual barang di media sosial hingga menjual makanan di rumah. Dengan cara bekerja sampingan ini, pemasukan Anda akan lebih banyak sehingga dapat membantu keuangan Anda untuk bisa hidup di kota besar.

Hidup di kota besar dengan gaji yang pas-pasan memang tidak mudah. Asalkan Anda mau berusaha dan menerapkan 6 cara berhemat di atas, Anda pasti tidak akan kesulitan mengelola keuangan di kota besar. Yuk, dicoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: