Tips

Anda Seorang Mahasiswa? Pelajari 5 Skill Keren Ini Agar Anda Tidak Bisa Diremehkan Setelah Lulus Nanti!

Mahasiswa Berketerampilan Tinggi

Hampir semua mahasiswa kuliah, hanya karena ingin mengejar ijazah dan IPK diatas 3 saja. Padahal selain itu, kuliah juga dapat menjadi salah satu wadah mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya di bidang pengetahuan dan keterampilan guna menjadi orang yang siap di dunia kerja nanti. Jadi, akan rugi sekali bagi Anda yang capek-capek kuliah hanya untuk mengejar ijazah namun tidak memiliki keterampilan yang mumpuni setelah lulus nanti. Jika Anda benar-benar ingin menjadi mahasiswa yang IPK besar sekaligus berketerampilan tinggi, yuk pelajari 5 skill keren berikut ini.

  1. Event Organizing

Ikut serta di bidang event organizing akan membuat Anda jadi mampu mengelola suatu acara, baik itu acara kecil maupun besar. Hal inilah yang bisa Anda peroleh dari kegiatan kepanitiaan di kampus, Anda bisa mendaftar sebagai panitia guna memperbanyak pengalaman di bidang event organizer. Salah satu kepanitiaan yang cocok Anda pelajari adalah divisi acara, seperti mengatur rundown kegiatan dan mengatur setiap jalannya acara. Selain itu, Anda juga bisa mencoba di divisi lainnya seperti dekorasi, desain, dokumentasi, peralatan atau bahkan mencoba divisi lain seperti bendahara, sekertaris dan ketua. Ketahuilah bergabung menjadi kepanitiaan ini akan sangat berguna lho, karena di sini Anda bisa belajar disiplin dan tanggung jawab. Bahkan jika Anda mampu meningkatkan dan mempertahankan kinerja di kepantiaan tersebut, maka bukan hal yang tidak mungkin Anda akan mendapat banyak relasi. Apalagi, pengalaman di bidang event organizing juga sangat diperlukan di dunia kerja nanti.

  1. Public Speaking

Kepintaran seseorang memang patut diapresiasi, namun tahukah Anda kalau ternyata pintar saja tidak cukup? Dalam kehidupan sehari-hari baik itu di kampus maupun diluar kampus, tentu seseorang juga harus mampu menunjukkan kemampuan yang dimilikinya yaitu melalui public speaking untuk menyalurkan bagaimana kepintarannya sehingga diketahui dan diapresiasi orang lain. Apalagi, saat di kampus dosen-dosen juga sering kali memberikan tugas berupa presentasi bukan kepada mahasiswanya? Lalu ada banyak juga lho event yang membutuhkan jasa MC, di sini Anda bisa belajar untuk mengajukan diri sebagai Mcnya. Bahkan, public speaking ini sangat penting sekali untuk Anda yang ingin menjadi seorang motivator atau influencer. Jadi, public speaking sangat penting dan berguna untuk segala hal.

  1. Belajar Berdagang

Berdagang menjadi salah satu kegiatan atau aktifitas yang sangat bermanfaat untuk menunjang skill Anda, baik itu di bidang pemasaran maupun kewirausahaan. Dari belajar berdagang inilah Anda bisa belajar bagaimana memasarkan suatu produk dengan semenarik mungkin kepada orang lain, sehingga banyak orang tertarik dengan produk Anda. Tidak hanya itu, berdagang juga dapat membuat Anda menjadi percaya diri di depan orang lain. Alih-alih dikenal dan mendapat kepercayaan dari orang lain, ternyata dari berdagang ini Anda akan mendapatkan pundi-pundi rupiah. Meski nilainya tidak terbilang besar, namun usaha Anda tetap terapresiasi karena sudah mampu menghasilkan uang saku sendiri tanpa berpangku tangan kepada orang tua. Nah, skill inilah yang akan sangat dibutuhkan setiap orang setelah lulus kuliah nanti guna untuk medapat penghasilan dan bertahan hidup.

  1. Menciptakan dan Mengedit Vidio

Di era teknologi yang serba modern sekarang ini, tentu Anda tidak boleh ketinggalan. Apalagi, saat ini vidio menjadi salah satu media penyampaian informasi yang paling diminati oleh masyarakat lho. Contohnya adalah Youtube, banyak sekali masyarakat mulai dari kalangan bawah hingga atas seperti selebritis pun ikut berlomba-loma menciptakan vidio yang di upload ke media sosial seperti Youtube. Hal ini dikarenakan Youtube bisa membantu seseorang menjadi kaya raya, berkat konten yang sudah diciptakan. Nah, mumpung Anda duduk di bangku perkuliahan sebaiknya gunakan kesempatan ini untuk belajar dan memperdalam keahlian di bidang editing vidio.

  1. Desain Grafis

Sebenarnya, mahir dalam bidang desain grafis tidak terlalu wajib untuk semua kalangan mahasiswa. Namun, setidaknya Anda bisa belajar hal yang mendasar bagaimana cara mendesain. Karena dengan mahir membuat desain grafis Anda akan menjadi bisa membuat poster, brosur, gambar-gambar keren, banner dan infografik tanpa harus meminta bantuan kepada orang lain. Atau mungkin Anda bisa menawarkan jasa kepada orang lain untuk membantu mereka jika membutuhkan bantuan. Dari sini, tentu Anda bisa mendapatkan penghasilan yang bermanfaat untuk uang jajan. Caranya, Anda bisa mengikuti kepanitiaan yang bergerak di bidang desain grafik atau dokumentasi di kampus. Perbanyaklah belajar kepada senior yang memang jago di bidang ini.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda masih ingin menjadi mahasiswa yang kaku dan tidak memiliki skill apapun? Ingat, kesempatan tidak datang beberapa kali. Jadi, jangan sia-siakan waktu Anda untuk belajar di bidang apapun itu agar setelah lulus nanti bisa menjadi orang yang berdedikasi dan berkeahlian tinggi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top