Keuangan

Akan Pensiun? Inilah 5 Hal yang Perlu Anda Siapkan

persiapan-pensiun

Pensiun adalah masa yang pastinya akan datang dan dihadapi oleh setiap pekerja, baik itu karyawan ataupun pengusaha. Ketika usia sudah menua dan tubuh mulai melemah serta tak lagi produktif, saat itulah seseorang harus pensiun. Pensiun sendiri adalah Anda harus meninggalkan segala aktivitas pekerjaan sehari-hari. Nah karena akan meninggalkan pekerjaan sehari-hari maka Anda saat pensiun tentu tidak lagi bisa mendapatkan penghasilan seperti ketika Anda produktif. Dari keadaan inilah kemudian banyak orang yang takut menghadapi masa pensiun ini. Ketika akan menghadapi masa pensiun, seseorang memang harus bisa melakukan beberapa persiapan. Nah, berikut ini adalah beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi masa pensiun.

  1. Keadaan Finansial

Pertama, hal yang perlu Anda siapkan saat akan pensiun adalah keadaan finansial atau keuangan. Saat Anda tak lagi bisa menghasilkan pendapatan seperti biasanya, maka Anda memang harus mengetahui finansial Anda saat pensiun. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengatur antara penghasilan yang masih bisa Anda dapatkan dengan pengeluaran. Bila Anda mendapatkan uang pensiun maka Anda bisa memasukkan hal ini pada keuangan pasca pensiun. Bila Anda memang tak bisa lagi mendapatkan penghasilan ketika pensiun, maka Anda harus benar-benar bisa mengatur uang pensiun yang ada dengan baik. Ketahui juga dengan baik pengeluaran saat masa pensiun. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menyeimbangkan dengan keuangan yang dimiliki.

  1. Jalankan Usaha Sampingan

Seseorang yang akan memasuki masa pensiun memang diharuskan untuk memiliki usaha sampingan. Ini dilakukan agar Anda bisa tetap bertahan hidup tanpa harus bergantung kepada orang lain. Usaha sampingan sendiri bisa berwujud apa saja yang Anda kuasai atau Anda senangi. Anda bisa menjadi freelancer atau juga membuka warung di depan rumah. Dengan menjalankan usaha sampingan maka Anda akan bisa mendapatkan penghasilan rutin meski tak sebesar saat Anda bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Berinvestasi

Selama Anda produktif bekerja memang disarankan untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi. Untuk apa investasi? Tentu saja untuk menghadapi masa pensiun. Ketika masa pensiun datang, Anda pastinya tidak bisa memperoleh penghasilan seperti biasanya. Nah, saat Anda sudah memiliki investasi maka masa pensiun pun tidak akan membuat Anda jadi bermasalah. Pasalnya, Anda sudah memiliki sebuah pegangan untuk bisa mengarungi masa pensiun dengan baik dari investasi yang Anda jalankan. Investasi yang bisa Anda jalankan sendiri bisa bermacam-macam, dari investasi saham, tanah, rumah, reksa dana, dan lain sebagainya. Tapi ingat melakukan investasi ini sebaiknya dilakukan saat jauh-jauh hari sebelum masa pensiun datang. Sebab, ketika itu Anda sedang dalam keadaan sehat dan produktif menghasilkan pendapatan.

  1. Berbisnis

Berikutnya, hal yang perlu Anda siapkan untuk bisa menghadapi masa pensiun dengan baik adalah dengan berbisnis. Bila Anda tidak terlalu suka berinvestasi, maka cara lain yang bisa Anda tempuh adalah dengan berbisnis. Dengan berbisnis maka Anda memang bisa mendapatkan penghasilan untuk mengarungi masa pensiun Anda. Agar tak terlalu merasa terbebani maka cobalah untuk memilih bisnis pada bidang yang Anda gemari. Untuk memulai berbisnis sendiri, Anda bisa mengandalkan uang pensiun sebagai modalnya. Jalankan saja bisnis yang Anda gemari tersebut dengan sepenuh hati. Meski hasilnya tak sebesar saat Anda produktif, tapi bila Anda konsisten menjalankannya, maka Anda akan bisa membuat masa pensiun jadi lebih baik.

  1. Selesaikan Cicilan Anda dengan Segera

Terakhir, cara yang bisa Anda siapkan untuk menghadapi masa pensiun adalah dengan menyelesaikan cicilan dengan segera. Cicilan memang bisa menjadi penghambat saat mas pensiun bila Anda tidak segera menyelesaikannya. Maka dari itu Anda yang ingin hidup nyaman dan tenang saat pensiun, maka selagi produktif, Anda harus segera menyelesaikan cicilan yang masih ada.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda siapkan ketika akan menghadapi masa pensiun. Agar Anda benar-benar bisa merasakan manfaat dari persiapan di atas maka cobalah melakukannya dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Dengan menyiapkan hal-hal ini dengan baik, maka Anda akan lebih tenang dan nyaman saat menjalani masa pensiun.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top