Keuangan

7 Trik Normalisasi Keuangan Pasca Lebaran

Liburan lebaran tahun ini cukup ramai apalagi dengan cuti bersama yang dilakukan pihak perbankan membuat banyak orang kalang kabut. Alhasil sebelum bank tutup penarikan tunai pun meningkat. Tak ada yang menyangkal jika kebutuhan lebaran memang lumayan mengeruk kantong anda. Mulai dari persiapan lebaran seperti aneka kue, belanja pakaian hingga angpao lebaran untuk adik atau anak. Dijamin keuangan anda pasca lebaran jor-joran tak stabil. Untuk itu penting bagi anda untuk menerapkan langkah berikut ini agar keuangan anda kembali normal.

Cermati Dana Yang Tersisa

Langkah awal yang perlu anda lakukan untuk mengembalikan stabilitas keuangan ialah mulai dengan mencermati dana yang tersisa. Coba cek dompet atau ATM anda apakah masih ada dana yang tersisa untuk membayar tagihan bulan ini atau kebutuhan sehari-hari anda. Apabila dana tunai ataupun simpanan tidak cukup coba cari aset berharga dan tak terpakai untuk dijual.

Catat Anggaran Yang Wajib Dikeluarkan Bulan Ini

Jangan lupa catat anggaran yang wajib anda keluarkan bulan ini. Buat skala prioritas biaya mana saja yang bisa anda tunda dan mana yang tidak. Dahulukan cicilan hutang agar tidak terkena denda serta kebutuhan yang sifatnya tetap seperti biaya air dan listrik. Siapkan buku note kecil yang bisa anda bawa kemana-mana. Jadi anda bisa leluasa mencatat pengeluaran setelahnya.

Lupakanlah Kartu Kredit

Saat keuangan anda sedang tak stabil hindarilah menggunakan kartu kredit. kartu kredit sama dengan layanan hutang berjalan. Ketika anda menarik sejumlah uang dengan kartu kredit maka bunganya pun ditawarkan berlipat-lipat.  Jika anda terpaksa menggunakannya maka ingat untuk segera membayarnya jangan sampai menunda-nunda pembayaran tagihan kartu kredit anda.

Batasi Jajan Di Luar

Bagi anda yang bekerja dan sering jajan di luar maka saat kondisi keuangan lagi seret pasca lebaran batasilah kebiasaan ini sementara waktu. Anda bisa membawa bekal untuk makan siang sehingga pengeluaran untuk jajan bisa berkurang. Sesuaikan transportasi yang anda butuhkan dari segi harga dan waktu.

Sigap Melihat Barang Diskon dan Promo

Selanjutnya anda yang suka belanja online harus rajin-rajin melihat promo website. Apalagi jika ada diskon besar-besaran pasti bisa meringankan biaya belanja anda. saat ini untuk membayar berbagai jenis tagihan banyak marketplace yang menawarkan promo dan cashback. Manfaatkan promo tersebut untuk menormalkan keuangan anda pasca lebaran.

Fokus Kerja Aja

Kondisi keuangan yang sedang tidak stabil bisa anda pulihkan melalui penghasilan saat bekerja. Berdayakan lembur kerja jika memang anda mampu dan fokuskan diri pada pekerjaan. Tunda dulu traveling dan pikirkan bagaimana mengembalikan tabungan anda untuk bulan ini. Terlebih jika tidak punya dana cadangan maka menambah penghasilan dengan pekerjaan sampingan bisa jadi solusi yang bagus untuk dicoba.

Coba Investasi Sedikit-Sedikit

Jika ada dana tersisa cobalah untuk melakukan investasi. Bentuk investasi ini beragam bisa disesuaikan dengan selera anda. apabila anda gemar mengoleksi perhiasan maka investasi emas tentu bisa jadi pilihan. Anda juga bisa investasi saham atau reksadana. Tak ingin menanggung resiko besar maka dana yang anda miliki bisa didepositokan.

Untuk menghindari kejadian serupa kedepannya persiapkan sedini mungkin dana untuk lebaran. Ingat pula untuk mengkontrol diri dalam berbelanja untuk kebutuhan lebaran. Jangan lupa pula untuk menabung tak perlu selalu dalam jumlah yang besar asal rutin dilakukan. Dana tabungan tersebut nantinya bisa anda gunakan untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak atau saat keuangan anda sedang tak baik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top