Keuangan

6 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Sekarat di Pertengahan Bulan

Menghemat keuangan memang seringkali sulit dilakukan, terutama saat menerima gaji. Bahkan, ada juga yang keuangannya cepat sekarat padahal baru pertengahan bulan. Pasalnya, pertengahan bulan adalah masa-masa dimana Anda mulai sering mengecek kalender untuk menghitung berapa hari lagi menuju tanggal gajian baru. Masih banyak hari yang harus Anda lalui untuk bisa bertahan hidup, sementara isi dompet sudah menipis. Kalau sudah begini, Anda sendirilah yang akan kelimpungan untuk mencari dana tambahan bukan? Maka dari itu Anda perlu mengatur dan menghemat keuangan, tidak peduli seberapa besar gaji yang Anda punya. Nah, bagi Anda yang keuangannya sering sekarat di pertengahan bulan. Simaklah 6 tips mengatur keuangan berikut ini agar tidak sekarat di pertengahan bulan.

  1. Siapkan Dana Darurat

Untuk menghemat pengeluaran, Anda harus mempersiapkan dan memperhitungkan banyak hal. Selain menabung, Anda juga tidak boleh mengabaikan dana darurat untuk menyelamatkan keuangan selama sebulan penuh. Sebab dalam menghadapi kehidupan, pasti akan ada pengeluaran tidak terduga yang membuat keuangan Anda sering sekarat. Misalnya, Anda kepepet harus membeli HP baru karena kecopetan atau mendadak rusak. Karena Anda tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi dalam sebulan itu, sebaiknya persiapkan dana untuk kebutuhan yang tidak terduga. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, maka kebutuhan-kebutuhan yang tidak terduga pun akan membuat keuangan Anda terus menipis di pertengahan bulan.

  1. Pisahkan Anggaran Kebutuhan dengan Anggaran Keinginan

Namanya juga manusia, pasti tidak pernah merasa cukup atas apa yang dimilikinya. Bahkan, ada juga dari mereka yang selalu ingin membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan. Jika Anda memiliki sikap yang selalu memiliki keinginan untuk membeli barang yang sekedar diidamkan, sebaiknya pisahkan anggaran antara kebutuhan dengan keinginan. Dengan demikian, kebutuhan bisa terpenuhi dan keinginan pun terlaksanakan. Namun, jangan sampai uang Ada dihabiskan hanya untuk membeli keinginan saja sehingga kebutuhan menjadi tidak terpenuhi.

  1. Utamakan Membayar Tagihan dan Tanggungan

Bersikap bijaklah terhadap keinginan, meskipun itu merupakan hal yang wajar. Sebelum Anda membeli keinginan ini dan itu, sebaiknya ingat-ingat terlebih dahulu apakah Anda masih mempunyai tagihan dan tanggungan? Jangan sampai gaji Anda dihabiskan hanya untuk hura-hura, padahal tagihan harus segera dibayar. Jika sudah begini, Anda harus merogoh kocek dalam-dalam dari anggaran kebutuhan lainnya bukan? Sehingga, keuangan Anda pun seret padahal baru pertengahan bulan.

  1. Rencanakan dan Buatlah Anggaran Belanja

Sebulan sebelum gajian baru, sebaiknya Anda perlu merencanakan apa yang harus Anda beli dengan gaji tersebut. Agar keuangan Anda tidak cepat habis, maka Anda juga harus membuat anggaran belanja. Contohnya, Anda memiliki tas satu-satunya yang sudah mulai sobek dan tidak layak pakai lagi. Karena tidak ada cadangan, maka mau tidak mau Anda harus merencanakannya untuk membeli tas baru lagi. Membeli banyak perlengkapan yang memang dibutuhkan boleh-boleh saja, namun jangan sampai membeli banyak barang yang tidak begitu diperlukan. Terkadang, Anda harus sedikit kejam terhadap diri sendiri agar keuangan Anda tetap stabil dan tidak cepat sekarat di pertengahan bulan.

  1. Buat Catatan Belanja dan Utamakan Membeli Barang yang Penting Saja

Selain merencanakan anggaran belanja, tentu Anda juga harus membuat catatan belanjanya. Saat ke mall, Anda pasti tidak hanya akan sekedar jalan-jalan berkeliling saja kan? Bukankah pergi ke mall adalah untuk berbelanja membeli perlengkapan? Jika hanya jalan-jalan saja, bisa jadi Anda lupa untuk membeli apa yang harus dibeli dan waktu pun terbuang percuma. Selain itu, jangan biarkan mata Anda tergiur untuk membeli barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan. Itulah sebabnya Anda harus membuat catatan, agar pengeluaran sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya.

  1. Buatlah Batasan Maksimal Hangout dengan Teman

Menjalin komunikasi atau hangout dengan teman memang diperlukan. Namun, di samping itu Anda harus tetap melihat kondisi keuangan. Karena selain membeli barang yang sesuka hati, hangout atau nongkrong cantik juga bisa menghabiskan uang Anda jika tidak dikordinir dengan baik lho. Maka dari itu buatlah batasan maksimal, misalnya dua kali dalam sebulan. Kecuali, jika teman-teman Anda bersedia berkumpul di rumah. Selain bisa lebih menghemat, percakapan pun bisa lebih leluasa bukan?

Nah, itulah dia tips mengatur keuangan agar tidak sekarat di pertengahan bulan. Setelah melihat ulasan di atas, maka mulai saat ini usahakan Anda mengatur keuangan agar tetap stabil. Jangan sampai Anda kaya raya di awal bulan, tapi sengsara di pertengahan bulan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top