Lainnya

Beda Zaman, Inilah 10 Pekerjaan yang Semakin Diminati Gen Z

pekerjaan-gen-z

Generasi Z atau populer disebut Gen Z memang golongan yang berbeda dengan orang kebanyakan. Golongan yang lahir hingga akhir tahun 2000 ini memiliki sifat dan karakter yang ingin lebih luwes dan bebas dalam bekerja. Kehidupan ruang dan waktu di zaman yang modern menjadi penyebab Gen Z berbeda dengan kelompok kerja lain. Seperti kita tahu bahwa tahun 2000 yang ditandai dengan melesatnya perkembangan teknologi membuat pandangan dan pemikiran pada Gen Z ini nampak lebih kekinian. Dari adanya perubahan pendangan dan pemikiran yang dipengaruhi oleh teknologi inilah membuat mereka lebih memilih profresi dan bidang pekerjaan baru sesuai karakternya. Nah berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang semakin diminati oleh Gen Z menurut data yang ada.

  1. Pengembang Seluler

Pertama, pekerjaan yang semakin dimintai Gen Z adalah pengembang seluler (mobile developer). Seorang pengembang seluler sendiri memiliki pekerjaan menciptakan software atau perangkat lunak yang dirancang untuk kegunaan aplikasi serta layanan seluler. Gaji seorang pengembang seluler ini adalah sekitar 96,631 dollar AS.

  1. Data Scientist

Dengan memanfaatkan algoritma, Gen Z juga sangat meminati pekerjaan sebagai data scientist. Seorang data scinetist yang juga sering disebut ilmuwan ini akan bekerja dengan memanfaatkan algoritma untuk menganalisis data yang relevan serta mengidentifikasi tren yang sedang ada. Seorang data scientist ini sendiri biasanya memiliki gaji sekitar 96,115 dollar AS.

  1. Manajer Produk

Begitu tingginya tingkat persaingan bisnis membuat perusahaan membutuhkan seorang yang handal untuk mengembangkan produk. Nah dari sinilah kemudian muncul profesi manajer produk yang bekerja mengembangkan produk sebuah bisnis atau perusahaan. Gen Z yang bekerja pada profesi ini akan mendapat bayaran sekitar 95,266 dollar AS.

  1. Ahli DevOps

Dengan gaji sekitar 87.400 dollar AS, Gen Z juga memiliki ketertarikan pada profesi ahli DevOps. Tugas dari ahli DevOps ini sendiri adalah pekerja IT dan juga pengembang perangkat lunak. Selain itu mereka juga akan bekerja melakukan pengkodean dan pengujian produk.

  1. Desainer User Interface

Sesuai dengan namanya, maka seorang desainer user interface atau perancang UI / UX akan bertugas membuat antarmuka (interface) pengguna atau sistem pengalaman pengguna pada proyek tertentu. Mereka Gen Z yang bekerja sebagai desainer user interface ini biasanya digaji dengan bayaran sekitar 80,296 dollar AS.

  1. Analis Keuangan

Tingginya transaksi keuangan dibeberapa perusahaan membuat muncul kebutuhan lain selain seorang akuntan. Kebutuhan lain ini adalah orang yang mampu membantu dalam menganalisis sistem keuangan perusahaan dan memutuskan investasi perusahaan. Orang dengan tugas tersebut adalah analis keuangan yang juga sangat diminati Gen Z.  Mereka yang bekerja sebagai analis keuangan ini akan mendapatkan bayaran sekitar 69,560 dollar AS.

  1. Administrator Sistem

Dengan tanggung jawab atas sistem teknologi internal perusahaan, seorang administrator sistem atau SysAdmin menjadi profesi yang juga sangat diminati Gen Z. Sistem teknologi internal perusahaan yang biasanya dikerjakan oleh seorang SysAdmin ini adalah server dan sistem komputer. Bagi Gen Z yang menjalankan profesi ini umumnya akan mendapat gaji sebesar 67,464 Dollar AS.

  1. Manager Operasi

Sistem produksi di sebuah perusahaan memang membutuhkan pengawasan yang ketat. Dari sinilah kemudian muncul profesi manager operasi yang juga sangat diminati Gen Z. Gaji yang didapatkan oleh seorang manager operasi ini sendiri adalah sekitar 64,853 dollar.

  1. Manajer Akun

Pentingnya hubungan klien dengan pelanggan membuat perusahaan kemudian membutuhkan orang yang disebut dengan manajer akun (account manager). Dengan keterampilan yang dibutuhkan seorang manajer akun ini maka Gen Z merasa cocok karena sesuai dengan karakternya. Gaji seorang manajer akun ini umumnya adalah sekitar 59,229 Dollar AS.

  1. Staf Penjualan

Terakhir, pekerjaan dan profesi yang semakin diminati Gen Z adalah staf penjualan. Tugas dan pekerjaan seorang staf penjualan ini adalah mendapatkan dan mempertahankan customer agar mereka mau membeli produk dari perusahaan. Mereka Gen Z yang menjalankan profesi ini akan memperoleh bayaran sekitar 53,891 dollar AS.

Itulah beberapa pekerjaan yang semakin diminati oleh Gen Z saat ini. Dari sini Anda seorang Gen Z yang masih binggung mencari pekerjaan, bisa menjadikan ke-10 pekerjaan ini sebagai referensinya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top