Lainnya

6 Sebab Bisnis Skala Kecil Alami Kegagalan, Sudah Tahu Belum?

kegagalan-bisnis-skala-kecil

Bisnis skala kecil atau rumahan (UMKM) merupakan salah satu pilihan seseorang yang memiliki modal minim untuk berwirausaha. Sama seperti bisnis lainnya, bisnis skala kecil juga mempunyai risiko gagal. Dibanding bisnis skala besar, kegagalan pada usaha kecil ini cukup besar peluangnya karena belum ada daya saing yang kuat dan kestabilan sistem bisnis. Maka dari itu Anda yang sedang menjalankan bisnis skala kecil harus lebih berhati-hati dan waspada pada hal-hal yang dapat menyebabkan bisnis mengalami kegagalan. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan kegagalan pada bisnis skala kecil (UMKM).

  1. Kepribadian Pebisnis yang Lemah

Faktor pertama dan utama yang menjadi penyebab kegagalan pada bisnis skala kecil adalah kepribadian pengusaha. Kepribadian pebisnis ini bisa berwujud bagaimana mereka berusaha hingga menetapkan target bisnis. Kepribadian ini juga bisa terlihat dari bagaimana mereka memperlakukan karyawan dan juga uang. Bagaimana mereka menjalankan strategi usaha dan juga bagaimana mereka dalam menghadapi setiap tantangan yang ada juga mencerminkan kepribadian pebisnis. Dari beberapa kepribadian dari entrepreneur ini yang nasib usaha kecil bisa terlihat. Jika pebisnis memiliki kepribadian yang cenderung lemah terhadap apapun maka risiko kegagalan akan semakin besar muncul.

  1. Sistem Manajemen yang Buruk

Sistem manajemen bisnis memang tidak selalu menjadi keharusan bagi perusahaan besar, tapi bisnis skala kecil juga perlu memilikinya. Bisnis yang dijalankan dengan sistem manajemen yang baik memang berpeluang besar untuk sukses. Sistem manajemen bisnis sendiri dapat berujud visi dan misi serta juga budaya kerja. Jika bisnis skala kecil yang Anda jalankan sudah mampu menerapkan sistem manajemen yang baik maka risiko kegagalan akan bisa dihindari sejauh mungkin. Tapi sebaliknya bila bisnis skala kecil ini dijalankan dengan sistem manajemen yang buruk maka bersiaplah dengan kegagalan yang datang menghampiri.

  1. Operasional yang Tidak Stabil

Untuk menggerakkan bisnis maka seorang pengusaha memang membutuhkan sebuah sistem operasional. Sistem operasional ini sendiri meliputi para pekerja dan perlengkapan yang mendukung usaha. Bila salah satu dari kedua hal ini berkerja tidak optimal maka hal ini akan membuat bisnis skala kecil jadi goyah. Dan bila dibiarkan, lama kelamaan hal ini akan membuat bisnis bisa mengalami kegagalan. Jadi untuk menghindari kegagalan, pastikan bisnis skala kecil Anda sudah menerapkan sistem operasional yang mumpuni.

  1. Pembukuan Keuangan yang Tidak Baik

Sistem pencatatan keuangan yang berwujud pembukuan akutansi juga sangat penting untuk disusun dengan baik pada bisnis skala kecil. Sebab pencatatan keuangan yang tidak baik pada sebuah bisnis, termasuk usaha skala kecil akan dapat menyebabkan kegagalan. Pembukuan keuangan sendiri secara umum akan mencatat dua hal seperti pemasukan dan pengeluaran. Nah dengan pembukuan keuangan yang baik dana jelas maka kerugian akibat hal-hal yang tak tercatat akan bisa diminimalisir. Dari sini maka risiko kegagalan pun akan bisa diantisipasi sejak awal dengan baik.

  1. Dana Cadangan yang Nihil

Budget atau anggaran memang sangat penting bagi sebuah bisnis, terlebih bisnis skala kecil. Karena pentingnya anggaran maka seorang pebisnis diharuskan untuk menabung. Ketika memiliki tabungan maka akan ada dana cadangan yang bisa digunakan pengusaha untuk mengantisipasi beberapa hal yang tidak diinginkan. Dalam perjalanan usaha, termasuk bisnis kecil memang hal-hal yang tidak diinginkan bisa jadi muncul. Dengan adanya dana cadangan maka segala penyebab dan kemungkinan kegagalan bisa diantisipasi dengan cepat sehingga tidak terjadi.

  1. Tidak Mengontrol Perkembangan Bisnis

Terakhir, hal yang bisa menjadi penyebab bisnis skala kecil mengalami kegagalan adalah tidak adanya kontrol perkembangan usaha. Untuk mengetahui maju tidaknya bisnis memang diperlukan pantauan pada perkembangan bisnis. Dari kontrol bisnis maka pengusaha bisa melakukan antispasi dengan cepat bila muncul tanda-tanda kebangkrutan. Namun bila tidak ada kontrol terhadap perkembangan bisnis maka pengusaha bisa saja terlena dengan keadaan yang ada, padahal usaha sedang menuju ke arah kegagalan.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab bisnis skala kecil mengalami kegagalan. Bila Anda seorang pengusaha sejati seharusnya informasi di atas menjadi pengetahuan berharga untuk dibaca. Meski hanya berskala kecil, usaha rumahan atau UMKM juga punya peluang sukses bila dijalankan dengan serius dan sungguh-sungguh.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top