StartUp dan UKM

7 Prinsip Penting Dalam Management Keuangan

Perusahaan yang sehat dan sukses merupakan persahaan yang mampu melakukan manajemen keuangannya dengan baik. Jadi setiap pengeluaran dan pemasukan yang ada mereka catat dengan sangat baik di dalam sebuah buku kas. Supaya lebih jelas, maka kali ini kita akan mengulas tentang manajemen keuangan, mulai dari pengertian manfaat sampai dengan prinsip yang ada dalam manajemen keuangan.

Apa itu Manajemen Keuangan?

Manajemen keuangan adalah sebuah aktivitas atau kegiatan yang paling penting di dalam pengelolaan dana perusahaan. Secara garis besar, manajemen keuangan mempunyai arti merencanakan, mengelola, mengarahkan, mengendalikan serta memanfaatkan dana yang ada dengan sebaik-baiknya. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan prinsip dasar dari manajemen umum untuk selanjutnya diterapkan di dalam aktivitas keuangan. Untuk sosok yang bertanggung jawab dalam menjalankan fungsi-fungsi ini biasanya disebut dengan manajer keuangan.

Manfaat Manajemen Keuangan

Berikut ini beberapa manfaat yang akan diperoleh oleh perusahaan yang memiliki manajemen keuangan yang baik:

  • Keuangan Perusahaan yang Terkontrol dengan Baik

Semua pengeluaran dan pemasukan pastinya akan tercatat dengan baik jika fungsi dari manajemennya berjalan dengan benar. Hal ini tentu bisa digunakan dalam menentukan batasan-batasan pengeluaran tanpa perlu membebani uang kas perusahaan.

  • Memaksimalkan Dana Perusahaan

Seorang Manajer keuangan pastinya mempunyai aktivitas dalam memantau mana yang kiranya pengeluaran yang bermanfaat dan yang tidak untuk perusahaannya. Jika perusahaan mempunyai manajemen yang baik, sudah pasti mereka akan memaksimalkan aset perusahaan untuk hal-hal yang bermanfaat untuk perusahaan saja.

  • Struktur Modal yang Sehat

Manfaat lain yang bisa perusahaan dapatkan adalah dapat menciptakan struktur permodalan yang sehat. Modal yang sehat ini sumbernya dari keuntungan yang lebih besar daripada utang yang dimiliki.

  • Investasi Aman

Perusahaan dapat memperoleh uang dengan cara menginvestasikan uang yang mereka miliki. Caranya dapat melalui perluasan bisnis atau menginvestasikan uangnya ke pasar modal. Nah dengan adanya manajemen keuangan dan analisa keuangan yang baik maka dana tersebut akan diinvestasikan dengan lebih aman dan pastinya menguntungkan.

  • Mampu Memberikan kepastian untuk Para Pemegang Saham

Manfaat terakhir yang akan diperoleh persahaan yang mempunyai manajerial keuangan yang baik adalah mereka mampu memberikan kepastian laba, kepastian harga pasar dan kepastian laporan keuangan yang sehat untuk para pemegang sahamnya. Dengan jaminan ini, tentunya para pemegang saham tidak akan pernah ragu untuk meningkatkan investasinya. Hal ini bisa diartikan jika perusahaan akan memperoleh suntikan modal yang lebih besar lagi

Prinsip Manajemen Keuangan

Mengingat tentang luasnya cakupan manajemen keuangan terdapat beberapa prinsip keuangan yang mendasari manajemen keuangan, prinsip tersebut antara lain sebagai berikut ini:

  1. Prinsip Konsistensi

Kebijakan dalam mengelola keuangan perusahaan atau sebuah organisasi sebaiknya dilakukan dengan cara yang konsisten dan tidak berubah-ubah. Namun apabila terpaksa harus melakukan perubahanpun, maka harus disertai dengan alasan yang kuat dan jelas agar tidak membingungkan.

  1. Prinsip Akuntabilitas

Prinsip ini adalah suatu kewajiban hukum dan moral dalam memberikan penjelasan tentang penggunaan dana atau kuasa yang sudah diberikan. Jadi masing-masing dari individu ataupun perusahaan diharuskan untuk bisa menjelaskan secara rinci tentang penggunaan dan hal-hal yang memiliki kaitan dengan ini.

  1. Prinsip Transparasi

Keterbukaan yang terjadi dari pihak manajemen ini adalah untuk memberikan informasi tentang seluruh kegiatan yang berhubungan dengan keuangan. Hal ini bertujuan agar tidak adanya kesalahpahaman yang bisa saja terjadi atau manipulasi di masa depan.

  1. Prinsip Kelangsungan Hidup

Salah satu usaha dalam menjaga kesehatan keuangan dari sebuah perusahaan atau organisasi adalah dengan menyesuaikan antara biaya operasional dengan dana yang sekarang ini tersedia.

  1. Prinsip Integritas

Setiap orang atau individu diharuskan mempunyai integritas yang tinggi terutama dalam hal menjalankan operasional perusahaan. Hal tersebut dibuktikan dengan cara menyajikan laporan keuangan yang lengkap dan akurat

  1. Prinsip Pengelolaan

Sebuah manajemen keuangan harus bisa mengelola dana yang ada dengan benar dan baik, sesuai dengan karakter yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.

  1. Prinsip Standart Akuntansi

Sistem akuntansi yang anda inginkan harus sesuai dengan prinsip dan standar dari akuntansi yang sekarang ini berlaku secara umum.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top