Tips

Aturan Bandara Ini Wajib Anda Ketahui Jika Sering Melakukan Perjalanan Dinas

Beberapa dari anda mungkin sering melakukan perjalanan bisnis. Salah satu  moda transportasi yang dipilih untuk melakukan perjalanan bisnis kebanyakan ialah pesawat terbang apalagi jika jaraknya lumayan jauh. Dengan menggunakan pesawat terbang waktu perjalanan anda bisa dihemat dalam hitungan jam bahkan untuk ke suatu negara. Bandara menjadi lokasi pertama yang disinggahi saat turun dari pesawat. Beberapa bandara menetapkan aturan yang perlu dipatuhi penumpang jika hendak naik pesawat maupun memasuki suatu kota ataupun negara. Tentunya aturan ini patut anda ketahui jika sering bepergian.

Dilarang Bawa Powerbank Dengan Kapasitas Tertentu

Aturan untuk tidak membawa powerbank diatas 100 wh mulai diterapkan tahun ini di bandara Soekarno Hatta.  Aturan ini juga diterapkan untuk bandara di seluruh Indonesia baik penerbangan domestic maupun internasional. Latar belakang adanya aturan ini ialah kejadian powerbank yang meledak di China beberapa waktu lalu. Untuk mengetahui kapasitas powerbank anda bisa melihat dikemasannya atau jika menggunakan mAh anda bisa menghitungkan sendiri. misalnya saja diketahui powerbank anda memiliki kapasitas 8000 mAh maka untuk mengetahui daya wh bisa dilakukan perhitungan sebagai berikut :

8000 mAh / 1000 = 8 x 5 = 40 wh, jumlah ini masih dianggap diiznkan untuk dibawa naik pesawat.

Dilarang Membawa Laptop di Amerika Serikat

Bandara Amerika Serikat dikenal sangat padat untuk menghemat waktu pemeriksaan maka ada aturan baru yang diterapkan. Apalagi dengan banyaknya ancaman terror bom maka bandara Amerika Serikatpun mulai membatasi perangkat elektronik masuk ke negaranya. Tak hanya laptop namun juga tablet dan kamera.  Ada pula game elektronik dalam kapasitas besar, travel printer hingga e-reader juga tidak diperkenankan masuk bandara Amerika Serikat.

Hindari Memakai Sandal

Beberapa bandara internasional ternyata memberlakukan pemeriksaan yang cukup lama bagi penumpang yang menggunakan sandal. Seperti bandara China yang akan melakukan pemeriksaan cukup lama bagi turis yang mengenakan sandal. Untuk itu hindari alas kaki jenis ini dan gunakanlah sepatu. Apalagi bagi anda yang budget traveler untuk mengurangi beban bagasi bisa menggunakan outfit yang memakan banyak tempat dan berat seperti sepatu maupun jeans.

Cairan Tidak Boleh Melebihi 100 ml

Kebanyakan dari anda pasti mengetahui tentang aturan satu ini. Saat bepergian menggunakan pesawat memang ada larangan untuk tidak membawa cairan melebihi 100 ml. jika anda membawa banyak cairan namun kurang dari 100 ml maka jika dijumlahkan keseluruhan cairan yang anda bawa tidak boleh melebihi 1 liter. Bahkan jika isi botol cairan tidak sampai 100 ml namun kemasannya lebih dari 100 ml maka sebaiknya jangan dibawa. Bisa saja barang anda akan disita dan dilarang untuk dibawa naik ke pesawat. Aturan ini tidak hanya berlaku untuk penerbangan domestic saja namun juga penerbangan internasional.

Tidak Membawa Benda Mengandung Gas

Aturan bandara selanjutnya ialah tidak diperkenakan membawa benda yang mengandung gas. Benda yang mengandung gas bisa saja meledak dan tentunya membahayakan penumpang pesawat saat diperjalanan. Selain itu anda juga dilarang membawa benda tajam maupun benda tumpul yang bisa mengakibatkan cedera.

Untuk barang bawaan pastikan anda juga menguncinya sebagai alasan keamanan. Beri tanda pada bagasi anda seperti pita maupun name tag untuk menghindari tertukar dengan bagasi milik penumpang lainnya. alangkah baiknya jika anda menghindari bagasi warna hitam karena warna ini sudah sangat umum digunakan oleh penumpang.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top