Tips

Anda Bingung Menghadapi Pelanggan yang Suka Protes? Inilah Cara Jitu untuk Menangani Komplain Para Pelanggan

Cara Jitu Menangani Komplain Konsumen

Namanya juga pelanggan, pasti mereka ingin dipuaskan dalam hal produk maupun dalam pelayanan. Jika pelayanan yang Anda berikan bisa memberikan kepuasan terhadap konsumen, maka para konsumen akan merasa senang dan nyaman bahkan menjadi pelanggan setia usaha miliki Anda. Sebaliknya, apabila Anda tidak bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen maka para pengunjung bisa saja malas dan tidak mau berkunjung lagi ke tempat usaha Anda.

Jangan sekali-kali mengecewakan para pelanggan, sebab tidak hanya akan ditinggalkan oleh mereka tapi Anda juga bisa terkena protes pelanggan yang sama sekali tidak diinginkan. Oleh karena itu, Anda harus memberikan pelayanan yang prima dan sebaik mungkin pada semua customer agar mereka merasa nyaman dan tetap loyal memilih usaha Anda. Bagi Anda yang sedang bingung menghadapi pelanggan yang suka protes, sebaiknya simak 4 cara jitu untuk menangani komplain pelanggan berikut ini.

  1. Bersikap Ramah Tamah dan Jangan Gugup

Cara jitu yang pertama untuk menangani komplain para pelanggan adalah bersikap ramah tamah dan jangan gugup. Saat menghadapi konsumen, Anda harus sopan atau bersikap ramah tamah dan jangan pernah gugup. Jika dihadapan konsumen Anda tidak sopan dan gugup, para pengunjung pun akan malas dan takut berhadapan dengan Anda. Bahkan, mereka tidak akan mau kembali lagi ke tempat usaha Anda karena sikap pemiliknya tidak bisa melayani dengan baik. Maka dari itu, agar para pelanggan menyukai dan loyal maka sebaiknya Anda harus bersikap ramah tamah serta jangan gugup. Tunjukkan sikap terbaik dan percaya diri Anda di depan konsumen, sehingga para pengunjung takjub karena pesona diri Anda. Jika pelanggan Anda melakukan komplain, berarti Anda harus lebih bersikap ramah tamah kepadanya dan pastikan pelanggan mau mendengarkan penjelasan Anda.

  1. Dengarkan Semua Komplainnya untuk Meredakan Emosi Pelanggan

Selanjutnya, cara jitu untuk menangani komplain para pelanggan yaitu mendengarkan semua komplain untuk meredakan emosi para pelanggan. Ketika pelanggan melakukan komplain, maka hal pertama yang diinginkan adalah keluhan dan pendapat mereka didengarkan. Apalagi, beberapa pelanggan memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyampaikan keluhan-keluhannya. Ada yang menyampaikannya secara baik-baik, ada yang cenderung melankolis dan ada juga yang berapi-api serta berlebihan. Dengan menjadi pendengar yang baik, berarti Anda telah berusaha untuk menangani emosi para pelanggan. Saat menjadi pendengar usahakan Anda jangan menyangkal, ngeles, membantah atau memotong pembicaraan mereka terlebih dahulu. Di sini, biarkan mereka berbicara sampai tuntas hingga keluhan yang ada dibenaknya disampaikan.

  1. Catat Semua Komplain Pelanggan Sebagai Bahan Evaluasi

Cara jitu untuk menangani komplain para pelanggan berikutnya adalah dengan mencatat semua komplain pelanggan sebagai bahan evaluasi. Komplain merupakan salah satu komponen penting untuk meningkatkan layanan bisnis Anda kepada konsumen. Ambilah komplain-komplain tersebut sebagai hal yang serius, agar Anda bisa menghindari dan berhati-hati jika ada kejadian yang serupa suatu saat nanti. Selain itu, catat semua komplain agar dijadikan bahan evaluasiuntuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang Anda jual. Jangan jadikan komplain tersebut sebagai ancaman ataupun beban, tapi jadikanlah hal tersebut sebagai pelajaran yang berharga bagi Anda. Sehingga, dikemudian hari Anda bisa lebih luwes dan berpengalaman untuk menghadapi pelanggan-pelanggan yang melakukan protes.

  1. Segera Berikan Solusi yang Cerdas dan Tindakan yang Tepat

Terakhir, cara jitu untuk menangani komplain para pelanggan yaitu dengan memberikan solusi yang cerdas dan tindakan yang tepat. Ketikapelanggan mulai mereda emosinya, selanjutnya segera tawarkan beberapa solusi untuk permasalahan yang mereka hadapi. Di sini, jangan menyalahkan pelanggan secara terang-terangan di hadapan mereka dan tugas Anda di sini adalah menjadi pemihak mereka. Maka dari itu, Anda harus tetap tenang dan sabar saat menghadapi para pelanggan dengan memberikan mereka beberapa solusi yang cerdas dan tindakan yang tepat bagi mereka. Dengan hal ini, diharapkan akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Sehingga, pelanggan akan kembali tenang dan menjadi pelanggan tetap Anda yang loyal.

Itulah 4 cara jitu untuk menangani komplain para pelanggan yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: