Tips

Anda Seorang Pekerja Rumahan yang Ingin Produktif? Terapkan Saja 5 Cara Ini Agar Tetap Fokus Saat Bekerja di Rumah!

Bagi mereka yang berprofesi sebagai freelancer atau entrepreneur, bekerja di rumah sudah menjadi hal yang biasa. Tidak hanya menyenangkan, bekerja di rumah juga membuat mereka bisa lebih fleksibel dan bebas menentukan jam kerja bahkan soal pakaian yang dikenakan sehari-hari. Meski terbilang nyaman, bekerja di rumah ternyata rentan distraksi seperti timbul rasa malas atau aktivitas anggota keluarga yang berbuat gaduh. Akibatnya, rasa fokus dan produktivitas mereka menjadi turun. Nah, bagi Anda yang berprofesi sebagai freelancer atau entrepreneur yang sehari-hari bekerja di rumah. Yuk, sebaiknya simak dan terapkan 5 cara ini agar Anda tetap fokus saat bekerja di rumah tanpa harus mengganggu pekerjaan yang sedang dijalankan.

  1. Nilai Karakter Kerja Anda Sebelum Mulai Bekerja

Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja di rumah, sebaiknya pastikan bahwa sistem kerja yang fleksibel memang tepat untuk Anda. Kenali karakter kerja Anda, apakah Anda tipe pekerja yang cenderung malas atau mudah terdistraksi? Butuh pengawasan bos atau manager agar Anda bisa tetap fokus saat bekerja? Meski bekerja di rumah terbilang menyenangkan, namun faktanya banyak juga orang yang merasa kurang cocok dengan pilihan ini. Bahkan, beberapa dari mereka justru lebih bisa bekerja dengan maksimal di kantor karena adanya aturan-aturan ketat dari atasan. Hal yang pasti, untuk urusan pekerjaan Anda harus pintar-pintar memilih antara keinginan dan kebutuhan. Dengan demikian, Anda akan terpacu untuk mengerjakan pekerjaan agar lebih fokus dan produktif lagi.

  1. Pilih Satu Tempat yang Menjadi Andalan Anda

Meskipun seorang freelancer atau entrepreneur bisa bekerja dimana saja, tetap mereka harus bisa menentukan ruang kerja sendiri. Apakah ada ruangan di rumah yang lebih nyaman untuk dijadikan ruang bekerja? Itulah kelebihannya, Anda bisa berpindah-pindah tempat kerja sesuai dengan keiinginan atau mood kerja Anda. Akan tetapi, agar tugas-tugas Anda bisa tuntas dengan cepat sebaiknya tetapkan satu tempat kerja yang benar-benar cocok. Misalnya, ruangan kosong yang jauh dari kebisingan keluarga di rumah. Untuk menciptakan ruangan kerja yang nyaman lagi, dekor saja ruangan tersebut menjadi ruangan kerja yang sesuai dengan keinginan Anda. Dengan begini, fokus dan produktivitas Anda akan tetap terjaga selama menuntaskan tumpukan pekerjaan dengan cepat.

  1. Kenali Juga Ritme Kerja Anda Guna Menjaga Produktivitas

Seperti yang sudah diketahui, bahwa bekerja di rumah memang bebas menentukan dan mengatur jam kerja sendiri. Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda lebih nyaman bekerja di pagi, siang atau malam hari? Sangat penting untuk mengenal ritme kerja sendiri, karena hal ini bisa membuat Anda bekerja lebih nyaman. Nah, setelah Anda mengenal ritme kerja sendiri maka Anda bisa memanfaatkan jam produktif tersebut dengan semaksimal mungkin.

  1. Meskipun Bekerja di Rumah, Bukan Berarti Anda Harus Mengabaikan Penampilan

Memang sah-sah saja, jika Anda lebih suka bekerja di atas kasur dengan menggunakan baju tidur. Lagipula, tidak akan ada bos atau rekan kerja yang mengkritik Anda bukan? Namun, akan lebih baik jika Anda memperhatikan penampilan seperti layaknya pekerja kantoran. Mandi, mengenakan pakaian yang layak, meluangkan waktu untuk sarapan juga bisa membuat Anda lebih semangat dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Dengan berpakaian rapi, tentu suasana hati Anda akan lebih baik dan kerjaan pun akan lebih maksimal.

  1. Disiplin Mengatur Jam Istirahat

Fleksibel atau bebas mengatur jam kerja, bukan berarti Anda bisa memforsir diri sendiri lho. Selayaknya Anda bisa mengatur jam istirahat, seperti makan siang atau menikmati secangkir teh hangat. Jadi, Anda juga wajib menentukan lama waktu kerja sendiri. Saat jam kerja Anda habis, artinya Anda harus disiplin untuk menghentikan aktivitas pekerjaan tersebut. Selebihnya, nikmatilah waktu Anda di rumah dengan santai. Bukankan bekerja seharian tanpa jeda istirahat bisa membahayakan kesehatan Anda? Oleh karena itu, luangkanlah waktu Anda juga untuk beristirahat. Sesekali berjalan ke luar rumah untuk melihat dan menyirami tanaman tidak menjadi masalah bukan?

Nah, bekerja tentu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Apabila Anda sudah mantap untuk memilih bekerja di rumah, sebaiknya aturlah sistem kerja yang paling sesuai dengan karakter kerja Anda. Jangan lupa, perhatikan juga kebutuhan serta lingkungan kerja Anda agar bisa lebih fokus lagi. Selamat bekerja!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top