Keuangan

Atur Keuangan untuk Keperluan Lebaranmu Sekarang Agar Tidak Jebol

pengaturan-uang-lebaran

Lebaran atau hari raya Idul Fitri setiap tahunnya memang selalu menjadi momen besar yang ada di negeri ini. Penduduk yang mayoritas beragama Islam di Indonesia menjadi faktor yang membuat peristiwa Idul Fitri atau lebaran ini begitu meriah. Kemeriahan momen idul fitri sendiri terlihat pada antusiasnya masyarakatnya yang tak ragu untuk membelanjakan uangnya untuk memenuhi segala keperluan dan kebutuhan lebaran. Sayangnya dalam memenuhi kebutuhan lebaran tersebut, tidak semua orang bisa mengatur keuangannya dengan baik. Hasilnya keuangan lebaran yang dimilikinya jebol dan tak sehat. Keperluan setelah lebaran mau tak mau memang juga perlu dipikirkan. Karena itulah keungan untuk pengeluaran lebaran juga harus diatur sedemikian rupa agar keadaan finansial Anda tetap sehat setelah lebaran. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan pada kebutuhan lebaran yang akan datang menjelang.

  1. Prioritaskan Kebutuhan yang Penting

Pertama, pengaturan keuangan yang bisa Anda lakukan untuk kebutuhan lebaran adalah dengan memprioritaskan kebutuhan yang penting. Tak jarang memang banyak orang yang mendapati keuangan yang tidak sehat karena mereka tidak bisa memilah-milah kebutuhan. Tentu dalam daftar kebutuhan dan keinginan ada beberapa barang keperluan lebaran yang perlu atau penting untuk Anda segerakan dibeli dan ada yang tidak penting dan tidak perlu disegerakan. Nah dari sinilah Anda bisa melakukan pemilihan. Pilih atau dahulukan pembelian barang keperluan lebaran yang penting terlebih dahulu. Dan barang-barang yang tidak penting maka Anda harus sisihkan dulu. Dengan memprioritaskan pembelian pada barang-barang penting untuk keperluan lebaran terlebih dahulu maka Anda akan lebih bisa membuat finansial Anda lebih sehat dan tanpa masalah.

  1. Jangan Tergiur dengan Tawaran Promo

Saat menjelang lebaran memang banyak pihak yang menawarkan berbagai barang dengan harga promo dan diskon. Nah dari sinilah Anda harus bisa menahan diri dengan tawaran-tawaran yang datang. Jangan langsung tergiur dengan tawaran barang-barang tersebut. Ini karena jika Anda mengikuti nafsu Anda membeli barang-barang tersebut maka Anda bisa khilaf dan akan membuat keuangan Anda jebol. Tapi jika memang barang dengan harga promo tersebut memang benar-benar sedang Anda butuhkan maka Anda bisa membelinya. Ingat jika benar-benar dibutuhkan ya, bukan diinginkan. Namun bila barang tersebut bukanlah barang kebutuhan, lebih baik Anda menahan diri untuk tidak membelinya demi tercapainya keadaan finansial yang selalu sehat.

  1. Jangan Berhutang

Rasa besar akan terpenuhinya keinginan membeli barang-barang pada hari raya Idul Fitri membuat tidak sedikit orang yang kemudian berhutang. Tentu tindakan ini bukanlah keputusan yang baik. Sebab berhutang akan membuat Anda sengsara dikemudian hari. Apalagi bila Anda berhutang ke bank atau rentenir, maka Anda kesengsaraan Anda akan semakin berlipat-lipat di kemudian hari karena adanya bunga yang juga harus dibayar. Jadi sebesar apapun keinginan Anda untuk membeli keperluan lebaran, usahakan jangan sampai berhutang bila memang tidak punya uang cukup. Lebih baik tahan saja dulu keinginan Anda dan tidak dulu membelinya. Baru setelah memiliki uang meski setelah lebaran pun tidak mengapa untuk membelinya daripada sengsara harus memikirkan pelunasan hutang. Dengan tidak berhutang maka Anda juga akan terhindar dari keuangan yang tak stabil dan tak sehat.

  1. Cari Peluang Berhemat

Terakhir, cara mengatur keuangan untuk keperluan lebaran agar finansial tidak jebol adalah dengan mencari peluang berhemat. Peluang untuk berhemat memang akan selalu ada bila Anda memang mau mencarinya. Tapi bila Anda tidak berusaha menemukan maka peluang berhemat tidak akan pernah Anda dapatkan. Beberapa contoh cara berhemat yang bisa Anda lakukan dalam rangka pemenuhan keperluan lebaran adalah dengan membeli produk diskon. Untuk membeli baju lebaran, Anda juga bisa membeli produk di toko yang menggelar promo atau membeli di tempat grosir. Contoh lain mengatur keuangan masa lebaran yakni dengan menghemat pengeluaran untuk tiket mudik dengan membelinya jauh-jauh hari sebelum lebaran. Dengan beberapa cara tadi maka Anda akan bisa membuat finansial Anda akan lebih sehat pada masa lebaran yang penuh dengan aneka kebutuhan.

Demikian beberapa cara pengaturan keuangan yang bisa Anda lakukan untuk keperluan lebaran yang sebentar lagi tiba. Saat keperluan besar datang, Anda memang harus melakukan pengaturan keuangan. Dengan pengaturan keuangan yang baik maka kondisi finansial Anda akan selalu berada dalam keadaan aman dan sehat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top