Lainnya

7 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar dalam Kehidupan, Sudah Tahu?

hal-kecil-berpengaruh-besar

Dalam hidup ini memang bayak hal yang dapat mempengaruhi hidup kita. Tidak hanya hal-hal besar saja, tapi tanpa kita sadari hal-hal kecil dalam hidup ini sangat berpengaruh besar dalam kehidupan kita. Maka dari itu Anda seharusnya tidak boleh meremehkan hal-hal yang kecil. Sebab hal-hal kecil yang ada bila Anda lakukan dengan konsisten, maka hal tersebut akan membuat kehidupan Anda menjadi jauh lebih baik. Lalu hal kecil apa sajakah yang dapat memberikan pengaruh besar dalam kehidupan? Berikut informasinya.

  1. Mendengarkan dengan Sabar

Hal kecil pertama yang dapat berpengaruh besar dalam kehidupan adalah mendengarkan dengan sabar. Kesabaran memang sesuatu yang sangat berharga untuk siapa pun. Bagi yang memilikinya, mereka punya modal yang bagus untuk mengarungi kehidupan. Salah satu hal yang jarang dimiliki seseorang berkaitan dengan kesabaran ini adalah kesabaran untuk mendengarkan. Dengan dalih wawasan yang dimiliki, banyak orang yang tidak mau orang lain mendominasi pembicaraan. Maka dari itu orang seperti ini biasanya kurang sabar untuk mendengarkan. Padahal dalam banyak urusan, termasuk bisnis, kemampuan dan kesabaran untuk mendengarkan merupakan hal yang penting untuk Anda.

  1. Mengakui Kesalahan

Dengan merasa diri sebagai orang yang benar, tidak jarang beberapa orang merasa tidak berbuat salah. Padahal pengakuan kesalahan sebenarnya tidak akan meruntuhkan jati diri dan nama baik Anda. Sebab, manusia memang makhluk tidak sempurna yang pastinya pernah berbuat salah. Jadi pengakuan kesalahan ini sebenarnya merupakan hal yang wajar sebagai seorang manusia. Bahkan bila Anda mau mengakui kesalahan di depan orang yang bahkan kedudukannya di bawah Anda, maka orang tersebut akan bersimpati pada Anda.

  1. Datang Tepat Waktu

Berikutnya, hal kecil yang punya pengaruh besar dalam kehidupan bila Anda menerapkannya adalah datang tepat waktu. Kebiasaan datang tepat waktu ini memang akan membuat diri Anda menjadi disiplin. Nah dari kedisiplinan inilah maka Anda akan bisa membuat kehidupan Anda menjadi lebih baik. Mungkin tidak untuk dalam waktu dekat, tapi bila Anda mau konsisten menjalankannya, maka hasil dari kebiasaan datang tepat waktu akan Anda rasakan di kemudian hari.

  1. Sikap Selalu Belajar

Sebagai manusia memang kita dianjurkan untuk terus belajar hingga ajal. Namun sayangnya tidak sedikit dari kita yang merasa sudah cukup dengan ilmu yang didapatkan. Padahal untuk mengarungi kehidupan atau lebih spesifik bisnis, Anda membutuhkan banyak ilmu dan pengetahuan. Nah untuk bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan tersebut, Anda harus mengedepankan sikap selalu haus akan belajar. Tidak harus dari buku dan mentor, tapi Anda bisa belajar dari apa saja dan dimana saja. Karena semua hal bisa Anda pelajari untuk bekal kehidupan yang lebih baik.

  1. Tidak Pelit Berbagi Ilmu

Seperti sedekah, ilmu yang dibagi pada orang lain tidak akan membuat Anda kehilangan. Sebab ilmu yang dibagi akan membuat Anda akan mendapatkan ilmu lain yang lebih banyak. Inilah filosofi ilmu yang membuat Anda seharusnya tidak perlu pelit membagikan ilmu pada orang lain. Jadi bila ada orang yang ingin belajar pada Anda, cobalah untuk membuka diri dengan kemudian memberikan ilmu yang Anda miliki tersebut.

  1. Memberi Kejutan Sederhana Pada Orang yang Dicintai

Anda punya orang terkasih yang tersayang? Cobalah untuk membiasakan memberi kejutan sederhana untuk orang kamu cintai tersebut. Dengan memberi kejutan pada orang yang kita cintai, mereka akan senang dan gembira. Ketika orang yang kita cintai gembira maka Anda akan mendapatkan balasan berupa doa dari mereka yang bisa saja kemudian dikabulkan Tuhan. Sebenarnya secara tidak langsung, ketika kita memberikan hal spesial, termasuk kejutan pada orang yang kita cintai, akan muncul timbal baliknya langsung entah itu berupa nikmat kesehatan, penghasilan yang lebih besar, keluarga yang harmonis atau wujud rezeki lainnya.

  1. Ingat Nama Orang

Terakhir, hal kecil berpengaruh besar yang harus Anda senantiasa terapkan dalam hidup adalah mengingat nama orang. Seseorang memang akan merasa senang bila kemudian dipanggil dengan namanya. Tapi sayangnya banyak dari kita yang tak jarang melupakan nama orang hingga kemudian saat bertemu mereka memanggil dengan sebutan umum seperti mas, mbak, bapak, ibu dan lainnya. Tentu saja untuk menyebut orang yang lebih kita tuakan sebutan umum tadi sudah tepat. Tapi untuk menyebut mitra bisnis, maka penyebutan nama orang adalah sesuatu yang diperlukan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top