StartUp dan UKM

Bagaimana Menjadi Influencer Marketing Yang Sukses

Influencer marketing adalah istilah asing yang mungkin baru dikenal oleh sebagian orang. Secara garis besar Influencer marketing dapat diartikan sebagai cara mempromosikan atau memasarkan sebuah produk menggunakan influencer di sebuah platform media sosial. Seiring perkembangan digital pada saat ini banyak orang yang menggunakan metode influencer marketing ini.

Penggunaan influencer marketing sebagai media untuk beriklan di media sosial sangat diminati banyak orang. Influencer marketing banyak digunakan oleh sebagian masyarakat karena memberikan sudut pandang yang berbeda. Sebab pada dasarnya influencer marketing ini bukan hanya dapat memasarkan produk akan tetapi juga dapat mendorong konsumen untuk membeli produk yang disediakan. Nah, di bawah ini terdapat ulasan cara untuk menjadi influencer marketing sukses yang dapat anda terapkan:

Menggali Ilmu Marketing Dengan Bergabung Di Komunitas

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin menjadi seorang influencer marketing sukses adalah selalu menggali ilmu tentang dunia marketing. Salah satunya adalah bergabung dengan grub komunitas. Untuk mendapatkan keberhasilan tidak bisa diperoleh dengan cara yang instan. Seorang influencer marketing harus selalu menggali berbagai metode dan trik agar kegiatan memasarkan produk dapat berjalan dengan lancar. Untuk itu, carilah banyak teman dari grub komunitas marketing yang ada di Indonesia. Mintalah bergabung di sebuah komunitas marketing dan carilah informasi tambahan setiap harinya agar wawasan anda mengenai dunia marketing menjadi luas.

Menggunakan Hastag Untuk Mendukung Kegiatan Pemasaran Produk

Hal kedua yang dapat anda lakukan agar anda menjadi influencer marketing  yang sukses adalah memanfaatkan hastag untuk mendukung kegiatan pemasaran produk yang anda tawarkan. Manfaatkan hastag yang sedang trending dan paling populer. Maka secara tidak langsung, postingan anda akan mudah ditemukan orang banyak. Dengan begitu anda juga akan mendapatkan banyak like dari orang yang tertarik dengan postingan anda. Anda juga akan mudah mendapatkan followers baru jika postingan yang anda unggah menarik.

Mempunyai Ide Kreatif Yang Mengalir

Nah, cara yang ketiga ini juga wajib anda lakukan. Menjadi influencer marketing jika bukan seorang yang terkenal memang sangat sulit untuk mengembangkannya. Untuk itu setidaknya setiap hari anda memikirkan ide yang menarik. Jadilah content creative yang menyuguhkan banyak karya-karya yang dapat diminati oleh masyarakat luas.  Dengan begitu, anda tidak akan kalah bersaing dengan influencer yang sudah terkenal.

Jangan Pernah Membeli Follower

Cara keempat yang dapat anda terapkan untuk menjadi influencer yang sukses adalah jangan pernah mencoba untuk membeli followers meskipun banyak pihak-pihak tertentu yang mungkin menawari anda untuk membeli followers. Sebab, tindakan seperti ini akan merugikan anda sendiri. Biasanya pemilik brand-brand juga sangat mengetahui mana followers yang tidak original dan original. Hal ini dapat diketahui dari like dan comment disetiap postingan seorang influencer marketing. So, jangan pernah coba-coba untuk membeli! Lebih baik anda menggunakan cara yang lebih kreatif untuk mengembangkan bisnis anda dan meningkatkan followers!

Memposting Foto Dan Video Yang Menarik

Setelah anda membuat ide-ide kreatif, anda dapat mengembangkannya dengan cara memposting foto dan vidio yang menarik. Foto dan video yang akan diupload harus memiliki kualitas yang tinggi agar menarik untuk dilihat banyak kalangan masyarakat. Untuk mendapatkan foto yang menarik, carilah moment yang pas untuk mengambil foto. Foto yang terlihat artistik, biasanya diambil dengan menentukan angel yang bagus. Perhatikan pula tema pakaian yang anda gunakan dengan backround agar terlihat sesuai.

Untuk video, anda harus pintar-pintar dalam mengeditnya. Durasi video yang ada di instagram dan di youtube sangat berbeda. untuk itu, anda harus lebih memperhatikan ketepatan mengedit vidio yang berdurasi pendek namun menarik untuk ditonton.

Nah, itulah lima cara menjadi influencer marketing yang sukses. Anda dapat menerapkan kelima cara tersebut secara bersamaan agar bisnis anda dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. Untuk menjadi sukses, anda perlu kerja keras yang lebih dan jangan pernah menyerah

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top