Tips

Agar Konsumen Mau Berbelanja di Toko Online Anda, Coba 5 Tips Ini

belanja-online

Belanja online saat ini memang sedang marak dan banyak menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diperlukan. Namun meski belanja online sedang menjadi tren, bukan berarti toko online Anda lantas mudah mendapatkan pembeli. Berjuang mendapatkan pembeli di ranah online sekarang ini memang sama beratnya dengan mencari pembeli di ranah offline. Ini karena di ranah online saat ini tingkat persaingannya juga terbilang cukup ketat. Nah dari sinilah setiap pebisnis yang menjalankan toko online harus berjuang untuk membuat konsumen tertarik berbelanja di tempatnya. Berikut beberapa cara dan tips yang dapat Anda terapkan untuk tujuan tersebut.

  1. Hadirkan Promo

Pertama, tips untuk membuat konsumen mau dan tertarik belanja di toko online Anda adalah dengan menghadirkan promo. Promo memang sesuatu yang membuat konsumen tergugah. Dari awalnya konsumen tidak mau membeli atau tidak butuh produk Anda, dengan promo, bisa jadi mereka jadi ingin membeli produk Anda. Wujud promo yang bisa Anda hadirkan sendiri bisa bermacam-macam, bisa potongan harga (diskon), cashback atau juga gratis ongkos kirim. Namun untuk menerapkan tips ini pastikan Anda tidak mengakali atau melakukan penipuan dengan melakukan kenaikan harga barang terlebih dahulu. Sebab, bila konsumen mengetahui apa yang sebenarnya Anda lakukan maka hal ini bisa berdampak buruk bagi bisnis Anda. Ini karena konsumen yang merasa dicuragi bisa membuat review atau testimoni yang buruk tentang bisnis Anda.

  1. Pastikan Keamanannya

Sejak awal kemunculannya, bisnis online memang selalu berhadapan dengan tantangan keamanannya. Pasalnya sudah tidak sedikit kasus penipuan (phising) yang terjadi di ranah online. Maka dari itu untuk bisa menarik konsumen agar mau berbelanja di toko online Anda maka mau tak mau Anda harus memastikan keamanan yang optimal. Pastikan toko online menjamin dan menggaransi keamanan konsumen saat berbelanja. Pastikan juga Anda bisa mengatasi berbagai aksi hack yang bisa membuat sistem di toko online menjadi kacau karena kemudian dikendalikan orang lain. Ini karena asi hack yang bisa membuat sistem keamanan toko online dibobol orang lain dapat membuat tingkat kepercayaan konsumen menurun.

  1. Berikan Pelayanan yang Prima

Dalam setiap bisnis baik itu yang betipe offline atau online, pelayanan akan selalu menjadi ukuran atau penilaian konsumen. Semakin baik tingkat pelayanan yang diberikan maka konsumen akan semakin senang dan puas ketika melakukan pembelian. Maka dari itu Anda yang sedang menjalankan toko online dan ingin banyak konsumen yang berbelanja, Anda harus memberikan pelayanan yang selalu prima. Pelayanan dalam bisnis online sendiri bisa berwujud beberapa hal seperti respon terhadap pertanyaan, tanggapan terhadap keluhan konsumen atau juga wujud pelayanan lain.

  1. Pastikan Kemudahan Pembayarannya

Selanjutnya, tips untuk membuat konsumen mau berbelanja di toko online Anda adalah dengan memastikan kemudahan pembayarannya. Tidak hanya via transfer ATM saja, tapi saat ini memang semakin banyak pilihan pembayaran yang bisa dilakukan secara jarak jauh atau jarak dekat. Jadi selain transfer, Anda juga bisa menghadirkan sistem pembayaran COD (Cash on Delivery), dompet digital atau juga sistem kredit bila memungkinkan. Semakin banyak pilihan atau opsi pembayaran yang Anda hadirkan maka akan semakin baik untuk toko online Anda. Karena dari banyaknya opsi pembayaran maka akan semakin memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran.

  1. Hadirkan Garansi

Produk dari toko online memang seringkali membuat konsumen ragu akan kualitasnya. Ketika konsumen ragu maka bisa jadi mereka akan gagal membeli atau belanja online. Nah dari sini seharusnya Anda paham dan mengerti tentang kekhawatiran tersebut. Untuk mengantisipasi keraguan dan kekhawatiran konsumen tersebut maka Anda bisa menghadirkan garansi. Garansi memang terbukti manjur untuk merubah keraguan menjadi keyakinan. Ketika Anda bisa menghadirkan garansi maka bukan tidak mungkin konsumen akan berdatangan dan berbelanja di toko online Anda.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat konsumen mau berbelanja di toko online Anda. Supaya tips ini berhasil dengan baik maka Anda harus melakukannya dengan sungguh-sungguh. Jangan lupa juga untuk konsisten dalam menerapkan beberapa tips di atas, agar toko online Anda selalu ramai didatangi pembeli.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top