Tips

Begini Cara Menolak Tawaran Kerja Yang Gak Bikin Sakit Hati

Setiap orang memang butuh bekerja agar mampu memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Sayangnya untuk mendapatkan pekerjaan bukanlah perkara mudah.  Biarpun begitu bukan berarti setiap pekerjaan anda terima begitu saja. Tak jarang anda harus menolak tawaran pekerjaan dikarenakan beberapa alasan seperti penawaran gaji yang kurang sesuai dengan kebutuhanmu maupun tugas atau beban pekerjaan yang tak bisa anda terima. Boleh saja anda menolak tawaran pekerjaan namun haruslah professional agar hubungan anda dengan perusahaan tidak canggung satu dengan lainnya.

Jika Sudah Yakin Maka Tolak ASAP

Jangan buat perusahaan menunggu jawabanmu terlalu lama. Apabila anda memang sudah yakin tentang keputusanmu maka sampaikan ke pihak HRD as soon as possible (ASAP). Apabila anda sendiri membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan tawaran maka informasikan kapan anda bisa memberikan jawaban pasti kepada pihak perusahaan. Anda bisa mengkabari pihak perusahaan tersebut 2-3 hari setelah interview. Dengan begitu perusahaan bisa segera mencari kandidat lainnya.

Ucapkan Terima Kasih

Untuk terpilih sebagai kandidat di sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah. Tentu anda dinilai memiliki kelebihan dibandingkan dengan kandidat lainnya. Untuk mengapresiasikan penghargaan kepada perusahaan yang memilih anda maka jangan lupa ucapkan terima kasih sebelum menolak. Berterima kasihlah kepada perusahaan atas kesempatan yang telah diberikan kepadamu.

Utarakan Hal Yang Anda Sukai Dari Perusahaan Tersebut

Selanjutnya utarakan apa yang anda sukai dari perusahaan yang menawarkan anda pekerjaan. Anda bisa memberikan ulasan pengalaman positif selama interview dengan mereka sehingga perusahaan merasa anda menghargai segala proses wawancara yang telah anda lewati. Hal ini juga bisa menjaga hubungan baik antara perekrut dengan anda.

Beri Alasan Yang Jelas Untuk Penolakanmu

Barulah setelahnya ungkapkan alasan kenapa anda menolak tawaran kerja yang diberikan. Tentunya alasan harus jelas dan logis serta diutarakan dalam kalimat yang santun. Anda bisa mengungkapkan bahwa posisi yang ditawarkan tidak cocok dengan kemampuan anda saat ini atau anda sudah mendapatkan pekerjaan di tempat lain.

Boleh Jujur Tapi Jangan Lebay Ya!

Boleh saja anda berkata jujur tentang alasan penolakan namun jangan sampai lebay ya dalam menyampaikannya. Ingat be professional walaupun anda tak bekerja di perusahaan tersebut saat ini. Penting untuk menjaga reputasi dimata perekrut. Anda tak akan tahu apa yang terjadi di masa depan siapa tahu anda membutuhkan atau bekerja sama dengan perusahaan yang anda tolak saat ini.

Tips Agar Lolos Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan salah satu proses yang perlu dilewati setiap pelamar kerja saat melamar pekerjaan. Saat wawancara kerja perekrut memiliki kesempatan untuk lebih dekat dengan anda dan kesempatanmu untuk bisa mengenal perusahaan yang anda lamar. Tentunya butuh persiapan agar anda bisa lolos ke tahap sebelumnya. Persiapan yang dimaksud diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Gunakan Busana Yang Santun

Pakailah busana yang santun dan nyaman. Anda bisa menggunakan kemeja serta atur riasan sebelum menemui interviewer.

  • Jaga Attitude Sedari Awal

Tidak lupa jaga attitudemu sedari awal. Misalnya saja sebelum masuk ke ruangan ketuk pintu dahulu. Jangan lupa untuk tersenyum untuk menunjukkan keramahanmu.

  • Hati – Hati Menjawab Pertanyaan

Setiap pertanyaan yang diajukan hati-hati dalam menjawabnya. Cerna secara seksama sehingga anda bisa menjawab pertanyaan dengan jelas dan tetap fokus dengan yang ditanyakan.

  • Kenali Dahulu Perusahaan Yang Anda Lamar

Sebelumnya cari tahu dahulu tentang informasi perusahaan yang anda lamar agar tidak salah dalam menjawab pertanyaan terkait perusahaan mereka.

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top