Lainnya

Apa yang Menjadi Motivasi Kamu dalam Berbisnis? Sudah Tepatkah?

motivasi-dalam-bisnis

Dalam menjalankan bisnis, kita memang perlu memiliki motivasi. Dengan adanya motivasi maka kita akan dapat terpacu untuk menjadikan bisnis lebih maju. Motivasi dalam berbisnis sendiri ada beragam macamnya. Ada yang ingin mencari pendapatan lebih, ada yang ingin mencari popularitas dan gengsi, ada juga yang ingin mendapatkan keleluasaan hidup dan waktu serta beberapa motivasi lainnya. Tentu beberapa motivasi ini adalah baik sepanjang tidak menimbulkan hal negatif. Tapi supaya bisnis lebih bernilai dan berkah, maka seharusnya Anda harus menjalankan motivasi yang lebih besar dan bermakna serta berdampak luas.

Jalankan Meski Bisnis Masih Berupa Rintisan

Untuk mendasarkan diri pada motivasi yang lebih besar dan bermakna, Anda tidak perlu mengunggu bisnis Anda besar. Sebab beberapa bisnis besar dan berdampak luas saat ini dimulai dengan motivasi yang bernilai pada awalnya. Jadi meski bisnis Anda masih kecil dan berupa rintisan maka teruslah motivasi diri Anda untuk hal-hal yang lebih besar dan bermakna. Dengan motivasi yang lebih besar dan bermakna, maka Anda akan lebih terpacu untuk memajukan atau mengembangkan bisnis.

Jangan Hanya Sekedar Mencari Profit

Dalam bisnis, mencari profit atau keuntungan sudah menjadi hal umum dan lumrah. Mendasarkan diri untuk mencari uang sebagai motivasi memang tidak ada salahnya. Tapi Anda yang ingin bisnis Anda lebih bermakna dan bernilai, maka motivasikan diri Anda pada hal-hal yang lebih bernilai dan bermakna dibanding uang. Jadi sambil mencari profit, motivasi saja diri Anda untuk bisa menjadikan bisnis Anda untuk hal-hal yang lebih bermakna. Walau hal tersebut belum tercapai, namun motivasi ini harus tetap Anda jaga agar Anda lebih bisa terus terpacu untuk membesarkan bisnis Anda.

Cobalah Untuk Memotivasi untuk Hal yang Lebih Berguna

Untuk Anda yang ingin memiliki bisnis yang lebih bernilai, maka memotivasi diri pada hal yang lebih bermakna adalah hal yang harus dilakukan. Jadi jangan hanya berfokus pada uang atau gengsi saja. Tapi pastikan Anda memiliki motivasi yang lebih besar dari itu. beberapa motivasi yang lebih bermakna untuk Anda munculkan pada bisnis Anda antara lain :

  1. Membuka Lapangan Kerja Lebih Luas

Motivasi bermakna pertama yang bisa Anda dasarkan saat menjalankan bisnis adalah membuka lapangan kerja lebih luas. Nah kondisi negara dimana jumlah pengangguran masih banyak, menjadi faktor yang seharusnya Anda ambil kesempatan untuk memotivasi diri. Bila Anda dapat membuka lapangan kerja lebih luas dari bisnis yang dijalankan, maka Anda akan merasakan hal yang lebih berarti. Dengan membuka lapangan kerja untuk orang lain yang lebih luas maka Anda memang akan bisa membantu masyarakat untuk pemenuhan kehidupannya sehari-hari. Dari sini maka bisnis Anda pun akan jauh lebih bermakna dan bernilai.

  1. Menjadikan Produk Lokal Tembus Pasar Dunia

Contoh lain motivasi yang bisa Anda jadikan dasar untuk menjalankan bisnis adalah memperkenalkan produk lokal ke dunia. Untuk Anda yang memproduksi dan menjual produk lokal Indonesia, maka motivasi ini bisa Anda jadikan pegangan. Produk dalam negeri yang bisa menembus pasar mancanegara memang akan memunculkan rasa kebanggaan. Saat produk lokal Anda dikenal dunia maka negeri ini akan mencatat Anda sebagai orang yang mengharumkan nama bangsa. Produk lokal yang menembus pasar mancanegara sendiri memang sudah ada, tapi belum banyak. Nah dari sinilah kesempatan Anda untuk mewujudkan berbuat sesuatu untuk kebanggan bangsa dengan motivasi yang bernilai tersebut.

  1. Membantu Perekonomian Negara

Terakhir, motivasi bernilai dan bermakna yang bisa Anda jadikan dasar untuk menjalankan bisnis adalah membantu perekonomian negara. Tentu akan sangat membanggakan bila bisnis Anda mampu berkontribusi bagi perekonomian bangsa. Saat bisnis Anda sangat diperhitungkan dalam perekonomian bangsa maka Anda telah mampu berbuat sesuatu yang lebih bermakna dan bernilai.

Inilah beberapa motivasi yang akan mampu membuat bisnis Anda lebih bernilai dan bermakna. Jadi Anda yang sedang atau akan menjalankan bisnis maka jagan lupa untuk mendasarkan pada beberapa motivasi yang lebih besar dan berdampak luas. Dengan bisnis yang lebih bernilai dan bermakna, maka Anda akan lebih puas dalam pencapaian usaha yang telah diraih.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top