Lainnya

Baru Mulai Buka Usaha dan Takut Risikonya? Antisipasi dengan 5 Cara Ini!

risiko-memulai-bisnis

Saat ingin berbisnis seharusnya seseorang sudah paham dan siap dengan risiko yang ada. Sebab dalam dunia wirausaha, risiko adalah hal yang tidak bisa terpisahkan. Ibarat sebuah paket produk, maka bisnis dan risiko ini adalah satu kesatuan. Bahkan risiko usaha ini akan semakin besar saat seseorang pertama kali menjalankan atau merintis bisnis. Maka dari itu banyak pebisnis yang baru memulai usaha, sangat ketakutan akan risiko. Ketakutan dan kecemasan ini memang wajar, tapi sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengantisipasi dan memperkecil risiko yang ada. Berikut beberapa cara tersebut.

  1. Jalankan Bisnis Sesuai Hobi atau Keahlian

Pertama, cara untuk mengantisipasi dan meminimalisir risiko saat memulai atau merintis usaha adalah dengan menjalankan bisnis sesuai hobi atau keahlian. Berbisnis sesuai kegemaran atau keahlian yang dimiliki memang disarankan oleh banyak pakar. Tidak hanya untuk menumbuhkan antusiasme Anda dalam menjalankan bisnis, tapi bisnis yang dijalankan dengan dasar hobi atau keahlian akan bisa meminimalisir risiko. Mengapa demikian? Sebab dengan hobi dan keahlian yang Anda miliki maka Anda akan bisa mengatasi segala tantangan dan permasalahan yang bisa memunculkan risiko. Berbeda dengan bisnis yang dijalankan tanpa berdasarkan hobi atau keahlian maka mereka akan kesulitan untuk meminimalisir risiko karena setiap ada masalah maka mereka sulit mengatasinya.

  1. Pilih Usaha yang Sesuai Modal

Berikutnya, cara untuk mengantisipasi dan meminimalisir risiko saat memulai bisnis adalah dengan memilih usaha yang sesuai modal. Risiko memang akan berbanding lurus dengan modalnya. Semakin besar modal atau bisnis maka akan semakin besar pula risiko yang harus Anda tanggung. Maka dari itu agar Anda tak terganggu dengan risiko usaha maka jalankan saja usaha yang sesuai modal. Jangan memaksakan diri untuk membuka usaha dengan modal yang harus Anda dapatkan dari cara meminjam. Sebab, bila Anda menjalankan bisnis ini Anda harus bersiap dengan besarnya risiko yang ada.

  1. Punya Pemasukan dari Sumber Lain

Bila Anda sebelum menjalankan usaha ini adalah seorang pekerja, maka cobalah untuk tidak terburu resign untuk menjalankan usaha. Mengapa demikian? Bukankah fokus berbisnis itu lebih baik? Jawaban ini memang ada benarnya. Tapi bagi Anda yang baru saja memulai usaha dengan kondisi modal dan keuangan yang pas-pasan, maka Anda perlu banyak berpikir ketika berbisnis. Sebab dengan adanya risiko yang ada pada bisnis, Anda harus bersiap bila kemudian risiko ini datang menghampiri. Maka bila Anda ingin risiko ini bisa diminimalisir, pastikan Anda punya pemasukan dari sumber lain. Tidak hanya dari pekerjaan utama Anda , sumber pemasukan ini bisa juga berasal dari pekerjaan sampingan atau usaha lainnya. Dengan adanya sumber pemasukan lain maka Anda akan lebih tenang bila pun kemudian risiko datang.

  1. Buat Rencana Bisnis yang Matang

Seorang pebisnis memang sudah seharusnya memiliki plan untuk menjalankan usahanya. Plan atau rencana bisnis ini sendiri dibuat bukan hanya untuk meraih sukses, tapi di awal-awal usaha, rencana bisnis sangatlah penting untuk mengantisipasi risiko usaha. Dengan adanya rencana bisnis ini maka Anda akan terarahkan dengan benar saat akan melangkah. Dari sini maka Anda akan bisa terhindar dari kesalahan yang dapat memunculkan risiko. Memang tidak semua rencana bisnis ini bisa 100 persen mampu menghindarkan Anda dari risiko bisnis. Tapi setidaknya dengan rencana bisnis yang matang, Anda bisa meminimalisir risiko.

  1. Kerja Keras dan Cerdas

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi dan meminimalisir risiko saat memulai usaha adalah dengan bekerja keras dan cerdas. Tak jarang munculnya risiko ini memang dikarenakan seorang pebisnis yang tidak bekerja keras untuk memajukan usahanya. Dalam bisnis pilihan memang ada dua, sukses atau tenggelam (bangkrut). Maka dari itu untuk bisa meminimalisir risiko Anda harus tekun bekerja keras dan cerdas membangun usaha guna mencapai kesuskesan. Ketika Anda berusaha dengan keras menjalankan usaha menuju kesuskesan maka secara otomatis Anda akan mampu menaklukkan segala risiko yang ada.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan pengusaha untuk mengantisipasi risiko saat merinstis bisnis. Tapi sekali lagi Anda sebagai pengusaha seharusnya sudah paham akan risiko yang akan selalu ada dalam dunia entrepreneur. Meskipun pada akhirnya Anda harus menanggung risiko, pastikan Anda tidak pantang menyerah dan bangkit kembali untuk memajukan usaha.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top