Bisnis Online

Begini Aturan Email Marketing Yang Benar

Di jaman serba canggih seperti saat ini banyak perusahaan mulai memasarkan produknya melalui jalur online. Salah satunya ialah memakai email marketing dengan memanfaatkan media email. Email ini dikirimkan kepada pelanggan yang belum pernah membeli produk anda. Dalam email marketing terdapat penawaran singkat terkait produk yang anda tawarkan ataupun email news letter.  Terdapat 3 jenis email marketing yakni direct email yang biasa dikirimkan ke list email pelanggan berisi promosi produk. Yang kedua ialah retention email yakni email promosi yang dikirimkan ke email pelanggan lama agar selalu setia terhadap produk anda. Terakhir, beriklan melalui email orang lainyang dinilai cukup efektif.

Dalam membuat email marketing anda tak boleh asal lo!. Bisa – bisa email marketing yang anda kirimkan dinilai sebagai spam. Pendekatan spam ini mampu membuat pelanggan anda menghapus alamat email anda dari daftar list email mereka.

Tentukan Audience

Sebelum membuat email marketing langkah pertama yang perlu anda lakukan ialah menentukan audience. Segmentasikan daftar email anda sebab alasan utama seseorang akan membuka email dari anda jika relevan dengan apa yang mereka butuhkan.  Tandailah emai audience anda mana saja yang merupakan potensial pembeli dan mana yang bukan.

Desain, Subyek dan Isi

Jika anda sudah menentukan audience maka kini waktunya merancang desain email marketing.  Desain email menjadi salah satu daya tarik tersendiri seseorang mau mengunjungi website anda. Walaupun desain penting namun jangan sampai anda melupakan isi email marketing yang anda buat. Gunakan perbandingan 50 : 50 untuk tulisan dan gambar dalam email.  Selain itu jangan lupa untuk mengisi subyek agar email anda mudah ditemukan oleh pelanggan.

Awas Spam Filter

Salah satu alasan kenapa email marketing anda tak dapat dibaca oleh pelanggan ialah adanya spam filter.  Untuk menghindarinya anda perlu memastikan IP address anda belum pernah dipakai untuk mengirim spam. Gunakan domain terverifikasi, sertakan contact person yang bisa dihubungi dan gunakan merge tags di email anda.

Waktu dan Mobile User

Waktu pengiriman email juga sangat mempengaruhi apakah email anda dibaca oleh pelanggan anda. Pilihlah waktu – waktu tertentu dimana para pelanggan bisa membaca email anda tanpa diburu waktu. Anda bisa mengirim email pada pukul 12.00 atau yang paling efektif pada pukul 14.00 – 17.00.  menurut BlueHornet sebanyak 67.2 persen orang – orang biasa membuka email mereka melalui smartphone. Tentunya email anda harus mobile friendly yang bisa anda buat dengan format single coloum dibawah 600px. Lengkapi dengan font yang lumayan besar dan pakai call to action button yang lebih besar.

Contoh Email Marketing Menarik

Terdapat beberapa email marketing yang bisa anda jadikan referensi dari beberapa perusahaan ini.  Email marketing yang mereka buat terbukti berhasil menarik pelanggan untuk mengunjungi website mereka. Penasaran bukan dengan email marketing mana saja yang dimaksud? Ini dia selengkapnya :

  • BuzzFeed

BuzzFeed selalu mampu membuat kita penasaran bahkan sebelum kita membaca isi email mereka. BuzzFeed memakai judul subyek dan teks peninajauan awal yang pendek tetapi menyentuh.

  • Uber

Email marketing uber tak pernah lepas dari slogan “ better faster cheaper than taxi”. Desain layout mereka juga menarik dan mudah diakses. Gambarnya jelas dengan konten singkat namun jelas.

  • Eurostar

Kehebatan Eurostar dalam email marketing mereka ialah kata – kata provokasi yang mampu membuat pelanggan penasaran untuk mengunjungi websitenya. Apalagi dengan gambar – gambar wisata yang eye catching sehingga membuat pelanggannya terbawa ingin berlibur.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: