Keuangan

Bagaimana Menghemat Biaya Aqiqah Buah Hati?

Bagi keluarga yang beragama Islam ketika mendapatkan keturunan biasanya akan menggelar acara aqiqah. Aqiqah sendiri merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena telah diberikan anugerah anak pada keluarga anda. Hukum aqiqah sendiri Sunnah muakad dan untuk anak laki-laki berkorban dua ekor kambing. Untuk anak perempuan satu ekor kambing dengan waktu yang bisa anda tentukan kapan mampunya untuk melakukan aqiqah. Menggelar acara aqiqah memang tidak murah apalagi dengan harga kebutuhan pokok yang terus menerus naik. Untuk itu ada baiknya jika anda menyimak beberapa tips berikut ini jika ingin berhemat biaya aqiqah buah hati

Rencanakan Sedari Awal

Langkah pertama untuk berhemat ialah perencanaan yang matang. Rencanakan sedari awal budget aqiqah putra atau putri tercinta. Rencanakan acaranya akan dibuat seperti apa dan perhitungkan kebutuhan apa yang perlu dibeli. Acara aqiqah diisi dengan pengajian yang mana mengundang beberapa orang untuk datang ke rumah. Jamuan yang diperlukan untuk disuguhkan ke para tamu undangan juga perlu diperhitungkan.

Sisihkan Uang Sedikit Demi Sedikit

Jika anda tak bisa menggelar acara aqiqah pasca kelahiran karena belum adanya biaya maka sisihkan pendapatan sedikit demi sedikit untuk kegiatan ini. Jangan membeli kambing disaat harga mulai tinggi seperti ketika menjelang idul adha maupun idul Fitri. Pilihlah hari dimana tak ada even khusus sehingga harga kambing tak terlalu menguras kantong anda semakin dalam.

Pilih Hari Baik

Pilihlah hari yang baik untuk menggelar aqiqah. Misalnya saja anda memilih hari Sabtu dan Minggu yang mana para karyawan libur. Anda juga bisa menggelar aqiqah dua pekan setelah anak anda lahir. Kondisi tubuh juga sudah kuat dan sehat pasca melahirkan. Anda pun bisa beramah tamah dengan para tamu undangan aqiqah.

Kalau Gak Mau Repot Masak Pesen Aja

Kini banyak juga catering yang menawarkan untuk acara keluarga seperti aqiqah.  Terlebih untuk menghemat biaya tersedia pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan tamu undangan yang diundang dan budget yang dimiliki. Selain lebih efisien cara ini juga dinilai lebih praktis dan murah bagi anda yang punya budget terbatas.

Batasi Tamu Undangan

Memang benar jika aqiqah patut dirayakan namun mempertimbangkan budget dalam perayaannya bukanlah hal yang salah. Salah satu cara untuk menghemat biaya aqiqah ialah dengan membatasi tamu undangan dalam acara tersebut. Cobalah untuk mengundang tamu hanya terdiri dari tetangga dekat dan saudara terdekat saja bagi anda yang memang tak punya cukup dana. Dengan membatasi tamu undangan anda juga mengurangi jumlah makanan yang perlu disediakan dalam acara.

Gelar Secara Sederhana

Untuk merayakan aqiqah tak wajib dibuat acara pesta besar-besaran bahkan secara sederhana pun namun sarat dengan pesan hikmah akan jauh lebih baik. Walau dirayakan secara sederhana anda juga patut melakukan perencanaan sedari awal. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki lalu pilih hari baik untuk merayakannya.

Selain aqiqah buah hati juga perlu banyak persiapan dana untuk kehidupannya di masa depan. Anda jangan hanya berfokus pada aqiqah saja persiapkan diri anda untuk menabung biaya pendidikan dikecilkan kelak. Tak hanya itu kebutuhan sandang papannya juga perlu diperhatikan apalagi jika anda memiliki lebih dari satu putra dan putri. Untuk merayakan aqiqah juga bisa dilakukan saat ia dewasa jika ketika sang buah hati masih kecil anda belum memiliki banyak dana. Bagaimana menurut anda apakah siap merayakan aqiqah saat ini?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top