Tips

7 Rahasia Jadikan Pembeli Terus Tetap Setia dan Loyal dengan Bisnis Anda

jadikan-pembeli-setia-dan -loyal

Bisnis dengan pembeli yang loyal dan setia akan sangat menjadi dambaan bagi setiap pengusaha. Sebab dengan mendapatkan pembeli yang setia maka akan membuat bisnis mendapatkan banyak keuntungan. Selain mendapat pemasukan yang stabil, bisnis dengan pembeli yang loyal akan membuat nama atau branding usaha jadi meningkat. Namun untuk bisa menjadikan bisnis memiliki pembeli yang loyal dan setiap, Anda harus berjuang ekstra keras. Setidaknya ada beberapa cara dan rahasia yang bisa Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda mendapat pembeli loyal dan setia. Berikut ulasannya.

  1. Pertahankan Kualitas Produk

Rahasia pertama jadikan pembeli selalu loyal dan setia pada bisnis Anda adalah dengan mempertahankan kualitas produk atau layanan. Bila selama ini banyak customer Anda yang merasa puas dengan kualitas produk atau layanan bisnis, maka cobalah untuk mempertahankannya. Jangan sampai mengubah-ubah lagi kualitas produk atau layanan yang sudah dinilai baik oleh konsumen. Kualitas memang selalu menjadi concern bagi mayoritas konsumen untuk berbelanja meski harganya mahal. Menurut mereka selain memuaskan, produk atau layanan yang berkualitas juga membuat mereka bisa menghemat pengeluaran, karena produk yang berkualitas akan awet dan tahan lama. Maka dari itu pebisnis juga perlu mengakomodasi perhatian dari konsumen tersebut dengan selalu menghadirkan produk dan jasa yang berkualitas.

  1. Jaga Kualitas Pelayanan atau Service

Anda yang menghadirkan bentuk service atau layanan dalam bisnis, maka jangan sekali-lagi berani menurunkan kualitasnya jika tidak ingin konsumen menjauhi Anda. Alih-alih menurunkan kualitas layanan, Anda seharunya meningkatkan layanan sehingga Anda bisa mengatasi persaingan atau kompetitor. Bentuk peningkatan layanan sendiri bisa beragam, dari layanan customer service, pengiriman atau juga kemudahan proses transaksi. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan maka konsumen Anda akan jadi setia dan loyal pada bisnis Anda.

  1. Tahu Kebutuhan Konsumen

Sebagai pebisnis Anda memang sudah seharusnya mengerti apa yang diinginkan konsumen. Dengan mengerti apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen maka Anda akan bisa lebih berpeluang mengambil hati mereka. Untuk mengetahui dan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti melakukan survei, melakukan poling, bertanya langsung atau menelepon via telepon.

  1. Memberikan Penawaran Istimewa

Siapa sih orang yang tak suka diberikan penawaran istimewa? Dengan adanya penawaran istimewa, seorang konsumen akan lebih merasa senang untuk berbelanja. Ketika konsumen senang berbelanja, maka mereka akan terus membeli pada Anda dan menjadi pembeli setia Anda. Bentuk penawaran istimewa sendiri bermacam-macam bentuk yang bisa dipilih. Anda bisa memberikan diskon, voucher belanja, cashback, undian atau juga hadiah langsung.

  1. Dari Hati ke Hati dengan Konsumen

Sentuhan pada hati memang akan sangat membuat siapa pun akan terlena dan juga jatuh cinta. Sentuhan pada hati ini juga berlaku pada konsumen Anda. Jadi untuk membuat konsumen jatuh cinta maka pastikan Anda selalu berusaha menyentuh hatinya. Caranya bisa melalui komunikasi yang baik, menyapa kedatangannya dengan senyuman atau juga dengan melayani keluhan konsumen dengan ramah. Dengan cara menyentuh hatinya maka konsumen tidak hanya akan jatuh cinta pada bisnis Anda, tapi mereka juga akan selalu setia pada Anda.

  1. Berikan Perhatian Lebih Pada Konsumen

Berikutnya, rahasia membuat pembeli terus setia pada bisnis Anda adalah dengan memberikan perhatian lebih pada konsumen. Bentuk perhatian lebih ini sendiri juga bermacam-macam ragamnya. Anda bisa menerapkan strategi menghubungi konsumen untuk bertanya kabar, bertanya tentang tingkat kepuasan berbelanja atau juga sekedar mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Dengan memberikan perhatian lebih pada konsumen maka bisnis Anda akan lebih bisa mendapat simpati dan kesetiaan dari konsumen.

  1. Membantu Konsumen saat Memutuskan Sesuatu

Terakhir, rahasia membuat pembeli loyal dan setia pada bisnis Anda adalah dengan membantu konsumen untuk memutuskan sesuatu. Tak jarang memang konsumen mengalami kebingungan saat akan melakukan pembelian. Mereka binggung apakah produk yang dibelinya akan benar-benar sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Nah untuk itulah Anda memiliki peran untuk membantu mereka. Ketika Anda mau berperan membantu konsumen memutuskan sesuatu yang akan dibelinya maka Anda akan bisa mengambil hatinya. Dari sini maka tak menutup kemungkinan konsumen akan bisa setia dan loyal pada bisnis Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top