Lainnya

Anda Pemimpin Bisnis? Ketahui 6 Perilaku Karyawan Bermasalah Berikut Ini

perilaku-buruk-karyawan

Dalam menjalankan bisnis atau perusahaan, tentu Anda sebagai entrepreneur akan berhadapan dengan beberapa tipe karyawan. Karyawan dengan tipe pekerja yang baik bisa jadi tidak akan membuat kerepotan yang berarti bagi Anda di perusahaan. Tapi bila ada karyawan yang memiliki tipe yang buruk, maka hal ini tentu akan menimbulkan masalah di perusahaan. Karyawan dengan tipe buruk sendiri memiliki ciri perilaku yang selalu membuat masalah. Maka dari itu untuk Anda yang ingin menumbuhkan bisnis dengan cepat, menghindari karyawan seperti ini adalah sebuah pilihan yang tepat. Tapi sebelum itu Anda harus mengetahui dengan persis seperti apa perilaku karyawan yang bermasalah tersebut. Berikut penjelasannya.

  1. Sulit Diajak Bekerja Sama

Pertama, perilaku karyawan bermasalah di perusahaan yang perlu Anda hindari yaitu sulit diajak kerja sama. Untuk menumbuhkan bisnis, Anda sebagai pebisnis memang membutuhkan beberapa karyawan yang mampu bekerja sama satu sama lainnya. Tapi bila ada karyawan yang sulit untuk diajak bekerja sama tentu hal ini akan menjadi masalah untuk perusahaan. Sebab karyawan yang sulit diajak bekerja sama akan menjadikan perusahaan merugi karena tidak menghasilkan kontribusi yang berarti. Maka bila Anda mendapati karyawan bermasalah seperti ini lebih baik Anda peringatkan dengan tegas atau Anda ganti dengan yang lain.

  1. Performa Kerja Buruk

Seorang karyawan pastinya punya tanggung jawab terhadap pekerjaannya sendiri-sendiri. Dalam job desc yang telah disepakai dalam proses rekrutmen seharusnya karyawan sadar dengan pekerjaannya tersebut. Alih-alih bekerja seenaknya, seorang karyawan yang sudah terikat kontrak kerja dengan perusahaan sudah seharusnya memberikan performa yang baik. Bila dijumpai karyawan dengan performa kerja yang buruk, pastinya hal ini akan membuat masalah tersendiri. Bukan hanya masalah bagi perusahaan atau bisnis, tapi karyawan dengan kerja buruk ini bisa menimbulkan masalah personal bagi Anda karena bisa mempengaruhi karyawan lainnya.

  1. Tidak Bertanggung Jawab

Seperti yang telah disebutkan, pasca rektrutmen dan penandatangan kontrak kerja, seorang karyawan memang terikat pekerjaan dan tanggung jawab di perusahaan. Mereka harus bekerja sesuai job desc yang disepakati. Nah job desc yang disepakati dalam kontrak kerja inilah yang merupakan tanggung jawab karyawan. Bila karyawan melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik maka hal ini tidak akan membuat masalah. Sebaliknya bila karyawan tidak melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, tentu hal ini akan membuat Anda mendapat masalah dari mereka. Ini karena karyawan yang tidak bertanggung jawab akan membuat perusahaan merugi karena tidak ada kontribusi baik yang diberikan karyawan tersebut.

  1. Enggan Diperintah

Selanjutnya, perilaku karyawan bermasalah di perusahaan yang perlu Anda ketahui dan segera ditindak yaitu mereka yang enggan diperintah. Sebagai karyawan memang sudah sewajarnya bila diperintah oleh atasan, selama perintah itu masih sesuai koridor tanggung jawabnya. Tapi sayangnya ada saja di beberapa perusahaan di mana karyawan tidak mau diperintah. Dengan alasan apapun bila atasan memberikan perintah sesuai aturan maka karyawan tidak bisa menolaknya. Bila karyawan sering menolak perintah Anda, maka sebagai atasan Anda berhak mengambil tindakan sebagai upaya mencegah permasalahan yang lebih buruk di perusahaan.

  1. Mudah dan Sering Emosi

Setiap manusia termasuk karyawan memang memiliki emosi yang bisa saja kemudian meluap di perusahaan. Emosi karyawan yang meluap di perusahaan masih wajar bila memang ada sesuatu tak wajar yang menghampirinya. Tapi bila kemudian ada karyawan yang sering emosi tanpa sebab maka itu artinya mereka merupakan orang yang bermasalah. Sebab emosi tanpa sebab tentu sangat meresahkan. Selain membuat produktivitas menurun, karyawan yang sering emosi tanpa sebab juga bisa mempengaruhi karyawan lain. Jadi sebaiknya bila Anda menjumpai karyawan seperti ini sangat wajar untuk segera Anda tindak sebelum menciptakan masalah yang lebih besar lagi.

  1. Sering Melanggar Peraturan

Terakhir, perilaku karyawan bermasalah di perusahaan yang perlu Anda segera tindak adalah mereka yang sering melanggar aturan. Aturan yang ada di perusahaan memang harus dipatuhi oleh setiap orang yang bekerja di sana. Aturan sendiri dibuat untuk menciptakan kondisi bekerja yang lebih kondusif dan membuat karyawan bisa bekerja dengan produktif dan optimal. Sayangnya di beberapa perusahaan ada beberapa karyawan yang seringkali melanggar aturan. Tentu apa yang dilakukan karyawan ini akan membuat masalah yang berarti bila tidak segera ditindak.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top