Tips

Anda Seorang Pegawai yang Ingin Cepat Naik Jabatan? Yuk Terapkan 4 Tips Suksesnya!

tips sukses naik jabatan

Setiap pegawai, pasti sangat menginginkan naik jabatan atau posisi yang tinggi. Hal ini dikarenakan, naik jabatan memiliki keuntungan yaitu akan mendapatkan bayaran yang lebih besar dibandingkan posisi pekerjaan sebelumnya. Selain mendapatkan posisi tinggi dan bayaran yang lebih besar, Anda juga akan semakin disegani oleh banyak orang. Naiknya jabatan dan memiliki posisi yang tinggi sepertinya akan sangat menyenangkan, Anda pun bisa menjadi orang terpandang di kantor. Dengan demikian, Anda akan memiliki kewibawaan tersendiri serta memiliki hak untuk memberikan perintah kepada bawahan. Namun, mendapatkan promosi atau naik jabatan itu tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada cara tertentu untuk bisa naik jabatan, salah satunya dengan menunjukkan performa yang baik dalam setiap aspek pekerjaan Anda. Lalu, apa saja tips-tips suksesnya? Yuk, simak 4 tips sukses untuk cepat naik jabatan berikut ini.

  1. Datanglah Lebih Awal untuk Bekerja

Tips yang pertama, jika Anda ingin cepat naik jabatan adalah datang lebih awal untuk bekerja. Hadir di kantor lebih awal, akan memberikan dampak positif terhadap karir jabatan Anda. Tidak hanya itu, datang ke kantor lebih awal juga memberikan nilai positif terhadap pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari. Sebab, dengan datang di kantor lebih awal berarti secara otomatis Anda telah mempersiapkan segala persiapan yang harus di bawa ke kantor. Maka, hal ini juga akan memberikan rasa nyaman pada saat Anda menjalankan pekerjaan. Berbeda jika Anda sering datang terlambat, Anda bukan hanya akan mendapat teguran dari atasan tetapi pekerjaan yang Anda jalankan pun akan memberikan hasil yang tidak memuaskan. Jadi, sebagai pegawai sebaiknya Anda datang ke kantor lebih awal. Disamping Anda bisa bekerja dengan baik, datang lebih awal juga memberikan kesan yang baik terhadap atasan Anda. Dari sini, kesempatan Anda untuk naik jabatan pun akan semakin terbuka lebar.

  1. Asah Keterampilan dan Kalahkan Rekan Kerja Anda

Jika Anda ingin cepat naik jabatan, maka asahlah keterampilan yang Anda miliki untuk menjadi lebih baik. Hal ini bertujuan agar tugas yang diberikan kepada Anda dapatdikerjakan dengan baik dan total,sehingga menghasilkan pekerjaan yang terbaik untuk perusahaan. Saat bekerja Anda pun jangan mau kalah dengan sesama pegawai lain, di sini Anda perlu bertarung dan membuktikan bahwa Anda adalah pegawai terbaik di perusahaan. Namun, maksud dari kata pertarungan di sini bukanlah dalam arti bertarung saling menindas yang sesungguhnya. Tapi, pertarungan yang dimaksud adalah persaingan untuk menjadi karyawan terbaik dalam perusahaan sehingga bisa mendapatkan hati atasan. Nah, jika keterampilan yang Anda miliki sudah baik serta atasan terlihat sangat puas terhadap kinerja yang Anda berikan. Maka, bukan hal yang tidak mungkin lagi jika Anda diberikan kepercayaan untuk menduduki jabatan yang tinggi.

  1. Tunjukkan Sifat Kepemimpinan Anda

Tips agar cepat naik jabatan selanjutnya adalah menunjukkan sifat kepemimpinan. Jika ingin naik jabatan, tentu Anda harus tahu bahwa semakin tinggi posisi yang di duduki maka semakin tinggi pula tanggung jawab terhadap masa depan perusahaan yang Anda pegang. Hal ini dapat diwujudkan, apabila Anda mampu memimpin pegawai rekan kerja yang jabatannya lebih rendah dari Anda. Meskipun Anda saat ini belum memiliki posisi dan jabatan yang tinggi, bukan berarti Anda tidak perlu mempelajari bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang baik.Sebab, belajar menjadi seorang pemimpin yang baik dapat Anda praktekkan sejak menyandang status pegawai biasa. Untuk memulainya, Anda bisa mengambil peran penting dalam menyesuaikan pekerjaan yang dilakukan secara berkelompok atau tim. Di sini, beranikanlah diri Anda untuk menjadi orang yang bertanggung jawab jika tim tidak bisa memberikan hasil yang memuaskan terhadap atasan.

  1. Konsisten dalam Bekerja

Berikutnya, tips agar cepat naik jabatan adalah konsisten dalam bekerja. Seorang atasan, tentu menginginkan pegawaiyang bisa bekerja secara serius untuk diberikan kepercayaan dalam memegang jabatan tinggi di perusahannya. Untuk itu, sebagai pegawai yang baik maka cobalah untuk menunjukkan sifat konsistensi terhadap pekerjaan di perusahaan tersebut. Bekerja secara konsisten, bisa dilakukan dengan menyelesaikan tugas-tugas dan memanfaatkan waktu dengan baik dan tepat. Dengan cara ini, tentu atasan akan mempercayai Anda karena bisa bekerja dengan serius dan tidak main-main.

Demikian 4 tips untuk cepat naik jabatan yang bisa diterapkan sebagai acuan dan referensi bagi pekerjaan Anda. Mungkin, tips-tips di atas tidak bisa memberikan efeknya secara langsung. Namun, lama kelamaan kegiatan yang baik dan positif pasti akan membuahkan hasil yang baik pula. Semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top