Tips

Anda Dapat Penilaian Kerja yang Buruk di Kantor? Jangan Khawatir, Terapkan Saja 7 Cara Memperbaikinya

Performa kerja atau ettitude, sering kali menjadi tidak terkendali sehingga membuat kinerja Anda menjadi buruk. Namun hal ini bukanlah akhir dari karir, jika Anda dapat penilaian kinerja yang buruk di kantor. Saat menerimanya, Anda tidak usah khawatir karena masih banyak jalan untuk memperbaikinya. Bagi Anda yang terlanjur mendapati rapot kinerja yang buruk, sebaiknya bangun dan semangat lagi. Selain itu, terapkan 7 cara memperbaikinya agar penilaian kinerja Anda menjadi baik kembali. Yuk, simak ulasan berikut ini.

  1. Mengakui Kesalahan Diri

Jika Anda mendapatkan review kurang menyenangkan dari atasan, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakui kesalahan tersebut. Mengakui kesalahan tidak akan membuat Anda terlihat lemah bukan? Justru dengan mengakui kesalahan, maka atasan akan beranggapan bahwa Anda bisa bersikap dewasa karena mampu menyikapi masalah dan legowo mengakui kesalahan yang diperbuat. Apabila Anda bisa lebih legowo mengakui kesalahan, maka atasan pun akan respek kepada Anda. Dari sini, bisa jadi atasan akan memaafkan kesalahan dan memberi kesempatan kepada Anda.

  1. Lakukan Evaluasi Diri

Setelah mengakui kesalahan kepada atasan, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengevaluasi diri. Karena jika hanya mengakui kesalahan saja tanpa adanya action, tentu saja tidak akan ada gunanya. Maka dari itu, siapakan waktu untuk mengevaluasi diri mengenai hal yang menjadi masalah dalam kinerja Anda. Dengan melakukan langkah ini, Anda akan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dan apa yang harus ditingkatkan untuk masa mendatang agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

  1. Jangan Mendengarkan Pembicaraan yang Salah (Gosip)

Reputasi atau penilaian kerja Anda, sering kali akan terdengar kepada rekan kerja yang lain. Untuk mencegah dan menghindari Anda menjadi down kerena harus mendengar kabar tidak enak dari mereka, akan lebih baik bagi Anda untuk menutup telinga saja. Daripada harus mendengar kata-kata negatif yang tidak berfaedah bagi Anda, lebih baik mantapkan diri untuk fokus memperbaiki diri.

  1. Bertanggung Jawab

Sembari melakukan evaluasi diri, saatnya Anda mulai lebih bertanggung jawab atas pekerjaan yang sedang dilakukan. Jika penilaian kinerja Anda sebelumnya sudah buruk, maka kali ini Anda tidak boleh mengulangi hal yang sama. Sebisa mungkin selesaikan pekerjaan dengan sangat baik, tunjukan kinerja Anda yang terbaik kepada atasan. Dengan demikian, atasan akan percaya dan penilaian kinerja Anda pun berubah menjadi lebih baik.

  1. Bekerja Lebih Awal dari Jam Kerja Biasanya

Jika Anda terbiasa fokus bekerja setelah setengah hari jam kerja, maka sebaiknya ubahlah kebiasaan tersebut dengan mulai bekerja lebih awal dari jam kerja biasanya. Dengan demikian, Anda mempunyai kesempatan lebih besar untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda agar selesai tepat waktu. Anda pun tidak akan terburu-buru apabila jam kerja hampir selesai, jadi besok harinya Anda bisa lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang lain. Kalau datang bekerja lebih awal, hal ini bisa membuat Anda terkesan rajin. Dari sini, kerjaan Anda lancar dan penilaian kinerja pun akan semakin baik.

  1. Bersikap Lebih Aktif

Ini dia tahap yang lebih penting dilakukan, terutama bagi Anda yang ingin memperbaiki penilaian kinerja yang buruk selama bekerja di kantor. Untuk memperbaikinya, sebaiknya Anda harus lebih aktif lagi dari sebelumnya. Apabila atasan mengintruksikan perintah tertentu, segera selesaikan tanpa harus menunda-nundanya. Selain itu, jika atasan sedang mengalami kesulitan dalam pekerjaan sebaiknya Anda harus sigap membantunya dengan ikhlas.

  1. Utamakan Prioritas

Beberapa tugas sering kali membuat karyawan kesulitan dalam mengerjakannya, apalagi kalau pekerjaan harus dikumpulkan secara bersamaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menetapkan prioritas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang bisa di kebelakangkan. Asalkan, kedua pekerjaan tersebut bisa diselesaikan pada waktu yang tepat.

Nah, itulah 7 cara memperbaiki penilaian kerja yang buruk selama di kantor. Padahal, dapat penilaian kerja yang buruk tidak mesti membuat Anda menjadi patah semangat bukan? Justru, dengan adanya penilaian ini Anda harus lebih giat dan memacu untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top