Lainnya

Anda Sering Gagal Fokus Saat Bekerja? Pahami Penyebab dan Segera Atasi Masalahnya!

Hati-hati jika Anda sering gagal fokus saat bekerja, ini bisa berujung pada bencana. Alhasil, kerjaan tidak kelar-kelar dan bos pun jadi marah besar. Hal ini dikarenakan, ada beberapa penyebab yang membuat Anda jadi gagal fokus saat bekerja. Bahkan, memecah konsentrasi hingga menjadi buyar. Jika hal itu berkelanjutan, maka sebaiknya segera cari penyebab dan atasi masalahnya. Lalu, apa saja penyebab yang bisa bikin Anda gagal fokus saat bekerja? Berikut ini 5 penyebab yang mungkin sedang menghantui Anda.

  1. Meja Kerja yang Berantakan

Penyebab pertama yang bisa membuat Anda sering gagal fokus saat bekerja adalah meja yang berantakan. Meja berantakan mungkin tampak sepele, namun justru hal yang dianggap sepele ini sangat berpengaruh terhadap fokus konsetrasi Anda. Misalnya kertas pos it bekas yang dibiarkan berserakan dan masih menempel di monitor, tulisan yang ada di pos it tersebut bisa membuyarkan konsentrasi antara pekerjaan yang sedang dilakukan dengan yang sudah lampau. Oleh karena itu, bersihkanlah barang-barang yang sudah tidak terpakai. Selain itu, rapikan barang-barang yang masih diperlukan dengan posisi ternyaman dan enak untuk dipandang. Bila perlu sediakan tempat khusus untuk pulpen, tipe-x dan pensil agar tidak mudah tercecer kemana-mana. Dari sini, jika Anda sedang membutuhkan barang tersebut akan sangat mudah untuk diambil.

  1. Media Sosial

Selanjutnya, penyebab yang bisa membuat Anda jadi gagal fokus saat bekerja adalah media sosial. Memang, kantor yang ngeblok situs media sosial pasti di elu-elukan. Namun, harusnya fasilitas tersebut digunakan dengan secara bertanggung jawab. Maksudnya, jika sedang waktunya bekerja ya kerjalah dengan serius. Jangan malah memanfaatkan waktu tersebut untuk berperang komentar di dunia maya. Apalagi fungsi media sosial seharusnya menjadi ajang untuk rekreasi, bukan malah menambah amarah dan emosi. Jika sudah begini, konsentrasi kerja Anda jadi terbagi-bagi bukan? Menggunakan media sosial boleh saja, asalkan buka pada jam tertentu. Seperti membuka media sosial pada jam awal kerja, makan siang atau bahkan saat pulang. Hal ini tentu penting dilakukan agar fokus konsentrasi Anda tetap terjaga dengan baik selama bekerja.

  1. Suara Berisik yang Konstan

Tidak hanya akan membuat Anda gagal fokus, suara berisik yang konstan juga ternyata bisa membuat Anda kesel dan jengkel lho. Kemungkinan besar ini akan dialami oleh para pekerja yang kantornya berdekatan dengan area proyek pembangunan atau renovasi bangunan. Selain dari proyek, suara berisik dari obrolan teman sekantor yang sedang bergosip pada saat jam kerja juga bisa mengganggu konsentrasi Anda. Hal ini mungkin tidak bisa ditoleransi, namun sebaiknya Anda mengalah saja agar tidak timbul adanya gesekan. Sebagai solusinya, kembalilah bekerja dengan memakai headset noise cancelling yang mampu mementalkan suara dari luar tanpa harus meninggikan volume musiknya.

  1. Notifikasi yang Muncul di Ponsel

Selain gangguan dari media sosial, hal yang serupa juga bisa terjadi dari notifikasi ponsel. Mungkin bagi sebagian orang ponsel adalah segalanya, bahkan keberadaannya pun tidak bisa dipisahkan dari beberapa profesi tertentu seperti sales atau account executive. Namun tahukah Anda, suara cetang ceting yang keluar dari notifikasi ponsel tersebut justru bisa membuat Anda jadi gagal fokus saat bekerja. Apalagi, jika notifikasi itu berasal dari percakapan grup yang isinya hoax dan tidak terlalu penting. Sebagai solusinya, buatlah ponsel dalam keadaan mode getar saja atau bahkan tidak bersuara. Apabila ponsel tidak terlalu diperlukan pada saat jam kerja, maka simpan saja di tempat yang jauh dari jangkauan mata dan telinga Anda seperti di tas atau pun loker.

  1. Istirahat yang Terlalu Lama

Beristirahat memang perlu, namun jangan sampai kelamaan. Apalagi sebats dulu bareng teman dengan secangkir kopi walaupun hanya sebentar, bisa-bisa setengah jam lebih istirahatnya. Jangan sampai Anda terlena saat jam istirahat, sebisa mungkin Anda tahu waktu untuk bisa mengendalikan diri agar tidak berlama-lama sehingga Anda tidak kehilangan fokus bekerja.

Gagal fokus saat bekerja memang nampak sepele, namun hal ini justru bisa sangat berbahaya bagi karir selanjutnya. Anda tidak akan pernah tahu bukan apa yang disebabkan oleh kegagalan fokus tersebut? Maka dari itu, cegahlah dari sekarang dan jangan sampai terjadi pada diri Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top