Lainnya

7 Karakter Positif Orang Indonesia Yang Patut Diterapkan Saat Menjalankan Bisnis

Orang Indonesia dikenal mudah sekali akrab bahkan mendapatkan pujian dari bangsa asing. Para turis asing bisa diperlakukan layaknya keluarga walaupun tak saling kenal. Biarpun begitu ada pula beberapa karakter orang Indonesia yang tidak disukai seperti jam karet. Untuk kedisiplinan memang orang Indonesia tidaklah sempurna namun untuk hal kemanusiaan dan sosialisasi nampaknya bangsa ini bisa diandalkan. Ada beberapa karakter positif orang Indonesia yang patutnya anda terapkan saat menjalankan bisnis. Penasaran kan dengan karakter seperti apa yang diperlukan oleh bisnisman? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Gotong Royong

Karakter positif yang pertama ialah gotong royong. Sikap gotong royong ini bahkan diterapkan dalam pemerintahan dan kegiatan sehari-hari. sikap tolong menolong ini juga bisa anda terapkan dalam bisnis anda karena semakin banyak yang membantu maka semakin cepat pekerjaan diselesaikan. Terlebih walau anda mendapatkan gaji berdasarkan kemampuan yang dimiliki namun perusahaan bisa memiliki kinerja lebih baik jika mempunyai kerja sama yang baik antar karyawannya.

Ramah

Karakter kedua yang diperlukan dalam menjalankan bisnis ialah keramahan. Keramahan ini tidak hanya membuat pelanggan anda nyaman namun juga membangun bisnis dengan para partner. Apalagi untuk karyawan yang berkomunikasi langsung dengan customer terkadang mengalami situasi yang tak diinginkan. Karyawan anda mungkin saja mendapatkan complain dari pelanggan dan harus tetap professional menjawab keluhan mereka.

Toleransi

Indonesia dikenal memiliki banyak perbedaan baik dari suku, budaya, bahasa hingga adat istiadatnya. Hal ini membuat mereka jadi belajar toleransi secara tidak langsung. Orang Indonesia bisa hidup rukun ditengah beragam perbedaan tersebut. akibatnya orang Indonesia bisa dengan mudah beradaptasi dengan perubahan yang baru. Jika diterapkan dalam bisnis maka sikap toleransi ini bisa digunakan untuk memahami perubahan pasar dan menerima perubahan tersebut.

Kreatif

Dalam bisnis butuh banyak inovasi agar umur usaha anda bisa bertahan lama. Kreativitas menjadi modal utama dalam berinovasi. Untungnya  karakter ini dimiliki oleh orang Indonesia dan menjadi senjata ampuh untuk menciptakan produk yang unik dan kreatif bahkan bersaing di mancanegara.

Demokratis

Pemikiran demokratis telah digalakkan saat pemilihan presiden terbuka untuk rakyat. Hal ini membuat masyarakat Indonesia berani mengemukakan pendapatnya dimuka umum. Karakter demokratis ini juga baik untuk menjalankan suatu bisnis. Adanya sikap demokratis maka karyawan bisa mengkritik kekurangan dari perusahaanya. Dari kritikan inilah perusahaan akan terus memperbaiki diri sehingga tercipta lingkungan kerja yang lebih baik di masa depan.

Punya Rasa Ingin Tahu Yang Besar

Karakter selanjutnya ialah punya rasa ingin tahu yang besar. Rasa ingin tahu ini jika diarahkan kea rah yang positif akan memotivasi karyawan untuk mau belajar dengan hal-hal baru. Perubahan dalam perusahaan itu wajar terjadi karena selera masyarakat sendiri berubah-ubah. Bisnis anda tentu harus bertahan ditengah perubahan yang ekstrim sekalipun.

Punya Kepedulian Tinggi

Karakter yang terakhir ialah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Suatu bisnis memang sangat fokus dengan bagaimana menghasilkan profit yang tinggi namun tindakan sosial juga perlu dilakukan. Tindakan sosial ini berpengaruh pada citra perusahaan anda di mata masyarakat. Selain itu tindakan sosial perusahaan juga mampu menolong perekomonian bangsa menjadi lebih baik lagi di masa depan.

Selain karakter diatas sebenarnya bangsa Indonesia punya sikap positif lainnya yang patut dicontoh. Misalnya saja tenggang rasa yang tinggi atau rasa cinta tanah air dimanapun mereka berada. Sikap patriotism ini diperlukan untuk mendongkrak penjualan produk dalam negeri.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top