Peluang Usaha

Anda Senang Memelihara Hewan? Cobalah Berbisnis Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan serta Ikuti 8 Tips Suksesnya

Saat ini, bisnis jasa penitipan dan perawatan hewan semakin banyak bermunculan. Jasa penitipan dan perawatan hewan peliharaan adalah salah satu dari jenis jasa penitipan hewan yang banyak dicari. Usaha ini memiliki banyak potensi, terutama di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Medan dan Makasar. Jasa penitipan dan perawatan hewan banyak dicari saat masa lebaran, liburan atau masa bepergian dalam waktu yang lama. Karena, biasanya para pemilik hewan peliharaan tidak bisa membawa hewan kesayangan tersebut untuk berlibur bersama dalam perjalanan jauh.

Melihat kondisinya, tentu ini adalah peluang menguntungkan bagi Anda yang senang memelihara hewan dan ingin berbisnis jasa penitipan serta perawatan hewan. Pasalnya, bisnis jasa penitipan dan perawatan hewan juga terbilang cukup mendatangkan banyak keuntungan. Anda tertarik untuk mencoba bisnis penitipan dan perawatan hewan ini? Yuk, simak tips bisnisnya dalam ulasan berikut ini.

  1. Menentukan Jenis Hewan Peliharaan

Hal yang pertama, Anda harus menentukan jenis hewan peliharaan yang ingin Anda rawat untuk bisnis jasa penitipan dan perawatan hewan. Jika Anda seorang muslim, tentu merawat anjing bukanlah hewan yang tepat untuk dipelihara. Anda bisa membuka tempat penitipan dan perawatan hewan khusus seperti kelinci, kucing dan hamster. Sedangkan, bagi Anda pecinta anjing maka berfokus pada satu hewan ini bisa menjadi pilihan yang bagus juga.

  1. Memilih Tempat atau Lokasi yang Strategis

Selain menentukan jenis hewan peliharaan, memilih tempat atau lokasi yang strategis juga menjadi hal yang sangat penting. Pertimbangkan juga terkait menyewa ruko atau rumah yang akan Anda pilih sebagai tempat usaha. Pilihlah tempat yang layak dan terdapat ventilasi, agar hewan-hewan yang dititipkan kepada Anda merasa nyaman dan betah. Dari sini, pemilik hewan pun akan menyukai dan percaya untuk menitipkan hewan peliharaannya ke tempat Anda.

  1. Membuat Rencana Bisnis yang Terukur

Selanjutnya, buatlah rencana bisnis sederhana yang jelas dan terukur seperti modal, jumlah pegawai, harga makanan, jumlah kandang dalam satu ruangan dan biaya tambahan lainnya. Dengan demikian, bisnis Anda dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

  1. Menentukan Tarif Jasa

Mengenai tarif atau harga jasa yang akan Anda bebankan kepada konsumen, tentukanlah dengan baik sesuai dengan fasilitas yang bisnis Anda tawarkan. Karena setiap jenis hewan memiliki perlakuan yang berbeda-beda, mulai dari perawatan, makanan, minuman, sabun mandi dan lain-lain. Untuk itu, Anda harus menghitung semua faktor untuk bisa menentukan tarif jasa Anda.

  1. Memilih Nama Usaha yang Unik

Agar bisnis jasa penitipan dan perawatan hewan Anda dikenal banyak orang, maka buatlah nama usaha yang menarik dan memiliki unsur nama hewan. Selain itu, berikan sentuhan yang unik untuk nama usaha Anda supaya orang lain lebih mudah mengenal dan mengingat nama bisnis Anda.

  1. Melakukan Kerjasama dengan Komunitas Para Pecinta Hewan

Jika ingin bisnis jasa penitipan dan perawatan Anda sukses, bergabunglah dengan para pecinta hewan peliharaan. Dengan bergabung bersama mereka, di sini Anda bisa melakukan promosi, gathering atau talk show berbagai informasi yang menarik seputar teknik perawatan hewan dan topik-topik lainnya. Dengan demikian, wawasan Anda pun akan lebih bertambah.

  1. Bekerjasama dengan Usaha Makanan Hewan

Sebagai tempat perawatan hewan peliharaan, tentu Anda harus memberikan pelayanan makanan dan minuman yang sehat. Untuk itu, lakukan kerjasama dengan tempat usaha makanan hewan supaya Anda bisa mendapatkan makanan hewan yang sehat serta bisa mendapatkan potongan harga atau promo.

  1. Mempromosikan Melalui Media Online atau Offline

Terakhir, promosikan usaha Anda melalui media online maupun offline. Buatlah akun sosial media seperti Facebook, Instagram dan lain-lain untuk mempromosikan bisnis jasa penitipan dan perawatan hewan Anda. Selain cara online, Anda juga bisa mempromosikan bisnis melalui offline dengan cara membagi brosur, pamflet dan lain sebagainya. Pastikan menyasar pasar dengan tepat, agar promosi Anda tidak berjalan sia-sia.

Bisnis jasa penitipan dan perawatan hewan, memang tergolong menguntungkan. Maka dari itu, Anda juga harus melakukannya dengan baik dan benar. Karena, bisnis penitipan dan perawatan hewan ini merupakan tanggung jawab yang tinggi. Ingat, hewan adalah makhluk hidup yang harus dijaga dengan baik. Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam menjalankan bisnis ini.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top