Bisnis Online

Affiliate Marketing: Menjual dengan Modal Dengkul

Afiliate marketing adalah bisnis referensi, yang telah terjadi sejak kuda gigit besi dan berlanjut sampai kuda gigit gadget. Kamu ngopi di Kedai Kopi Chang, kemudian kamu bercerita dan mereferensikan serunya ngopi di kedai itu kepada teman baikmu, maka berkat referensi yang kamu berikan, kamu mendapat fee dari Kedai Kopi Chang, itulah affiliate marketing atau bisnis referensi. Bisnis menjual produk orang lain dengan modal dengkul.

Sebelum kita belajar lebih jauh tentang affiliate marketing, inilah istilah dalam affiliate marketing yang harus kamu ketahui, yaitu

  1. Advertiser
    Advertiser adalah pihak yang memiliki barang untuk diperjualbelikan. Misalnya toko, atau vendor. Seperti pemilik Kedai Kopi Chang yang memiliki barang atau jasa yang direferensikan oleh para affiliate marketing.
  2. Affiliate
    Affiliate adalah orang yang pernah merasakan keunggulan suatu produk (barang atau jasa), kemudian ia mereferensikan keunggulan produk tersebut kepada orang lain. Nama lain bagi affiliate adalah publisher.
  3. Affiliate Networker
    Program affiliasi adalah program yang menguntungkan bagi advertiser dan affiliate marketing. Terdapat banyak perusahaan yang memanfaatkan program ini untuk melejitkan penjualan dengan modal kecil. Amazon adalah perusahaan yang menganut sistem afiliasi dalam menjual produk-produknya.

Sistem affiliate membuat kita bisa menjual produk-produk bermutu, tanpa harus membeli banyak. Tanpa produk, tanpa gudang, tanpa toko, tetap bisa berbisnis dengan modal dengkul. Kelebihan lain afiliate tidak perlu menangani komplain pembeli, karena para pembeli langsung menanyakan hal tersebut ke advertiser bukan kepada affiliter.

Kamu bisa menjual produk bermutu, tanpa perlu membeli dengan uang sendiri produk-produk tersebut. Carilah advertiser yang memiliki produk berkualitas, lalu bantu jualkan secara online. Itulah teknik dasar afiliate. Ini adalah bisnis kerja sama antara advertiser dan affiliate (marketer), agar kerja sama itu berjalan lancar tentunya kerja sama tersebut harus saling menguntungkan kedua bel;ah pihak. Pihak advertiser tentu mengharapkan memiliki affiliate (marketer) sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan tenaga penjual yang tidak perlu gaji bulanan, setiap penjualan yang dilakukan affiliate marketer adalah keuntunganyang pasti bagiadvertiser.

Advertiser memberikan model pembagian keuntungan yang menjadi magnet bagi affiliate marketer, pembagian keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pay Per Sale
    Advertiser (merchan) menyisihkan sebagian keuntungan yang didapatkan untuk affiliate marketer yang telah berhasil menciptakan penjualan. Affiliate hanya akan mendapatkan pembayaran ketika orang yang direferensikan melakukan pembelian. Presentasi fee yang diberikan antara 1- 15%. Contoh dari advertiser yang melakukan model ini adalah amazon associates. Kamu akan mendapatkan fee sampai 15 % atas produk yang terjual atas referensimu. Toko-toko online di Indonesia seperti blibli.com, bukalapak.com, olx.com com melakukan metode penjualan pay per sale, iklan bergerak mereka hadir di blog-blog yang ramai pengunjungnya.
  2. Pay Per Clik
    Di internet traffict adalah segalanya. Situs yang ramai pengunjungnya menjadi berharga, karena informasi dalam situs tersebut diserap secara baik oleh para pengunjungnya. Syarat untuk mendapat traffict yang tinggi adalah tampilan situs harus bagus, isi bermanfaat, dan lain sebagainya. Advertiser (merchan) lewat metode pay per click membayar affiliate setiap ada pengunjung yang membayar banner yang ditampilkan pada situs affiliate. Program pay per click yang paling populer adalah google adsense.
  3. Pay Per Action
    Metode ini memberikan fee kepada affiliate marketer per action, hal yang dimaksud per aksi adalah affiliate hanya mengarahkan pengunjung untuk mengisi nomor telepon atau e-mail agar pihak manajemen perusahaan menindaklanjuti agar terjadi penjualan, contoh perusahaan ini adalah perusahaan asuransi, property, pembuat website, dan lain sebagainya.
  4. Komisi Berjenjang (Sistem MLM)
    Sistem komisi berjenjang ini diadopsi dari sistem MLM (Multi Level Marketing), yaitu penjualan yang dilakukan jaringan di bawahmu akan mengakibatkan kamu memperoleh pendapatan, meskipun kamu tidak melakukan penjualan secara langsung. Sistem ini dikenal dengan nama Multi Tear Affiliate Program, artinya kamu akan mendapatkan bayaran setiap ada transaksi yang terjadi atas rekomendasi teman atau jaringan level satu di bawahmu.
  5. Komisi Berkala
    Komisi berkala memberikan affiliate marketer komisi dalam jangka waktu berkala seperti agen asuransi atau royalty pada penulis buku. Contohnya pada program web hosting, ini sangat disukai affiliate marketer, kerja sekali namun bayarannya berkesinambungan. Happy selling.

Sumber Gambar:

https://c2.staticflickr.com/2/1523/24332688082_d0e2358a7e_b.jpg

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: