Tips

Angpao Lebaran Tak Melulu Uang Kok, Anda Juga Bisa Bagikan Benda – Benda Ini!

Tradisi bagi-bagi angpao sudah mendarah daging di masyarakat ketika lebaran tiba. Jangan heran jika belum masuk ramadhan saja banyak ditemukan lapak penukaran uang di pinggir jalan. Setiap tahunnya beberapa triliun uang baru disiapkan pemerintah untuk memenuhi permintaan atas penukaran uang pecahan demi kebutuhan lebaran. Sayangnya pecahan uang baru ini lumayan sulit kecuali anda membelinya ke pedagang penukaran uang. Jika ingin menukar uang tanpa biaya biasanya pihak bank akan membuka transaksi penukaran uang baru pada tanggal tertentu saja. Sebenarnya selain uang anda juga bisa memberikan benda – benda ini sebagai ganti angpao lebaran:

Baju Baru Dong

Angpao lebaran juga bisa dalam bentuk pakaian baru yang nantinya dikenakan saat lebaran tiba. Bagi anda yang sudah berkeluarga biasanya akan mengenakan busana muslim berseragam dengan pasangan.  Selain bisa dipakai sewaktu – waktu baju baru bisa mencerminkan kekompakan sebuah keluarga serta bisa menambah penampilan anda semakin eyecatching. Selain pakaian anda juga bisa memberikan keponakan anda bahan pakaian yang bisa mereka desain sendiri menjadi sebuah pakaian yang dikehendakinya.

ATK

Nah, kebetulan tahun ajaran baru ternyata bersamaan dengan lebaran. Alangkah lebih bermanfaatnya jika anda memberikan alat tulis atau ATK untuk kebutuhan pendidikan mereka. Anda bisa memberikan sepaket alat sekolah mulai drai buku tulis, pensil, tas hingga sepatu. Selain lebih berguna ternyata angpao lebaran model ini juga terasa lebih special karena selalu dikenakan keponakan.

Parcel

Pengganti angpao lebaran selanjutnya ialah parcel lebaran. Parcel lebaran ini bisa bermacam – macam isinya tergantung selera anda. Anda bisa mengisinya dengan kue lebaran, snack, sembako bahkan alat dapur untuk ibu dari keponakan anda. Dengan memberikan parcel lebaran tak hanya  membahagiakan keponakan saja namun juga kedua orang tuanya. Parcel lebaran juga sering dijadikan pilihan perusahaan dalam menpererat hubungan anatar konsumen maupun relasi.

Alat Sholat

Untuk keponakan yang kebetulan beragama Islam bisa juga nih diberikan alat sholat dan Al Quran. Alat sholat maupun Al-Quran ini bisa jadi motivasi keponakan untuk lebih giat beribadah. Anda bisa memberikan alat sholat berupa sajadah, mukena hingga sarung. Pasti mereka senang dan hari raya lebaran terasa berbeda dengan alat sholat baru.

Tips Dalam Bagi – Bagi Angpao

Sah – sah saja jika anda ingin membagikan angpao kepada keponakan – keponakan di kampung halaman namun ingat jangan sampai anda bangkrut setelahnya. Pasalnya ketika lebaran tiba, masyarakat Indonesia cenderung lebih konsumtif lalu setelah pasca lebaran banyak pula yang menderita kantong kering. Ingat dalam bagi – bagi angpao selalu perhatikan poin berikut ini :

Buat Daftar Penerima Angpao

Sebelum lebaran tiba paling tidak anda sudah memiliki list siapa saja yang akan mendapat angpao dari anda. dengan membuat list maka akan membantu menyeseuaiakn budget yang dimiliki. Anda bisa memperkirakan berapa anak yang akan diberi angpao jika sudah membuat list ini.

Cek Budget Yang Dimiliki

Setelah itu coba cek berapa budget yang anda miliki untuk dijadikan angpao lebaran. Jangan memaksakan diri harus memberi dalam jumlah besar jika memang dari segi kondisi keuangan sedang tak baik. Toh, memberi angpao bukanlah kewajiban hanya sebuah budaya yang berkembang di masyarakat.

Harus Ikhlas dan Adil

Terakhir, anda haruslah ikhlas dalam memberi jangan setengah hati.  Berikan angpao yang adil bukan sama dengan jumlah nominal. Sesuaikan dengan kebutuhan si anak karena adil tak selalu berarti sama kuantitas.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top