StartUp dan UKM

7 Contoh Diskon Yang Sukses Buat Pembeli Jatuh Hati

Bagi seorang bisnisman tak melulu disibukkan dengan quality control maupun perhitungan laba rugu. Ada kalanya anda juga perlu meriset selera pasar serta menentukan strategi marketing yang tepat. Biarpun suatu barang memiliki kualitas baik namun jika tak didukung dengan promosi yang mumpuni maka penjualan produk tinggipun akan sulit diraih. Salah satu strategi marketing yang kerap diterapkan ialah diskon.  Diskon mungkin akan memperkecil margin yang ada harapkan namun bisa jadi sebuah langkah kecil mendapatkan konsumen setia yang anda inginkan.

Tak hanya brand – brand kecil saja yang menerapkan diskon pada produk mereka bahkan merk – merk ternama juga kerap menawarkan diskon besar – besaran untuk menjaring konsumen baru. Jika brand ternama itu berhasil lalu mengapa anda tak mencoba meluluhkan hati pembeli dengan strategi ini? Berikut 7 contoh diskon yang efektif membuat pembeli jatuh hati untuk membeli produk anda :

  • Angka tak wajar

Ketika anda jalan – jalan di mall pasti pernah sesekali menemukan toko yang memajang harga produk mereka dengan harga yang tak wajar. Misalnya saja Rp.8.999, bukankah harga ini terlihat sangat tidak normal bagi anda?. jika mau sang pemilik toko bisa saja menggunakan harga Rp.9.000 untuk produk yang ditawarkannya lalu kenapa ia bersikeras menggunakan Rp.8.999?.

Inilah yang disebut dengan pesona harga yang membuat para calon pembeli berspekulasi harga Rp.8.999 lebih murah dari Rp.9.000. Secara psikologis pula diskon harga seperti ini juga mampu menarik hati pembeli untuk membeli.

  • Diskon aplikasi

CEO Lazada Indonesia yakni Magnus Ekbom menyatakan bahwa 85 persen pengguna smartphone di Indonesia memiliki 10-15 aplikasi mobile. Diantara aplikasi mobile tersebut terdapat aplikasi belanja bahkan mencakup 3-5 aplikasi belanja online. Alasan inilah yang membuat diskon aplikasi muncul yang menjadi pemanis untuk menarik hati pembeli.

  • Diskon mingguan atau bulanan

Di Amerika terdapat sebutan black Friday yang  menarik banyak pembeli. Pada black Friday toko – toko akan memberikan diskon besara – besaran untuk semua jenis produk mulai dari keperluan rumah tangga hingga barang elektronik. Diskon seperti ini bahkan disambut dengan antusiame tinggi bahkan para pembeli rela mengantri lama untuk mendapatkan barang yang didiskon tersebut.

  • Diskon influencer

Diskon influencer juga banyak diterapkan oleh bisnisman beberapa tahun belakangan ini. Salah satu contoh diskon influencer ialah endorse yang kerap menggunakan tokoh ternama untuk memperkenalkan produk mereka. Para tokoh ternama tersebut akan mengupload produk anda pada media sosial mereka sehingga followers mereka  terpengaruh untuk membeli.  Tokoh ternama ini bisa beragam mulai dari kalangan selebritis, penyanyi, comedian, youtuber hingga selebgram.

  • Free ongkir

Pemberian diskon tak selalu melulu diterapkan pada harga produk langsung. Anda juga bisa menerapkan diskon ini melalui biaya pengiriman. Beberapa orang yang memilih belanja online tentu mempertimbangakan biaya pengiriman. Anda bisa menerapkan free ongkir untuk total pembelian tertentu.

  • Diskon event

Anda juga bisa menerapkan diskon untuk event tertentu seperti saat ulang tahun maupun hari raya. Anda bisa menetapkan diskon tinggi seperti 30,50 bahkan 70 persen saat event tertentu. contohnya saja saat mendekati idul fitri anda bisa memberikan diskon hingga 70%. Selain itu diskon besar – besaran ini juga dapat menjadi alternative menghabiskan stock produk yang tak kunjung berkurang. Pada saat hari raya idul fitri minat belanja masyarakat Indonesia sangat tinggi karena hanya dirayakan setahun sekali serta adanya pendapatan tambahan berupa THR.

  • Diskon voucher

Banyaknya masyarakat yang beralih dari belanja di toko menjadi belanja online membuat persaingan semakin tinggi. Inilah saatnya anda juga menggunakan strategi diskon voucher yang bisa anda berikan kepada subscriber toko online anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: