Lainnya

Anda Belum Dewasa Bila Masih Memiliki 5 Tanda Ini

dewasa

Dewasa adalah fase yang seharusnya dialami setiap orang dalam kehidupannya. Saat seseorang berada dalam fase dewasa ini, maka akan banyak hal berbeda yang bisa didapati dari sifat dan karakternya. Secara umum orang yang berada dalam fase dewasa akan memiliki sikap yang bijak. Dari sinilah maka masa dewasa menjadi periode yang selalu dinanti-nanti karena dapat membuat diri berkembang lebih baik. Sayangnya untuk mencapai fase dewasa tersebut tidak semua orang bisa mendapatinya di waktu yang sama. Ada yang mencapai fase dewasa ini lebih cepat, di waktu yang tepat bahkan ada juga yang terlambat. Fase dewasa untuk perkembangan diri yang lebih baik ini sendiri memang perlu diketahui supaya ada pemahaman dan persiapan. Nah berikut ini tanda-tanda yang bisa mencirikan seseorang atau Anda belum berada dalam fase dewasa.

  1. Tinggal Bersama Orangtua Setelah Berusia 30 Tahun

Tanda pertama seseorang belum dewasa adalah masih tinggal bersama orangtua setelah berusia 30 tahun. Setelah usia 30 tahun seharusnya seseorang memang sudah bisa hidup mandiri. Baik itu pria dan wanita, pada usia 30 tahun memang selayaknya sudah berada dalam tahap yang matang baik itu secara fisik, sikap dan karakter. Beberapa dari mereka yang telah berusia 30 tahun bahkan sudah ada yang berkeluarga. Ketika seseorang sudah berkeluarga maka kedewasaan malah sudah menjadi hal yang wajib untuk dimiliki. Nah jika demikian maka Anda yang sudah berusia 30 tahun, seharusnya sudah bisa mandiri dan sudah bisa tinggal terpisah dari orangtua. Tinggal terpisah dari orangtua inilah yang akan menjadi pertanda bahwa Anda sudah berada dalam periode dewasa.

  1. Punya Hasrat Melawan Aturan

Setiap diri seseorang pastinya pernah memiliki hasrat dan kemauan untuk melawan aturan. Nah saat Anda sudah memiliki hasrat tersebut, maka sebenarnya Anda sudah berada dalam fase dewasa. Periode dewasa yang ditandai dengan kedewasaan berpikir memang membuat seseorang yang mengalaminya akan bisa menilai peraturan yang ada. Bila menurut mereka peraturan yang ada tidak baik, maka hatinya akan berontak dan melawan. Perilaku menolak dan melawan aturan ini bukanlah berkaitan dengan tindak kriminalitas, tapi berkaitan dengan sikap dewasa yang terkait proses pemikiran dan penilaian dari seseorang tentang ketidaksepahaman nilai dan rasa.

  1. Masih Suka Menjadi Pusat Perhatian

Berikutnya, tanda seseorang belum dewasa adalah masih suka menjadi pusat perhatian. Pada dasarnya manusia memang makhluk yang suka diperhatikan. Tapi hasrat ini akan menurun seiring dengan kedewasaan seseorang. Ketika kecil hasrat seseorang untuk diperhatikan sangatlah besar. Mereka butuh pengakuan dari dunia di sekitarnya untuk jati diri dan eksistensinya. Namun seiring usia dan kedewasaan dalam diri, hasrat untuk diperhatikan ini terus menurun dan akhirnya tidak terlalu membutuhkan perhatian.

  1. Sering Pindah Tempat Kerja

Anda yang sering berpindah tempat kerja perlu mengkoreksi diri. Sebab orang yang sering berpindah tempat kerja ini bisa dikatakan sebagai orang yang belum matang secara kedewasaan. Di tengah sulitnya mencari kerja, memang seseorang yang dewasa akan berpikir seribu kali untuk pindah kerja. Pasalnya saat mereka memutuskan berpindah kerja akan banyak hal yang perlu dipikirkan. Meski telah mendapatkan tempat kerja yang baru, orang yang sudah dewasa akan berpikir bagaimana mereka harus beradaptasi lagi, memulai dari tingkatan atau jabatan bawah dan mungkin juga gaji yang bisa tidak sebesar di perusahaan lama.

  1. Suka Membicarakan Orang Lain

Terakhir, tanda seseorang belum dewasa adalah suka membicarakan orang lain. Suka bergosip dan membicarakan orang lain memang merupakan tanda bahwa seseorang masih belum dewasa. Ini karena saat membicarakan orang lain Anda akan terbawa emosi dan nafsu. Membicarakan orang lain memang terasa enak karena Anda yang menuruti hawa nafsu. Tapi justru karena Anda menuruti hawa nafsu untuk membicarakan orang lain inilah maka Anda masih tergolong kekanak-kanakan. Sebaliknya bila Anda menampilkan diri sebagai sosok yang suka menahan diri untuk membicarakan orang lain maka itu artinya Anda sudah berada dalam fase dewasa. Menahan diri dan nafsu memang hanya bisa dilakukan orang yang sudah dewasa bukan orang yang masih kekanak-kanakan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top