Keuangan

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Orang Kaya Baru

Orang kaya baru adalah, suatu golongan yang bisa atau mendapat kekayaan dalam jumlah yang besar. Sehingga taraf hidup mereka bisa dianggap melebihi orang kaya lama. Dalam kehidupan sehari-hari, orang kaya baru tentu sidah sering kita jumpai. Hal ini bisa dilihat dari perubahan gaya hidup mereka yang mencolok. Misalnya yang awalnya mereka biasa saja, kemudian menemukan jalan yang merubah keadaan mereka. Namun kebanyakan orang kaya baru gagal mempertahankan kekayaan mereka. Malah sebagian juga ada yang kembali jatuh miskin. Hal ini karena, mereka biasanya melakukan beberapa kesalahan yang menyebabkan keadaan tersebut. Nah berikut ini adalah, beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang kaya baru:

  1. Fokus berhemat tapi lupa cara mendapat penghasilan tambahan

Orang kaya baru terutama kaya karena berhemat, kebanyakan lupa akan mendapatkan penghasilan yang lainnya. Padahal jika hanya bertumpu pada satu jenis penghasilan saja, tak menjadi jaminan akan selalu membuat anda kaya. Misalnya saja anda kaya karena menabung  dan berhemat dari gaji bulanan anda. Nah begitu anda dipecat, dari perusahaan tentunya sudah pasti anda tidak akan memiliki penghasilan lagi. Bahkan uang yang sudah anda tabungpun, akan habis untuk kebutuhan anda selama menganggur. Hal ini otomatis akan membuat anda kesulitan dalam hal keuangan. Artinya anda kembali menjadi miskin. Hal ini tentu saja berbeda jika anda memiliki penghasilan tambahan. Misalnya diluar pekerjaan utama, anda memiliki usaha sendiri. Nah ketika anda dipecatpun anda tetap bisa menghasilkan uang. Jadi anda tetap bisa menabung dan tetap menjadi kaya.

  1. Tidak mengatur keuangannya

Kebanyakan orang kaya baru, tidak terlalu berfikir tentang mengatur keuangan mereka. Kebanyakan hanya menikmati uang yang ada. Jika hal ini terus dilakukan tentu saja bisa bahaya. Terutama bagi anda yang kaya mendadak, biasanya kasus ini sering terjadi. Untuk itulah sangat penting bagi anda orang kaya baru, maupun lama untuk mengatur keuangan anda. Pastikan anda mengatur dengan baik, setiap pengeluaran dan pemasukan anda. Dengan begitu, anda tidak akan mengalami masalah keuangan.

  1. Tidak memiliki asuransi

Orang kaya baru sebagian tidak sadar akan pentingnya asuransi. Padahal dengan asuransi bisa membantu anda lebih aman. Bahkan bisa melindungi keluarga anda. Hal ini karena dengan asuransi, anda bisa merasa lebih aman karena adanya jaminan dan perlindungan bagi anda dan keluarga anda. Bayangkan saja jika anda menjadi orang kaya kaya baru karena gaji dari naik jabatan. Nah apabila suatu saat anda dipecat dari perusahaan, maka anda akan kembali miskin. Bisa juga jika anda adalah tulang punggung keluarga, saat anda meninggal maka keluarga anda akan menjadi miskin lagi.

  1. Tidak berinvestasi

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh orang kaya baru, adalah masalah investasi. Kebanyakan karena mereka sudah merasa memiliki uang, mereka merasa aman. Dalam artian tidak perlu mengambil resiko untuk investasi. Padahal jika kita tahu investasi sangatlah penting. Hal ini berfungsi untuk menjaga kestabilan dan pengembangan usaha anda. Siapa tahu dengan berinvestasi, bisa membuat anda mendapatkan penghasilan yang lebih. Namun jika anda takut mengambil resiko, anda bisa berinvestasi yang aman seperti membeli rumah, kendaraan sampai menyiapkan dana untuk pensiun anda.

  1. Tidak memeriksa keuangan

Kebanyakan orang kaya baru jarang memeriksa keuangan mereka. Apalagi bagi mereka yang kaya karena warisan. Mereka cenderung mengeluarkan uang, tanpa adanya perhitungan yang matang. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, tentunya harta anda akan habis juga. Apabila harta anda habis, tentu saja anda akan kembali menjadi orang miskin. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan anda selalu memeriksa keungan anda paling tidak sebulan sekali.

  1. Menghambur-hamburkan uang

Kesalahan yang keenam ini, sering biasanya sering dilakukan oleh orang kaya baru yang mendadak. Jadi biasanya mereka adalah orang yang kaya secara tiba-tiba, misalnya karena warisan. Mereka merasa, kekayaan mereka berlimpah dan tidak perlu bersusah-susah mendapatkannya. Untuk itulah, mereka cenderung lebih menikmatinya harta mereka tanpa menghitungnya. Bahkan bisa dibilang, hal tersebut terkesan menghambur-hamburkan uang mereka.

  1. Tidak menabung untuk dana darurat atau emergency fund

Kesalahan terakhir dari  orang kaya baru adalah tidak memiliki emergency fund. Padahal seperti yang kita tahu, jika dana darurat ini penting. Misalnya jika tiba-tiba ada kecelakaan dan anda tidak memiliki dana darurat, pastinya anda akan menggunakan dana sehari-hari anda untuk biaya pengobatan. Nah jika biaya sehari-hari digunakan secara terus menerus, tanpa ada penghasilan selama anda sakit. Tentunya hal ini bisa sangat berbahaya bagi keuangan anda. Bahkan karena hal ini bisa jadi anda akan kembali miskin

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top