Keuangan

Anda Seorang yang Berusia 40 Tahun-an? Saatnya untuk Mengelola Keuangan dengan Tips Ini

keuangan-usia-40-tahun

Usia 40 tahun memang menjadi usia yang mengkhawatirkan bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut, seseorang sudah akan berhadapan dengan masa pensiun. Nah ketika sudah memasuki masa pensiun tentu ada banyak hal berbeda yang dialami. Salah satu hal berbeda yang dialami seseorang di usia 40 tahun-an adalah kondisi keuangan. Dengan sudah menurunnya produktivitas dan memasuki masa pensiun memang keadaan keuangan akan ikut menurun pula. Maka dari itu manajemen keuangan pada usia 40 tahun-an menjadi sesuatu yang mutlak diperlukan. Sebab, dengan manajemen keuangan maka Anda bisa menjalani masa di usia-40 tahun dengan lebih tenang dan nyaman tanpa merepotkan orang lain. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk melakukan pengelolaan keuangan saat berusia 40 tahun dengan sukses.

  1. Kendalikan Gaya Hidup

Pertama, tips untuk mengelola keuangan pada usia 40 tahun-an adalah dengan mengendalikan gaya hidup. Gaya hidup berlebih memang akan selalu menjadi masalah bagi semua orang, terlebih untuk orang yang sudah masuk usia 40 tahun-an. Mengapa demikian? Sebab, pada usia-usia tersebut seiring dengan menurunnya pendapatan membuat Anda harus menurunkan gaya hidup. Jika Anda masih saja menjalani gaya hidup yang berlebih di usia 40 tahun-an maka hal ini bisa membuat Anda akan terjebak dalam kesulitan finansial. Sebab saat gaya hidup tetap berlebih sedangkan pendapatan sudah menurun, tentu membuat keseimbangan kas keuangan akan timpang.

  1. Tak Perlu Berlebihan Renovasi Rumah

Hunian memang harus selalu nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali. Nah untuk bisa selalu nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali maka rumah harus direnovasi bila ada yang dirasa perlu diperbaiki atau perlu ditambahkan. Untuk melakukan renovasi atau perbaikan rumah sendiri tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Dari sini maka Anda yang sudah berusia 40 tahun ke atas perlu mempertimbangkan dengan masak-masak bila ingin melakukan renovasi. Mungkin untuk keadaan yang sangat penting seperti bagian rumah yang rusak, renovasi perlu diusahakan. Tapi bila hanya untuk mempercantik rumah dengan menambahkan bagian-bagian tertentu, lebih baik Anda bisa menahan diri tidak melakukannya. Sebab, keadaan keuangan yang tidak lagi sebaik sebelum usia 40 tahun-an membuat Anda harus berpikir ulang untuk melakukan renovasi berlebih pada rumah.

  1. Buat Tabungan Pensiun

Untuk membuat masa tua lebih nyaman dengan keadaan finansial yang baik maka Anda perlu memiliki dana cadangan atau tabungan. Bagi seorang pensiunan pegawai negeri atau badan negara mungkin Anda tak perlu cemas dengan tabungan pensiun ini. Sebab ketika pensiun Anda akan mendapatkan tabungan pensiun dari pemerintah atau negara. Tapi bila Anda adalah orang yang bekerja di sektor swasta tentu Anda harus benar-benar menyiapkan dana pensiun. Sebab, di sektor swasta Anda tidak akan mendapatkan tabungan pensiun seperti pada pekerjaan di sektor negeri.

  1. Membiarkan Dana Darurat Dalam Keadaan Tetap

Bila Anda selama ini telah mengumpulkan dana darurat untuk masa tua, maka saat berusia 40 tahun-an Anda harus tetap menjaganya. Jangan sampai menggunakan dana masa tua ini untuk keperluan yang lain. Ini karena dana darurat akan sangat berguna bagi Anda untuk menjalani kehidupan di masa tua yang serba tak pasti dan tak menentu. Tapi bila Anda tidak mempersiapkan dana darurat seiring dengan usia 40-an akan membuat kelabakan di masa tua nanti.

  1. Cobalah Hal Baru yang Punya Peluang Besar

Usia yang tak lagi muda bukan berarti Anda lantas bermalas-malasan. Alih-alih bermalas-malasan, Anda harus bekerja lebih kreatif. Saat ini dengan maraknya dunia online tentu bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda mendapatkan peluang besar memperoleh uang. Dengan hanya selalu standby di depan laptop, tentu Anda tak bisa menjalankan peluang kreatif dibidang online ini tanpa harus bersusah payah dan menguras tenaga.

  1. Jaga Kondisi Kesehatan

Terakhir, tips mengelola keuangan untuk Anda seorang yang berusia 40 tahun adalah dengan selalu menjaga kondisi kesehatan. Mahalnya harga kesehatan tentu membuat Anda memang harus serius dengan hal ini. Apalagi kondisi Anda di usia 40 tahun tentu tak akan lagi seprima ketika masih muda. Maka dari itu Anda di usia 40 tahun ini mau tak mau harus concern dengan kesehatan supaya kondisi keuangan Anda tetap baik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top