Tips

Anda Seorang Mahasiswa Kelas Karyawan? Terapkan 5 Cara Agar Sukses Menempuh Kuliah Sambil Kerja

Mengingat ketatnya persaingan dalam dunia kerja untuk bisa meraih karir yang lebih baik, maka seseorang dituntut untuk memiliki level pendidikan yang lebih tinggi. Untuk bisa meraih jenjang karir yang lebih baik tersebut, biasanya latar belakang pendidikan menjadi bahan pertimbangan perusahaan. Kebutuhan jenjang karir yang terus meningkat dalam dunia pekerjaan profesional, biasanya berbanding lurus dengan besaran pendapatan. Maka, dalam hal ini mengharuskan Anda untuk kuliah dan mendapatkan ijazah diploma ataupun sarjana. Bagi Anda yang berencana menjadi karyawan dan ingin kuliah, mengikuti kelas karyawan menjadi solusi yang tepat untuk Anda jalankan. Lalu, seperti apa kelas karyawan dan bagaimana cara sukses menempuhnya? Berikut 5 cara agar sukses menempuh kuliah kelas karyawan sambil bekerja.

Hal-Hal yang Harus Diketahui dari Kelas Karyawan

Bagi seorang karyawan, kuliah memang membutuhkan perlakukan khusus terutama masalah kurilukum. Hal ini, erat kaitannya dengan masalah penyesuaian antara waktu bekerja dan waktu untuk kuliah. Oleh karena itu, banyak universitas yang menawarkan kelas karyawan dengan fleksibilitas waktu yang cukup baik. Sebab, universitas tertentu memang diperuntukkan bagi para karyawan yang ingin kuliah sambil bekerja.

Tips Sukses Agar Dapat Menempuh Kuliah Sambil Kerja dengan Baik

Agar sukses menghadapi beban ganda di dunia kerja dan perkuliahan, pertama Anda harus disiplin dan sadar betul bahwa beban yang saat ini Anda tempuh adalah proses yang lebih berat. Mengingat bahwa Anda sebagai mahasiswa kelas karyawan yang sedang menempuh beban ganda, jadi Anda mempunyai tanggung jawab lebih yaitu harus menyelesaikan tugas pekerjaan dan tugas studi perkuliahan. Untuk itu, Anda sebagai mahasiswa kelas karyawan bisa menerapkan kiat-kiatnya berikut ini:

  1. Pastikan Pihak Perusahaan Tahu Bahwa Anda Juga Sedang Mengambil Kuliah

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berkomunikasi dengan pihak perusahaan. Bahwa selain bekerja, Anda juga memiliki tanggung jawab lain yang perlu Anda penuhi yaitu perkuliahan. Dengan mengkomunikasikannya dengan baik, maka pihak perusahaan akan mendukung Anda. Bahkan, bisa jadi pihak perusahaan akan mendukung Anda dengan maksimal dalam bentuk pembiayaan dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini akan ada bentuk kompensasinya sesuai kehendak pihak perusahaan, bisa dalam bentuk penambahan kontrak dan sejenisnya.

  1. Aturlah Waktu dengan Sebaik Mungkin, Agar Jadwal Kuliah Tidak Bertabrakan dengan Jam Kerja

Selanjutnya, hal yang perlu Anda lakukan adalah mengatur waktu atau jadwal. Jangan sampai jadwal kuliah bertabrakan dengan jam kerja Anda. Untuk itu, pilihlah kampus dengan kelas karyawan yang dapat menyesuaikan jadwal kerja seperti penyelenggaraan kuliah pada malam hari. Dengan demikian, waktu Anda dapat terencana dengan baik. Dimana, pekerjaan dan kuliah berjalan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

  1. Hitung Berapa Beban Biaya Kuliah yang Harus Ditempuh

Biaya merupakan salah satu hal yang paling penting dan sangat dibutuhkan. Selain itu, perlu juga pertimbangan dan jangan sampai memangkas terlalu banyak keinginan yang akhirnya membuat kebutuhan pribadi serta kuliah menjadi terbengkalai. Jika biaya yang dimiliki tetap kurang, ada baiknya Anda coba untuk mendapatkan biaya tambahan dari beasiswa perusahaan atau dukungan finansial lainnya.

  1. Jurusan yang Linear dengan Profesi

Jika Anda memilih jurusan yang linear dengan profesi, maka tentu akan sangat baik. Karena, selain Anda menimba ilmu tetapi juga bisa menjadi dukungan bagi pengembangan karir Anda. Sehingga, perusahaan dapat melihat potensi Anda yang semakin baik. Dari sini, bisa jadi karir Anda akan semakin cepat naik.

  1. Menjaga Performa Kerja, Perkuliahan dan Kesehatan

Menjadi mahasiswa kelas karyawan, memang memiliki tanggung jawab lebih berat. Meskipun demikian, Anda tidak boleh mengurangi performa. Baik performa untuk kerja, perkuliahan ataupun kesehatan. Jadi, pikirkan matang-matang bagaimana caranya agar distribusi kegiatan dapat berjalan dengan baik dan semua pekerjaan mendapatkan porsi perhatian yang cukup. Jika Anda dapat menjaga performa kerja, kuliah dan kesehatan dengan baik. Maka besar kemungkinan Anda dapat lulus kuliah dengan nilai memuaskan, tanggung jawab pekerjaan tetap terjaga, kesehatan serta kehidupan pribadi pun tidak akan terganggu. Sehingga, Anda benar-benar siap untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi dan lebih baik lagi.

1 Comment

1 Comment

  1. kania

    August 20, 2017 at 6:11 pm

    terimakasih sudah mau berbagi ilmu sangat bermanfaat sekali terutama bagi saya

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: