Lainnya

Anda Harus Mahir Berbahasa Asing Bila Jalani 6 Profesi Ini

jurnalis

Setiap profesi atau pekerjaan memang dibutuhkan keahlian dan skill tersendiri yang harus dimiliki pekerjanya. Dari skill atau keahlian yang dimiliki para pekerja inilah kemudian menghadirkan profesionalisme. Salah satu skill atau keahlian yang saat ini dibutuhkan oleh para pekerja adalah kecakapan berbahasa asing. Dengan semakin terbukanya sekat-sekat antar negara, membuat bahasa asing, terutama bahasa Inggris memang sangat penting untuk dikuasai. Terlebih untuk beberapa pekerja atau profesi berikut ini, pastinya bahasa asing menjadi skill utama yang mau tak mau harus mereka kuasai. Nah berikut ini beberapa profesi yang mengharuskan pekerjanya mahir berbahasa asing.

  1. Jurnalis

Profesi pertama yang mengharuskan pekerjanya mahir berbahasa asing adalah jurnalis. Para jurnalis yang beraktivitas di dunia komunikasi dan media massa memang membuat mereka akan banyak bertemu banyak orang termasuk orang-orang dari luar negeri. Nah bila mereka sering bertemu dengan orang-orang dari luar negeri dan lantas tidak bisa berbahasa asing, tentu hal ini akan membuat para jurnalis sulit untuk mendapatkan atau menggali informasi. Para jurnalis yang membutuhkan skill bahasa asing yang baik ini tidak hanya berlaku bagi mereka yang bekerja di lapangan mencari informasi seperti wartawan. Tapi mereka yang bekerja di dalam kantor yakni para editor dan juga news anchor (pembawa berita) juga diharuskan menguasai bahasa asing. Kemampuan jurnalis dalam menguasai bahasa asing memang merupakan kebutuhan mereka untuk mencapai profesionalisme dalam pekerjaannya.

  1. Travel Guide

Bagaimana jadinya bila ada wisatawan mancanegara yang ingin menjadikan Anda sebagai guide tapi kemampuan bahasa asing Anda tidak baik. Tentu saja hal ini akan membuat profesionalisme pekerjaan Anda dipertanyakan. Wisatawan mancanegara yang datang berlibur ke negara kita memang terbilang banyak setiap tahunnya. Nah dari sinilah Anda harus bisa mengantisipasinya dengan membekali diri bahasa asing. Sebab bila Anda bisa dan jago berbahasa asing, maka akan ada banyak job sebagai pemandu yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya itu dengan penguasaan bahasa asing yang Anda miliki maka Anda bisa menjalin hubungan yang baik untuk masa depan dengan para wisatawan mancanegara tadi.

  1. Humas

Berikutnya, profesi yang membuat Anda harus bisa berbahasa asing adalah menjadi humas. Humas atau hubungan masyarakat saat ini memang banyak yang membuat mereka harus banyak berkomunikasi dengan berbagai pihak. Apalagi sekarang dunia pers dan jurnalis yang semakin berkembang, membuat banyak wartawan yang akan meminta penjelasan pihak humas. Nah diantara beberapa pihak yang membutuhkan penjelasan Anda sebagai humas memang bisa jadi kemudian datang dari jurnalis asing. Dari sinilah maka Anda yang berprofesi sebagai humas membutuhkan skill bahasa asing yang mumpuni.

  1. Pramugari

Dengan tugas Anda yang melayani penumpang dibidang penerbangan maka kebutuhan akan keterampilan berbahasa asing ini sangat diperlukan. Ini karena dalam penerbangan, bisa jadi Anda sebagai pramugari akan bertemu dengan banyak orang, termasuk orang dari negara lain. Nah dari kemungkinan besar pertemuan Anda dengan penumpang dari negara lain maka seorang pramugari pun membutuhkan bahasa asing untuk melayani dengan baik.

  1. MC

MC atau Master of Ceremonial atau juga disebut dengan pembawa acara juga perlu mengguasai bahasa asing. Untuk apa? Tentu saja untuk berjaga-jaga bila ada audiens dari negara lain yang bertanya-tanya atau ingin berdiskusi. Kemungkinan MC bertemu dengan audiens dari negara asing ini memang bisa memungkinkan. Apalagi bila Anda adalah seorang MC yang kemudian membawakan acara besar, maka pertemuan Anda dengan orang dari negara asing ini akan semakin besar. Skill bahasa asing Anda akan semakin diperlukan jika kemudian Anda diminta untuk membawakan acara yang digelar dan dihadiri untuk orang-orang dari negara lain.

  1. Translator

Terakhir, profesi yang membutuhkan kemahiran dalam berbahasa asing adalah translator atau penerjemah. Sesuai dengan namanya, profesi yang satu ini memang sudah dipastikan harus memiliki skill bahasa asing yang mumpuni. Bagaimana mungkin Anda bisa melakukan penerjemahan bila tidak menguasai skill bahasa asing. Jadi bahasa asing bagi seorang translator ini memang merupakan modal utama dan pokok yang harus dimiliki untuk menjalankan pekerjaannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top