Bisnis Online

Asyik Kini Generasi Milenial Bisa Ikutan Beli Surat Utang negara

Surat utang negara merupakan salah satu cara pemerintah dalam menghimpun dana. Jadi surat utang negara itu biasa dipakai pemerintah untuk membiayai deficit APBN atau menutup kekurangan kas jangka pendek.  Jenis surat utang negara atau SUN sendiri terbagi atas tiga jenis yakni surat pembendarahaan negara (SPN), obligasi negara dan obligasi ritel Indonesia (ORI). SPN umumnya memiliki jangka waktu maksimal 12 bulan. Obligasi negara memiliki jangka waktu lebih dari 12 bulan dan obligasi ritel diperdagangkan secara ritel.

Keuntungan Berinvestasi  Pada Surat Utang Negara

Surat utang negara ini bukanlah investasi yang bisa anda pandang sebelah mata saja. Ada beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa anda dapatkan dari investasi SUN ini. Keuntungan tersebut bisa anda simak sebagai berikut :

  • Imbal Hasil Yang Tinggi

SUN ternyata memberikan imbal hasil yang tinggi bahkan rata-rata pertumbuhannya lebih tinggi ketimbang deposito di bank. Rata-rata pertumbuhan SUN sejak ORI diterbitkan 2008 silam ialah sebesar 12 %.

  • Tak Butuh Modal Besar

Selain memiliki imbal hasil yang tinggi SUN juga tak memerlukan modal yang besar. Kini dengan hanya bermodal satu juta rupiah saja anda sudah bisa mendapatkan surat utang negara ini.

  • Ikut Serta Membangun Negeri

Melalui SUN secara tidak langsung anda juga turut serta dalam membangun negeri. Pasalnya dana yang dihimpun ini akan disetorkan keberbagai bidang mulai untuk pembangunan infrastruktur hingga pendidikan.

  • Aman dan Terjamin

Jika anda berinvestasi pada surat utang negara maka jangan khawatir akan keamanan dan jaminan dana yang sudah disetorkan. SUN sendiri didukung oleh otoritas jasa keuangan sehingga dana yang dipinjam tentu akan memberikan hasil pengembalian hasil pula.

Cara Membeli SUN Online

Beberapa waktu lalu kementrian keuangan menerbitkan surat utang negara ritel seri SBR003. Seri ini berbeda dengan SUN seri lainnya karena dijual belikan secara online untuk menargetkan pangsa pasar yang lebih luas.  Bagi anda yang sudah kepo bagaimana cara membeli SUN via online ini bisa menyimak langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Kenali Dulu Mitra Distribusinya

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah mengenali mitra distribusi penerbitan SBR003 ini. Ada sekitar Sembilan bank umum yang ditunjuk oleh pemerintah yakni bank mandiri, BCA,BNI, BRI hingga Permata. Penerbitan SRB003 juga didistribusikan oleh perusahaan efek seperti bareksa, Trimegah Securities dan Star Mercato Capitale.

  1. Buat Akunnya Dahulu

Selanjutnya buat akun dulu di website perusahaan efek yang ditunjuk misalnya untuk bareksa anda bisa berkunjung ke sbn.bareksa.com dimana anda bisa membeli surat utang negara minimal seharga Rp.1.000.000 dan maksimal 3 miliar rupiah. Lakukan pembelian sesuai dana yang sudah anda sediakan untuk surat utang negara ini.

  1. Cetak Kode Billingnya

Selanjutnya setelah melakukan pembelian di website yang ditunjuk maka akan terbit kode billing. Kode billing inilah yang anda bawa ke bank untuk dibayarkan. Selain melalui transfer bank melalui kliring anda juga bisa mentranfer via ATM dengan memasukkan kode billing yang sudah diterima sebelumnya. apabila menggunakan ATM atau internet banking maka arahkan menu ATM menuju pembayaran kemudian merujuk penerimaan negara atau surat berharga negara atau PNBP. Jika sudah menemukan menu tersebut masukkan kode billingnya dan lanjutkan dengan mengisi nominal hingga lakukan pembayaran. Mudah bukan pembelian surat utang negara dengan jalur online ini? Ayo kapan nih anda punya rencana untuk membeli surat utang negara yang ditawarkan pemerintah? Siapa tahu untung besar !

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top