Tips

Bagaimana Cara Memilih Jasa Konsultan Bisnis Terpercaya

Bagaimana Cara Memilih Jasa Konsultan Bisnis Terpercaya – Istilah konsultan memang sudah sering kita dengar, akan tetapi ternyata masih banyak masyarakat yang belum paham maksud istilah tersebut. Konsultan merupakan sebutan bagi seorang professional yang memiliki keahlian tertentu  dalam bidang manajemen, manajemen bisnis, manajemen keuangan, akutansi, pemasaran, SDM, pajak, dan masih banyak lainnya.

Lalu, apa tugas seorang konsultas? Dalam dunia kerja atau bisnis, tugas konsultan adalah memberikan nasihat, bimbingan, atau arahan secara professional kepada pelaku usaha, bisnis, perusahaan, atau yang lainnya. Seperti yang kita tahu jika dalam membuka bisnis seseorang dituntut harus jeli terhadap segala sesuatunya. Apalagi dengan banyaknya perusahaan, organisasi dan juga bisnis yang terus bermunculan, sehingga mendorong perusahaan organisasi maupun pelaku usaha membutuhkan jasa konsultan. Hal inilah yang kemudian membuat jasa konsultan pun semakin bermuculan.

Meskipun terkesan mudah, namun anda perlu berhati-hati dalam memilih jasa konsultan. Terutama bagi anda yang bergerak dalam bidang bisnis, sebab tidak semua konsultan bisa memberikan masukan yang sesuai. Maka dari itu sebelum memilih konsultan bisnis yang tepat, ada baiknya anda mengikuti beberapa tips berikut:

sistem-akuntansi

  1. Informasi Penyedia Jasa

Jumlah jasa penyedia konsultan di Negara kita memang sangat banyak. Anda pun dituntut harus berhati-hati dalam memilih konsultan bisnis. Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah bertanya kepada rekan yang sudah pernah menggunakan jasa konsultan. Atau bisa juga dengan memilih perusahaan konsultan yang jelas resutasinya.

  1. Pilihlah Konsultan Yang Ahli, Kompeten, Dan Berpengalaman

Cara kedua yang harus anda perhatikan adalah, pilihlan konsultan bisnis yang telah ahli, berkompeten, professional, dan berpengalaman dalam bidang bisnis. Meskipun konsultan yang anda pilih telah berpengalaman, namun jika tidak ahli dalam bidangnya, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi kegagalan. Berbeda jika konsultan tersebut sesuai dengan bidangnya dan memiliki pengalaman yang banyak, maka segala sesuatu yang anda butuhkan kemingkinan akan dapat diatasi.

  1. Cek Referensi Dan Portofolio

Anda juga bisa meminta company profile dan portofolio penyedia jasa konsultan untuk menambah beberapa referensi dari beberapa klien sebelumnya. Cari tahu apa saja yang sudah konsultan lakukan, apakah sesuai dengan keinginan anda, dan tanyakan apakah klien sebelumnya puas dengan hasil kerjanya. Jika referensi mendukung, maka anda bisa memilihnya sebagai konsultan bisnis anda. Jika tidak anda bisa memilih konsultan lainnya.

  1. Berbicaralah Dengan Calon Konsultan

Setelah memiliki beberapa pilihan calon konsultan, anda bisa berbicara dengan calon konsultan tersebut. Tujuannya adalah, supaya anda bisa menentukan konsultan mana yang sesuai dengan keinginan anda.

  1. Pastikan Dengan Siapa Anda Akan Bekerja

Beberapa penyedia konsultasi bisnis memiliki tim konsultan dengan berbagai orang yang berbeda-beda. Nah, maka dari itu sangat penting untuk mengetahui siapa yang akhirnya akan bekerja sama dengan anda. Jangan sampai, anda belum mengenal konsultan yang akan bekerja sama, sehingga bisa jadi menimbulkan ketidakcocokan di kemudian hari.

  1. Pilih konsultan yang memiliki legalitas jelas

Memilih konsultan yang memiliki legalitas juga menjadi hal yang sangat penting. Seorang konsultan yang bernauang di perusahaan yang memiliki legalitas lengkap akan memberikan jaminan terhadap anda. Jika dikemudian hari konsultan tersebut tidak bekerja sesuai keinginan anda, maka anda bisa meminta pertanggung jawaban kepada perusahaan.

  1. Aftersales Servis/Purna Jual

Konsultan bisnis yang betanggung jawab biasanya juga akan memberikan layanan purna jual sebagai bentuk rasa tanggung jawabnya. Purna jual bisa diberikan dalam bentuk monitoring berkala maupun audit. Maka dari itu, ada baiknya jika anda memilih konsultan yang memberikan pelayanan tersebut.

  1. Harga Dan Pelayanan

Ada harga ada pelayanan. Konsultan boleh saja menawarkan harga yang mahal, namun harus sesuai dengan hasil yang anda dapatkan. Jika anda menginginkan konsultan yang memang sudah kompeten, dan terbukti hasil kerjanya maka jangan kaget dengan harga yang akan ditawarkan. Jangan hanya berpatokan pada harga yang murah, namun memiliki kerja yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Meskipun demikian, anda yang memiliki bisnis menengah kebawah, sah-sah saja memilih konsultan dengan tarif yang rendah, namun tetap harus diperhatikan pengalaman kerja dan tanggung jawabnya.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: