Keuangan

Anda Sudah Susah-Susah Berhemat Ternyata Sikecil Punya Hobi Jajan, Yuk Lakukan Ini!

Siapa sih yang mau memiliki sifat boros? Boros merupakan karakter yang paling dibenci dalam hal financial. Pasalnya dengan membiasakan diri menjadi boros maka keuangan anda juga ikut tak stabil dan akhirnya akan merugikan anda sendiri. namun apa jadinya jika sifat suka boros ini ada pada buah hati anda? hobinya yang suka sekali jajan bisa saja berujung pada pembentukan karakter boros dalam dirinya di masa depan. Untuk itu penting bagi anda untuk merubah kebiasaan ini sedini mungkin dengan cara-cara sebagai berikut :

Selalu Siapkan Bekal Menarik

Untuk mengurangi kebiasaan jajan sikecil bisa anda tempuh dengan cara memberinya bekal. Buatlah bekal yang menarik dan unik sehingga anak tertarik untuk lebih suka memakan bekalnya ketimbang jajan dikantin. Anda bisa mendesain makanannya dengan bentuk tokoh kartun kesukaan atau bentuk binatang. Saat ini banyak sekali tutorial cara membuat bekal yang lucu di laman berbagai video seperti youtube. Untuk membentuk makanan menjadi bentu yang menggemaskan juga tidak sulit sehingga bisa anda ikuti saat menyiapkan bekal makan siang buah hati.

Siapkan Jatah Uang Jajan

Selanjutnya anda bisa memberikannya jatah uang saku yang memang cukup untuk membeli bekal makan siang jika anda tak bisa menyiapkan bekal untuknya. Jangan biasakan memberikannya uang saku diluar untuk kebutuhan sekolahnya. Saat ia sudah di rumah anda bisa menyiapkan snack kesukaannya sehingga ia tidak sembarangan jajan di luar rumah.

Ajarkan Pentingnya Menabung

Selanjutnya ajarkan pentingnya menabung agar ia paham pentingnya uang yang diberikan padanya. Ketika ia menginginkan sesuatu anda bisa membiasakan sikecil untuk menabung demi memperoleh barang yang diinginkannya. Jangan mudah terpengaruh dengan rengekkannya. Sikecil biasa merengek saat keinginannya tidak dikabulkan. Ada kalanya anda menolak untuk memenuhi permintaan sikecil agar ia tidak menjadi anak yang manja.

Biasakan Sarapan Pagi

Sesibuk apapun anda jangan lupa untuk membiasakan diri sikecil untuk sarapan pagi setiap hari. sarapan pagi membawa banyak manfaat bagi tubuh kita. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah meningkatkan pola makan yang baik untuk sianak, menyegarkan otak, mencegah maag, menjaga konsentrasi sikecil dan meningkatkan energy.

Perhatikan Apa Yang Disukainya

Untuk membuatnya tak hobi jajan anda juga perlu memperhatikan apa yang disukainya. Untuk menarik minatnya anda bisa mengimplementasikan kesukaannya pada permainan tertentu sehingga ia tak disibukkan untuk jajan saja. Saat ia bermain pastikan ia dalam keadaan kenyang sebelumnya sehingga tak tergoda untuk jajan di luar. Anda juga bisa membuatkan daftar jajanan yang boleh dibeli dan tidak serta mengatur jadwal baginya. Anda bisa memberikannya uang jajan khusus yang bisa digunakannya pada akhir minggu untuk mengurangi kekecewaanya tidak bisa jajan

Dampingi Saat Menonton TV

Anak anda bisa memiliki hobi suka jajan mungkin terpengaruh juga dengan lingkuran dan apa yang ditontonnya. Saat ia sedang nonton TV maka jangan segan untuk mendampinginya. Anda bisa menjelaskan dampak baik dan buruk dari makanan yang diiklankan di TV sehingga ia paham apakah produk yang ditawarkan baik untuk dirinya atau tidak.

Masak Bareng Sikecil

Terakhir, sesekali ajak sikecil untuk membuat makanan ringan bersama anda. selain melatih ketrampilan hal ini juga mampu menarik minat anak untuk jajan diluar rumah. Anda juga jadi bisa lebih berhemat uang jajan dan keuangan rumah tangga juga ikutan aman. Kapan nih mau rubah kebiasaan buah hati kesayangan anda?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top