Keuangan

Anda Ingin Kaya? Jangan Hanya Menabung dan Berhemat Saja, Lakukan Juga 4 Hal Ini!

Sedari kecil, Anda pasti selalu diberikan pemahaman bahwa menabung merupakan jalan untuk menjadi kaya bukan? Tidak hanya menabung, untuk bisa kaya Anda juga harus pandai menyimpan uang dan mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan, hingga harus memilih barang-barang yang miring. Hal-hal yang demikian itulah bisa memperbanyak pundi-pundi rupiah, karena sedikit demi sedikit pasti lama-lama menjadi bukit. Namun, pemahaman ini ternyata tidak sepenuhnya betul lho. Artinya, menabung dan berhemat saja justru tidak akan pernah bisa mewujudkan keinginan Anda menjadi orang kaya. Lantas, apa ada jalan lain yang harus dilakukan selain menabung dan berhemat? Nah, berikut 4 hal yang harus Anda lakukan untuk bisa jadi sukses secara finansial.

  1. Investasikan Uang Tabungan dalam Skema Pasar Modal

Hal pertama yang harus Anda lakukan, jangan pernah membiarkan uang menganggur di bank. Manfaatkan saja uang tabungan Anda untuk membeli investasi di skema pasar modal. Investasi ini memiliki bentuk yang beragam, mulai dari investasi emas, valuta asing, saham, deposito, hingga investasi reksa dana bisa dipilih sebagai investasi. Bagi Anda yang masih muda dan penghasilannya belum begitu besar, bisa memulai investasi dalam skema reksa dana. Hal ini dikarenakan, investasi reksa dana merupakan investasi yang paling memungkinkan untuk anak muda yang baru berpenghasilan. Nah, melalui skema investasi ini Anda bisa membeli reksa dana saham mulai dari Rp. 100 ribu. Selain cukup ringan untuk kantong anak muda, investasi reksa dana juga terbukti cukup aman kalau dibandingkan dengan investasi lainnya. Berbeda dengan investasi yang pada umumnya benar-benar mengandalkan spekulasi, dengan berinvestasi reksa dana Anda akan didampingi oleh seorang MI atau Manajer Investasi yang tentunya sudah berpengalaman. Tugasnya, yaitu mengatur kemana uang Anda akan diinvestasikan. Nah, investasi reksa dana cukup mudah bukan?

  1. Gunakanlah Uang Simpanan Anda untuk Membeli Aset yang Harga Jual Kembalinya Tinggi

Selain menginvestasikan uang tabungan ke dalam skema pasar modal, hal lainnya agar bisa kaya Anda juga harus menggunakan uang simpanan untuk membeli aset yang harga jual kembalinya tinggi bahkan terus naik. Menabung, bukan berarti Anda harus menyimpan semua uang yang disisihkan di bank bukan? Untuk membeli aset yang harga jual kembalinya tinggi, Anda bisa memilih tanah atau properti. Pasalnya, tanah atau properti merupakan investasi yang menjanjikan dan selalu laku di pasaran. Seiring berjalannya waktu, harga jual kembalinya juga tidak akan mengalami penurunan dan justru akan terus naik secara signifikan. Tidak hanya itu, tingkat likuiditas tanah dan properti juga cukup tinggi lho. Jadi, saat Anda membutuhkan kucuran dana yang segar Anda bisa langsung menjualnya untuk mendapatkan uang dengan segera. Bagaimana?

  1. Diversifikasikan Investasi Anda Kedalam Beberapa Pos yang Berbeda

Untuk menjaga keamanan, keuangan Anda juga perlu diselamatkan. Jangan pernah meletakkan seluruh uang Anda ke dalam sebuah investasi tunggal, karena Anda tidak akan pernah tahu bagaimana nasib dari investasi tersebut di masa depan. Oleh karena itu, investasikan uang simpanan Anda ke dalam beberapa skema investasi yang berbeda. Namun, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan besaran uang yang akan dimasukkan di masing-masing skema investasi. Dengan begini, tentu Anda akan lebih aman secara finansial dan bisa berpenghasilan dari berbagai pintu yang berbeda.

  1. Pergunakan Uang untuk Melindungi Diri Anda Sendiri

Jangan hanya fokus menyimpan uang dan berinvestasi saja, Anda pun perlu menggunakan uang simpanan untuk mendapatkan proteksi pada diri sendiri. Misalnya dana kesehatan dan asuransi jiwa, kedua hal ini juga perlu mendapatkan perhatian lho. Seiring berjalannya waktu, tubuh Anda akan semakin membutuhkan perawatan. Karena, faktor usia dan kejenuhan tubuh akan menuntut banyak pengeluaran di pos kesehatan. Untuk mendapatkan perawatan dan perlindungan diri, maka pilih asuransi kesehatan dan asuransi proteksi jiwa seperti kecelakaan yang bisa sewaktu-waktu menimpa Anda. Dengan memilih sistem proteksi yang tepat, uang tabungan yang Anda miliki juga akan bekerja seperti tameng yang bisa melindungi Anda dari insiden terkurasnya potensial keuangan Anda secara mendadak. Tidak akan rugi bukan, jika uang tabungan digunakan utuk melindungi diri Anda sendiri? Toh, kesehatan juga sangat penting.

Bagaimana? Anda masih yakin bisa cepat kaya dengan hanya mengandalkan menabung dan berhemat saja? Daripada Anda menyia-nyiakan uang simpanan tersebut, lebih baik Anda praktekkan 4 hal di atas untuk mengubah hidup menjadi lebih baik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top