Tips

Anda Jadi Korban PHK? Yuk, Lakukan 5 Tips Ini Agar Cepat Dapat Kerjaan Baru!

Menjadi korban PHK atau pemutusan hubungan kerja, memang bisa menimpa siapapun yang berstatus karyawan di perusahaan. Meskipun demikian, jangan sampai Anda patah semangat untuk mencari pekerjaan baru. Hal ini dikarenakan, masih banyak diluar sana pekerjaan yang mungkin lebih baik bahkan lebih menguntungkan bagi Anda. Untuk sebagian orang, kehilangan pekerjaan atau korban PHK memang menjadi teroris tersendiri baginya meskipun ada pesangon yang didapatkan. Bahkan, tidak sedikit orang lantas menjadi stres dan depresi. Namun, Anda harus tahu satu hal bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Bagi Anda seorang karyawan yang jadi korban PHK, lakukan 5 tips agar cepat dapat pekerjaan baru berikut ini.

  1. Menghubungi Mantan Atasan Anda

Tips pertama yang harus Anda lakukan agar cepat dapat kerjaan baru adalah menghubungi mantan atasan. Dengan menghubungi mantan atasan ketika kehilangan pekerjaan, kemungkinan besar dia bisa membantu Anda untuk mencari pekerjaan baru dengan mereferensikan diri Anda ke perusahaan-perusahaan relasinya. Karena sebagai mantan atasan, dia pasti tahu bagaimana kinerja Anda di perusahaan. Selain itu, dia juga tentu paham kekurangan dan kelebihan Anda. Oleh karena itu, dia tidak akan keberatan untuk mencarikan lowongan pekerjaan bagi Anda. Tapi ingat, hal tersebut hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan mantan atasan.

  1. Minta Referensi Lowongan Pekerjaan dari Mantan Klien

Selain menghubungi mantan atasan, Anda juga bisa meminta referensi lowongan pekerjaan dari mantan klien. Jika Anda sebelum di PHK bekerja sebagai sales, marketing, publik relations, account executive atau bidan lainnya. Saat Anda terkena PHK tenang saja, karena network Anda jauh lebih luas ketimbang mereka yang bekerja sebagai keuangan. Dengan memiliki network yang luas, maka Anda bisa mencari informasi seputar lowongan kerja kepada mereka. Apalagi, jika Anda pernah memiliki klien dan Anda berhasil memuaskan dia dalam urusan kerja sama. Saat dimintai bantuan untuk perihal mencari pekerjaan baru, kemungkinan besar dia akan tulus membantu Anda dalam mencari pekerjaan baru tersebut.

  1. Mulai Melamar Kerja ke Perusahaan-Perusahaan Baru

Tips berikutnya yang harus Anda lakukan, agar cepat dapat pekerjaan baru yaitu mulai melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan baru. Melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan baru, seperti perusahaan star-up berbasis teknologi harus Anda coba. Sebab, di sini Anda berpotensi mendapat gaji dan peranan yang lebih besar di perusahaan. Tidak hanya itu, peluang untuk dipanggil interview oleh perusahaan baru pun juga tinggi. Hal ini dikarenakan, jumlah pelamarnya pasti tidak sebanyak perusahaan yang sudah punya nama besar. Dengan bergabung di perusahaan baru yang berbasis teknologi, Anda akan banyak belajar. Salah satunya soal bisnis dan urusan teknis lainnya seperti SEO, konten, coding ataupun marketing dengan bujet.

  1. Perdalam Kemampuan Bahasa Inggris Anda

Lancar berbahasa inggris, tentu menjadi nilai plus bagi Anda karena setiap perusahaan membutuhkan seorang karyawan yang handal berbahasa inggis dengan baik. Coba Anda perhatikan, tidak sedikit proses interview kerja menggunakan bahasa inggris. Padahal, pewawancara merupakan orang Indonesia asli. Semasa bekerja, mungkin Anda tidak mempunyai waktu untuk memperdalam keterampilan berbahasa inggris ini. Mumpung Anda sedang dalam masa PHK, sebaiknya pergunakan waktu luang dengan belajar atau memperdalam ilmu bahasa inggris. Tidak perlu bayar mahal-mahal, Anda cukup memanfaatkan gadget untuk kursus atau belajar bahasa inggris lewat online karena saat ini sudah banyak situs yang menyediakan kursus bahasa Inggris. Selain situs tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan Youtube yang sangat mudah dan lebih praktis pembelajarannya.

  1. Perbarui CV Anda dan Buatlah Porfolio Digitalnya

Update CV dan porfolio, memang kelihatannya sederhana. Namun, apakah hasil updatenya hanya sekedar bertambah satu kalimat pada bagian pengalaman kerja atau berubah total tampilan Cvnya saja? Sebagai pencari kerja yang berkualitas, saatnya Anda mempunyai cv yang bukan hanya sekedar tulisan saja. Jika Anda ahli di bidang desain grafis, manfaatkan saja kemampuan tersebut untuk membuat CV yang baik dan bagus. Jangan lupa, buatlah juga porfolio dalam bentuk PDF atau vidio dengan format mp4 agar lebih menarik lagi. Namun jika Anda tidak mempunyai kemampuan di bidang desain grafis, Anda bisa unjuk gigi dengan mencantumkan prestasi dan keberhasilan Anda selama menjalankan proyek lewat portofolio. Jangan remehkan, justru hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi para pencari kerja. Sebab, di sinilah perusahaan akan melihat sejauh mana kemampuan dan prestasi Anda untuk bisa diandalkan di perusahannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top