Tips

Bagi Anda yang Bekerja di Depan Layar Monitor, Lakukan 7 Cara Mudah untuk Mengatasi Mata Lelah!

Selain mulut, salah satu indera yang mempunyai fungsi penting dan vital adalah mata. Jika mata digunakan terlalu lama, maka akan mudah lelah dan capek. Terlebih, jika Anda bekerja sehari-hari di depan layar monitor pasti mata seringkali merasakan yang namanya lelah bukan? Aktivitas lainnya seperti main game, membaca buku, menonton tv, menggunakan handphone yang digunakan secara berlebihan tentu mempunyai efek negatif dan bisa merusak mata. Beberapa gejala yang bisa ditimbulkan karena ketegangan dan kelelahan otot di sekitar mata yaitu mata berair, kemerahan, mata kering, penglihatan kabur, iritasi, hingga sering sakit kepala. Apabila Anda sudah mengalami gejala ini berulang kali, maka akan mempengaruhi kemampuan penglihatan Anda. Sebelum hal ini terjadi, Anda harus senantiasa menjaga mata dengan sebaik mungkin. Nah, bagi Anda yang bekerja di depan layar monitor setiap hari. Yuk, sebaiknya lakukan 7 cara mudah untuk mengatasi mata lelah berikut ini.

  1. Tentukan Jarak Pandangan Antara Mata dengan Komputer

Jika menatap layar terlalu dekat, maka akan berpengaruh besar terhadap kesehatan mata. Tidak hanya mata, area punggung dan leher pun bisa ikut terganggu. Jadi, berikan jarak antara tempat duduk dengan layar monitor serta buatlah posisi senyaman mungkin agar Anda tidak harus bekerja ekstra karena menjulurkan leher pada bagian monitor. Selain itu, atur kembali tingkat kecerahan layar monitor dengan sedikit meredupkannya agar mata Anda tidak cepat lelah.

  1. Istirahatkan Mata Sejenak dengan Mengalihkan Fokus Perhatian Kepada Beberapa Obyek Lain Disekitar Anda

Menatap layar monitor terlalu lama, tentu menyebabkan mata menjadi tegang bukan? Maka coba lakukan istirahat kecil seperti berjalan-jalan kecil, melihat bunga atau pohon selama 20 detik supaya mata Anda tidak terlalu tegang akibat lama menatap layar. Pasalnya, obyek berwarna hijau dipercaya bisa membuat mata Anda segar kembali lho. Jika meletakkan tanaman hias di meja kerja, maka hal ini bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah mata lelah.

  1. Lakukan Teknik Palming untuk Mengistirahatkan Mata Sejenak

Untuk mengistirahatkan mata Anda sejenak agar tidak lelah, maka sering-sering lakukan teknik palming. Caranya, gosokkan kedua telapak tangan Anda hingga timbul suhu panas lalu segera letakkan untuk menutupi kelopak mata. Karena cara ini tergolong ampuh mengatasi mata lelah, maka Anda bisa melakukan cara ini berulang kali hingga mata merasa baikan.

  1. Berkediplah Berulang Kali atau Memejamkan Mata Selama Beberapa Menit

Berkedip merupakan salah satu cara sederhana untuk membuat mata kembali segar. Selain itu, berkedip juga bisa meregangkan otot mata yang tegang. Lagipula, terlalu lama menatap komputer bisa membuat mata jadi kering dan lelah lho. Dengan mengedipkan mata Anda berulang kali, maka secara tidak langsung Anda juga membasahi mata secara teratur.

  1. Cuci Mata dengan Air Dingin atau Air Hangat

Membilas wajah menggunakan air dingin atau hangat beberapa kali dalam sehari, tenyata ampuh untuk menyegarkan mata yang lelah. Selain menyegarkan, tentu saja cara ini juga bisa membersihkan mata Anda agar terbebas dari kotoran atau debu. Percaya tidak percaya, cari ini mampu membuat mata Anda lebih rileks dan mengurangi ketegangan lho.

  1. Gerak-Gerakkan Bola Mata Anda untuk Membantu Merilekskan Ototnya

Tidak hanya badan yang membutuhkan olahraga, tapi mata juga sama membutuhkannya. Lakukan sedikit peregangan pada mata Anda dengan cara menggerak-gerakkannya ke bawah, atas, samping, hingga memutar. Cara ini sangat bagus dilakukan, baik sebelum mulai bekerja maupun sesudahnya. Dari sini, otot-otot mata Anda tidak akan kaku dan tetap rileks.

  1. Gunakan Kacamata Anti Silau

Menggunakan kacamata anti silau, juga menjadi alternatif yang baik untuk mengatasi tingkat kecerahan yang berlebihan pada layar monitor. Lalu, apa beda kacamata anti silau dengan kacamata gelap? Tentu saja beda, karena kacamata yang satu ini merupakan kacamata terapi untuk mata yang lelah. Anda bisa mendapatkan kacamata anti silau refleksi ini di apotik terdekat kok. Nah dengan menggunakan kacamata ini, mata Anda senantiasa akan terjaga dari paparan cahaya yang berlebihan.

Itulah 7 cara mudah untuk mengatasi mata lelah, khusus bagi Anda yang sering berhadapan dengan layar monitor. Sayangilah mata Anda, karena mata merupakan aset yang sangat penting dan tidak bisa dibeli dimanapun. Jadi, jaga kesehatan mata Anda yah. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top