Keuangan

Anda Pengguna Bitcoin Pemula? Pelajari Istilah-Istilah Ini (Bagian 1)

istilah dalam bitcoin

istilah dalam bitcoin

Bitcoin memang menjadi tren tersendiri di dunia saat ini. Meskipun keberadaannya hanya ada di dalam dunia digital namun terbukti banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Sama halnya dengan sistem lainnya, Bitcoin juga memiliki aturan-aturan atau prosedur yang harus dipatuhi. Jika Anda adalah pengguna Bitcoin yang masih dalam tahap pemula, jangan lupa untuk menguasai beberapa kata atau istilah yang sering digunakan dalam Bitcoin ya. Untuk mempermudah proses pembelajaran, berikut ini Uangonline dot com mengumpulkan beberapa istilah yang dapat Anda pelajari :

Alamat

Alamat di dalam Bitcoin mungkin bisa Anda samakan dengan alamat rumah. Mengingat alamat ini adalah satu-satunya informasi pribadi yang Anda bagi kepada orang yang hendak mengirimkan bitcoin kepada Anda. Untuk faktor keamanan, sebaiknya setiap satu alamat Bitcoin hanya Anda gunakan untuk satu kali transaksi saja.

Bit

Bit bisa dibilang sebagai bagian dari Bitcoin. Bit adalah unit yang umum untuk menetukan sebuah sub-unit dari 1 Bitcoin. 1 juta bit sama dengan 1 Bitcoin (BTC). Biasanya Bit ini lebih digunakan untuk memberi harga tip, barang ataupun jasa.

Bitcoin

Kata Bitcoin dengan huruf B (capital) dapat digunakan untuk menjelaskan konsep dari Bitcoin. Sedangkn bitcoin dengan b kecil maka dapat digunakan untuk menjelaskan bitcoin sebagai satuan dari rekening.

Blok

Jika ada blok sudah pasti ada Bitcoin. Blok disini adalah rekaman dalam rantai blok yang mengandung dan mengkonfirmasi antrian transaksi. Dapat dibilang bahwa dalam setiap 10 menit ditemukan sebuah blok baru yang mengandung banyak transaksi. Dimana transaksi-transaksi tersebut bisa ditambahkan ke dalam rantai blok melalui penambangan.

BTC

Sedangkan BTC adalah sebuah unit yang umum digunakan untuk menentukan satu bitcoin (B).

Dompet

Pada dasarnya konsep dompet pada Bitcoin sama dengan dompet secra fisik. Hanya saja dalam domper Bitcoin mengandung kunci pribadi yang memungkinkan Anda untuk membelanjakan bitcoin yang ada dalam dompet tersebut. Setiap dompet Bitcoin akan menampilkan jumlah total Bitcoin yang Anda miliki. Transaksi yang Anda lakukan dengan dompet Anda ini tidak ada biaya tambahan lain seperti pada kartu kredit.

Konfirmasi

Dalam sistem Bitcoin,konfirmasi memiliki arti bahwa sebuah transaksi telah diproses oleh jaringan dan kecil kemungkinan untuk dibatalkan. Satu konfirmasi saja sebenarnya cukup aman untuk setiap transaksi yang bernilai rendah. Namun untuk transaksi yang bernilai tinggi, sebaiknya Anda menunggu hingga ada 6 konfirmasi atau lebih. Setiap konfirmasi yang diperoleh dalam transaksi akan memperkecil resiko pembatalan secara eksponensial.

Kriptografi

Perdagangan dan perbankan online sudah menggunakan kriptografi dalam sistemnya. Untuk Bitcoin, kriptografi berfungsi untuk mencegah seseorang bertindak jahat dengan membelanjakan dana dari dompet orang lain. Selain itu kriptografi juga berfungsi untuk mencegah pengguna merusak rantai blok  dan juga untuk mengenkripsi dompet sehingga pengguna dapat menggunakan dompet tanpa kata sandi.

Kunci Pribadi

kunci ini adalah bagian rahasia dari data yang membuktikan bahwa Anda memiliki hak untuk membelanjakan bitcoin dari dompet bitcoin tertentu. Tentunya kunci pribadi ini muncul melalui tanda tangan kriptografi. Kunci pribadi milik Anda akan tersimpan dalam komputer Anda jika kondisinya Anda menggunakan dompet di perangkat lunak.

Namun sebaliknya, jika Anda menggunakan dompet web maka kunci pribadi Anda tersimpan pada server jarak jauh. Untuk faktor keamanan, jangan sekalipun Anda Anda memberitahukan kunci pribadi Anda kepada siapapun. Hal ini karena dalam bitcoin, memiliki kunci pribadi akan berakibat pada ketersediaan akses untuk membelanjakan bitcoin yang ada dalam dompet tersebut.

Nah istilah-istilah dalam bitcoin yang harus Anda ketahui akan dilanjutkan pada ulasan selanjutnya.. Sampai jumpa..

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: