Tips

Akan Hadapi Wawancara Kerja? Berikut 5 Tips Untuk Bisa Menjawab Pertanyaan dengan Baik

wawancara-kerja

Wawancara atau interview kerja adalah bagian dari tahapan rekrutmen kerja di perusahaan. Biasanya tes wawancara akan diberikan perusahaan pada pelamar yang sudah lolos tes tulis. Tes wawancara sendiri dilakukan oleh perusahaan untuk mengenal lebih jauh sosok pelamar. Dalam tes wawancara kerja sendiri akan ada beberapa pertanyaan dari pihak perusahaan yang harus dijawab oleh pelamar kerja. Nah dalam sesi wawancara ini, tidak jarang pelamar yang kesulitan untuk menjawab pertanyaan. Hasilnya, mereka pun jadi gagal lolos dalam rekrutmen. Maka dari itu, sesi tes wawancara kerja ini memang perlu Anda hadapi dengan serius. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk bisa menghadapi wawancara kerja dan menjawab pertanyaan dengan baik.

  1. Tetaplah Tenang

Pertama, tips untuk bisa menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan baik adalah dengan tetap tenang. Tak jarang memang pelamar yang gagal rekrutmen karena menjawab pertanyaan dengan gugup dan gegabah. Perasaan gugup memang wajar ketika akan menghadapi wawancara kerja. Tapi Anda sebagai pelamar yang ingin lolos harus berjuang untuk mengalahkan rasa gugup tersebut. Untuk bisa tetap tenang dan tidak gugup maka Anda bisa menghirup udara sebanyak mungkin sebelum masuk ke ruangan. Minum air putih dan berdoa sebelum masuk ruangan wawancara juga terbilang efektif untuk bisa Anda lakukan.

  1. Pikirkan Sebelum Menjawab Pertanyaan

Berpikir adalah hal yang memang diperlukan unruk menjawab pertanyaan dengan lebih baik. Nah, Anda yang ingin lolos rekrutmen tidak boleh menjawab pernyataan dengan sembarangan. Sebelum menjawab pertanyaan coba pikirkan sejenak apa yang sebaiknya Anda katakan sebagai jawaban. Sebab dalam tes wawancara kerja ini tak jarang pewawancara memberikan pertanyaan menjebak. Maka dari itu sebelum benar-benar menjawab, pastikan Anda untuk berpikir terlebih dahulu. Namun ketika berpikir ini jangan sampai Anda terlalu lama menjawab. Sebab, biasanya waktu yang diberikan pewawancara untuk setiap kandidat dalam tes ini terbilang terbatas. Dan bila Anda berpikir terlalu lama dikhawatirkan pewawancara tidak bisa menunggu terlalu lama. Berpikir terlalu lama tidak hanya bisa membuat pewawancara mengeliminasi Anda, tapi hal ini juga bisa membuat Anda tidak dinilai tidak kompeten.

  1. Hindari Berkeringat

Orang yang berkeringat saat tes wawancara kerja memang bisa menjadi pertanda bahwa pelamar tersebut sedang gugup. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa gugup memang sesuatu yang perlu dihindari ketika wawancara kerja. Sebab ketika gugup maka Anda akan kesulitan menjawab pertanyaan dengan baik. Nah keringat yang bercucuran akan menjadi salah satu tanda bahwa Anda tidak tenang alias gugup. Tidak hanya menjadi pertanda bahwa Anda gugup, tapi berkeringat juga bisa membuat penampilan Anda jadi berantakan.

  1. Tersenyumlah

Selanjutnya, tips untuk menjawab pertanyaan tes wawancara kerja dengan baik adalah dengan tersenyum. Senyum memang bisa membuat segalanya lebih baik. Dalam wawancara kerja tersenyum akan membuat keadaan jadi lebih cair dan bersahabat. Dengan tersenyum Anda juga akan lebih terlihat tenang dan percaya diri. Ketika Anda tersenyum, Anda pun bisa membuat pewawancara jadi lebih yakin terhadap jawaban Anda. Dan dengan itu semua maka dengan tersenyum maka peluang Anda untuk bisa diterima di perusahaan jadi lebih terbuka lebar.

  1. Teruslah Berlatih Menjawab Pertanyaan

Terakhir, tips untuk bisa menjawab pertanyaan dengan baik saat wawancara kerja adalah dengan terus berlatih untuk menjawab pertanyaan. Mungkin bisa jadi pada tes pertama kali Anda gagal karena merupakan pengalaman pertama Anda mengikutinya. Nah ketika Anda gagal dalam tes pertama ini maka Anda tidak boleh langsung putus asa. Alih-alih putus asa, Anda harus terus berlatih menjawab pertanyaan wawancara kerja. Sama seperti berlatih mengendarai sepeda, memang Anda akan langsung bisa. Anda membutuhkan berkali-kali jatuh untuk bisa kemudian bisa mengendarai sepeda. Begitu juga ketika menjawab pertanyaan, bisa jadi Anda membutuhkan beberapa kali tes hingga akhirnya Anda berhasil melewati tahapan tes wawacara ini.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan baik. Agar tips ini benar-benar bisa berhasil Anda jalankan, maka konsistensi dalam menjalankannya tak boleh Anda lupakan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top