Keuangan

Akhir Pekan Tak Ingin Boros? Ini yang Harus Anda Lakukan

weekend-boros

Akhir pekan atau weekend memang menjadi waktu yang tepat untuk sebagian besar orang keluar rumah. Entah itu untuk keperluan refreshing atau kebutuhan, keluar rumah pada akhir pekan memang menjadi fenomena yang sering kita temui. Untuk keluar rumah pada akhir pekan ini tentu membuat Anda harus menyediakan dana khusus. Bahkan dana atau pengeluaran untuk keperluan keluar rumah di akhir pekan ini terbilang cukup besar. Dari sinilah kemudian banyak orang yang berpikir dua kali untuk berakhir pekan di luar rumah. Tapi sekarang Anda tak perlu khawatir saat ingin berakhir pekan di luar rumah. Sebab Anda bisa menghemat anggaran dengan melakukan beberapa hal berikut ini saat berakhir pekan di luar rumah.

  1. Mau Ke Mal, Makan Dulu Sebelum Pergi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa berakhir pekan dengan hemat adalah makan dulu sebelum pergi ke mal. Makan di mal memang menjadi salah satu faktor yang membuat akhir pekan menjadi boros. Ini karena menu-menu makanan yang ada di mal ini memang dikenal dengan harganya yang mahal. Maka dari itu agar Anda terhindar dari pengeluaran yang besar untuk makan di mal, Anda bisa melakukan trik makan dulu di rumah. Dengan makan dulu di rumah sebelum pergi ke mal, maka Anda akan terhindar seminimal mungkin untuk makan di mal yang mahal. Ini karena Anda yang makan dulu di rumah, akan merasa kenyang dan tidak ingin makan lagi selama di mal nantinya.

  1. Tak Harus Jalan-jalan ke Mal

Jalan-jalan di mal memang menjadi salah satu tujuan berakhir pekan yang sering membuat seseorang mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Karena selain keinginan untuk berbelanja yang semakin besar, berakhir pekan di mal yang membuat boros juga disebabkan harga barang-barang di mal yang terbilang mahal-mahal. Dengan adanya pajak yang diberlakukan pada toko-toko yang ada di mal, maka harga-harga di mal memang menjadi mahal. Maka untuk menghindari pengeluaran yang boros, cobalah mencari tempat lain selain mal untuk berakhir pekan. Beberapa tempat yang murah meriah untuk berakhir pekan selain mal misalnya yaitu museum, taman kota dan lainnya.

  1. Minimalkan Penggunaan Kendaraan Pribadi

Berikutnya, hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kegiatan akhir pekan yang boros adalah meminimalkan penggunaan kendaraan pribadi. Naik kendaraan pribadi untuk berakhir pekan di luar rumah memang akan membuat Anda harus bersiap mengeluarkan banyak pengeluaran. Selain untuk pengeluaran bahan bakar, saat menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga harus bersiap dengan pengeluaran parkir. Tapi bila Anda menggunakan transportasi umum, maka Anda tidak perlu memikirkan pengeluaran untuk bahan bakar atau parkir. Bagaimana dengan kenyamanannya? Jangan khawatir sebab saat ini ada transportasi online atau rental yang pastinya nyaman untuk Anda berakhir pekan.

  1. Ke Tempat Wisata? Survei Dulu!

Bagi Anda yang ingin berakhir pekan ke tempat wisata dan tak ingin boros, maka jangan gegabah dulu untuk langsung pergi. Ini karena beberapa tempat wisata yang ada bisa membuat Anda boros dalam hal pengeluaran di sana. Maka dari itu untuk meminimalisir pengeluaran yang boros saat berakhir pekan, maka Anda harus melakukan survei dulu di tempat wisata yang akan dituju. Cermati beberapa hal seperti harga tiket masuk, biaya transportasi hingga penginapan dan harga makanan di sana. Beberapa item tadi memang sangat mempengaruhi Anda dalam hal pengeluaran yang akan muncul. Bila beberapa item tadi terbilang mahal, maka Anda harus bersiap dengan pengeluaran yang boros. Maka dari itu cobalah untuk mencari tempat wisata yang murah.

  1. Manfaatkan Promo

Terakhir, hal yang harus Anda lakukan untuk membuat akhir pekan di luar rumah tidak boros adalah dengan memanfaatkan promo. Saat ini beberapa pihak yang mendukung kegiatan berlibur memang banyak yang menghadirkan promo. Sebut saja seperti penginapan, transportasi, hingga makanan dan bioskop, disetiap waktunya tak jarang menghadirkan promo. Nah bila Anda mendapati adanya promo berkaitan dengan kegiatan akhir pekan yang akan dilakukan, cobalah untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Dengan memanfaatkan promo maka Anda akan bisa menghemat pengeluaran untuk kegiatan akhir pekan di luar rumah.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top