Keuangan

Asuransi dan Investasi Yang Harusnya Dimiliki Pasangan Muda

Anda pasangan yang baru menikah? Tentu kehidupan pasca pernikahan merupakan perjalanan baru bagi anda berdua. Biarpun baru menikah anda juga harus tanggap terhadap keuangan keluarga. Anda harus saling terbuka dahulu agar mengetahui beban dan pendapatan yang dihasilkan dalam satu bulan.  Tak ada salahnya melakukan investasi sedini mungkin untuk menambah asset anda sehingga di masa depan keuangan bisa stabil walaupun   tiba-tiba anda di PHK. Asuransi juga dibutuhkan untuk memberikan perlindungan akan resiko kehilangan maupun kerugian secara material di masa depan.

Asuransi Yang Cocok Untuk Pasangan Muda

Asuransi ialah bentuk pengendalian resiko  yang dilakukan dengan mentransfer risiko dari satu pihak dengan pihak lain yang tidak lain ialah perusahaan asuransi.  Asuransi bisa menjamin kebutuhan mendadak dan mendesak di awal pernikahan anda. Beberapa jenis asuransi yang sebaiknya dimiliki oleh pasangan muda diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Asuransi Kesehatan

Asuransi pertama ialah asuransi kesehatan yakni memberikan perlindungan terhadap kesehatan anda seperti biaya pengobatan baik rawat jalan atau rawat inap hingga operasi. Saat ini terdapat dua jenis asuransi kesehatan yang beredar di masyarakat. Asuransi kesehatan pemerintah atau BPJS kesehatan memiliki iuran lebih murah dibandingkan asuransi kesehatan swasta. BPJS kesehatan menawarkan premi kisaran Rp.25.000 hingga Rp.53.500 per orangnya.  Sayangnya rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan masih kalah banyak dengan asuransi kesehatan milik swasta.

  • Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan juga diperlukan untuk menjamin pendidikan buah hati di masa depan. Asuransi pendidikan memberikan keamanan bagi pendidikan buah hati mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

  • Asuransi Rumah dan Kendaraan

Tak hanya tubuh saja yang perlu diasuransikan namun juga asset tetap yang anda miliki. Apabila anda memiliki kendaraan atau rumah sebaiknya asuransikan untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan di masa depan. Asuransi rumah bisa membantu membiayai renovasi rumah anda akibat bencana alam, kebakaran dan lainnya.  Asuransi kendaraan bisa membantu memberikan perlindungan atas kerusakan spart part atau bodi mobil akibat kecelakaan.

Investasi Menjanjikan Bagi Pasangan Muda

Tak hanya asuransi namun pasangan muda juga membutuhkan investasi. Investasi merupakan cara mengembangbiakan harta seseorang. Terdapat beberapa investasi menjanjikan yang bisa anda coba dan memiliki resiko rugi yang kecil.

  1. Deposito

Deposito menjadi salah satu investasi jangka pendek yang patut anda coba.  Deposito sendiri memiliki beberapa jangka seperti deposito jangka 3,6,12 bahkan 24 bulan. Deposito menawarkan bunga yang lebih tinggi ketimbang bunga tabungan. Sayangnya dana deposito tidak bisa anda  ambil sebelum masa jatuh tempo berakhir.

  1. Reksadana

Investasi selanjutnya ialah reksadana yakni penghimpunan dana dari masyarakat untuk didistribusikan ke elemen investasi lainnya yang menguntungkan. Reksadana ditawarkan oleh bank kepada nasabahnya.  Modal reksadana juga sangat terjangkau karena Cuma bermodal Rp.100.000 saja anda bisa menggunakan reksadana saham.

  1. Perhiasan

Selanjutnya anda bisa berinvestasi pada perhiasan. Anda bisa membeli perhiasan berupa emas maupun berlian yang memiliki harga stabil. Alhasil jika anda membutuhkan dana darurat dan mendesak maka perhiasan ini bisa anda perjual belikan.

Tips Investasi Untuk Pasangan Muda

Sebelum berinvestasi anda perlu mengetahui dahulu kondisi keuangan sendiri. Ketahui dahulu berapa dana yang bisa anda investasikan setelah melakukan perhitungan untuk biaya bulanan. Investasi tak harus langsung dengan dana yang besar anda bisa memulai dengan nilai kecil namun resiko minim. Kalau perlu lakukan diservikasi investasi dan evaluasi untuk mengetahui investasi mana yang paling menguntungkan.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top