Keuangan

7 Tanda Yang Menunjukkan Anda Sudah Jago Mengatur Keuangan

Sudah tepatkah anda mengatur keuangan bulanan yang dimiliki? Keuangan perlu diatur agar masa depan anda terjamin dan kerja keras yang dilakukan selama ini tak terbuang sia-sia. Untuk mengidentifikasi apakah manajemen keuangan anda sudah tepat atau belum maka bisa menyimak beberapa tanda berikut ini:

Paham Anggaran Bulanan Milik Sendiri

Seseorang yang paham akan kondisi keuangannya pasti mengtahui jumlah pengeluaran atau tagihan bulanan dan penghasilannya setiap bulan. Memahami anggaran bulanan yang dimiliki akan memudahkan untuk pengaturan pengalokasian dana. Anda juga bisa membuat skala prioritas dari rencana anggaran yang sudah dibuat.

Punya Tabungan dan Dana Darurat

Tabungan perlu dimiliki setiap orang untuk menjaga diri mereka dari hal – hal yang tak diinginkan di masa depan. Pisahkan tabungan dengan simpanan untuk anggaran bulanan agar anda tak menunda-nunda untuk menabung. Selain tabungan anda juga perlu menyisihkan beberapa rupiah demi dana darurat. Dana darurat ini bisa digunakan ketika ada kepentingan yang sangat mendesak terjadi di masa depan.

Tak Memiliki Tunggakan

Sah-sah saja memiliki hutang namun jika setiap bulan anda berhutang maka ada yang salah dalam pengaturan keuangan anda. Terlebih jika anda memiliki tunggakan dari angsuran hutang yang tak kunjung dibayar. Pastikan anda mendahulukan kewajiban anda seperti angsuran hutang yang perlu dibayar. Jangan mencoba mengambil kredit diluar kemampuan anda.

Tak Khawatir Dengan Keuangan Di Akhir Bulan

Belum sampai akhir bulan anda sudah kehabisan uang maka ada yang salah dalam manajemen keuangan anda. Untuk mencegah bokek apalagi jika sudah memasuki tanggal tua maka penting melakukan penghematan diawal anda mendapatkan penghasilan. Lebih baik irit diawal bulan ketimbang irit di akhir bulan.

Punya Investasi Sendiri

Investasi tak hanya dibutuhkan bagi anda yang memiliki modal besar atau seorang pengusaha. Investasi yang bisa anda pilih beragam mulai dari perhiasan seperti emas, berlian hingga investasi tanah. Anda juga bisa mencoba berinvestasi di pasar efek. Ada pula investasi dalam bentuk deposito, reksadana hingga tabungan pendidikan untuk menjamin masa depan anda di masa depan.

Punya Kehati-hatian Tinggi

Seorang yang jago dalam mengatur keuangan patsi memiliki sifat kehati-hatian yang tinggi. Pasalnya ia tak hanya mempertimbangkan keuangannya saat ini namun juga di masa depan. Seorang yang jago dalam mengatur keuangan selalu berusaha untuk memiliki pengeluaran yang lebih kecil dibanding pemasukannya. Prinsip kehati-hatian ini sangat penting apalagi jika kamu terapkan dalam hal berbelanja untuk menghindari perbelanjaan barang-barang tertentu yang seyogyanya tidak penting.

Mampu Membeli Barang Yang Kamu Inginkan

Seseorang yang dikatakan mapan ialah mereka yang mampu membeli yang ia mau tanpa harus khawatir melihat label harga barang tersebut. Anda memang dituntut untuk hidup hemat agar di masa depan nanti jika terjadi hal yang tak terduga dan berkaitan dengan materi maka anda bisa tetap snatai menyikapinya. Tentu saja membeli barang yang anda inginkan tak terlarang namun harus ingat setelahnya anda tak memilki kesulitan keuangan hingga membuat anda harus berhutang.

Dalam hidup ada waktu dimana anda juga perlu menghargai hasil kerja keras diri sendiri termasuk dalam keberhasilan mengatur keuangan. Menyenangkan keinginan diri sendiri merupakan bentuk penghargaan kepada diri anda.  Jangan mudah tergiur akan gaya hidup orang lain sehingga anda sendiri tak bisa menjadi diri sendiri dan menikmati yang anda miliki. Tidak lupa sesekali sisihkan sedikit penghasilan untuk berdonasi sebagai tanda syukur kepada sipemberi rejeki.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top