Peluang Usaha

Begini Cara Pembelian Saham Online

Sudahkah anda memiliki subuah investasi ? jika belum, investasi saham bisa menjadi pilihan. Investasi saham memiliki banyak keuntungan bila dibandingkan dengan investasi lain, investasi saham memiliki kemudahan, kepraktisan serta hasil yang cukup tinggi. Dalam dunia saham terdapat dua cara pembelian saham yang pertama melalui broker. Apakah broker itu mungkin bagi anda yang sudah berkecipung di dunia saham paham betul apa itu broker, bagi anda yang ingin terjun di dunia saham mungkin masih belum mengenal betul apa itu broker. Broker merupakan pialang saham biasanya digunakan untuk memerintahkan order pembelian saham tempat dimana anda membuka rekening saham yang bisa dilakukan secara langsung,jika anda berada dalam kantor broker anda, ataupun melalui telepon saat anda tidak berada di area kantor broker anda.

Pembelian saham juga bisa dilakukan secara online melalui internet. Anda bisa melakukan order pembelian saham secara online, yaitu dengan menggunakan Trading Saham Online System atau aplikasi jual beli saham online. Pembelian saham secara online sangatlah praktis bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan anda terkoneksi dengan jaringan internet. Berikut ini adalah cara melakukan pembelian saham secara online :

  • Anda harus sudah memiliki rekening saham, jika anda belum memiliki rekening saham maka anda harus membuat rekening saham terlebih dahulu. Untuk melakukan pembelian saham anda harus terdaftar sebagai nasabah pada suatu broker. Pastikan bahwa broker yang anda pilih memiliki fasilitas software online trading yang mudah digunakan demi kelancaran dalam melakukan transaksi. Untuk membuka rekening saham tidak dikenakan biaya apapun, hanya mengisi formulir dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan.
  • Setelah rekening saham anda jadi, selang waktu 1-2 minggu, akan ada email masuk berisi konfirmasi pembukaan rekening saham. Dalam email tersebut berisi password,PIN, dan nomor rekening dana investor (RDI). Selanjutnya anda perlu melakukan deposit dana ke RDI senilai jumlah minimal yang sudah ditentukan oleh broker tempat membuka rekening. RDI ini berupa rekening bank atas nama kita sendiri, tetapi tidak ada buku tabungan atau kartu ATM, karena RDI sendiri memang hanya digunakan untuk menyimpan dana sebelum digunakan untuk membeli saham. Anda bisa melakukan deposit dana dengan transfer via teller bank, atau ATM dan internet banking.

BISNIS/ARMIN ABDUL JABBAR Dua orang  pialang mengamati pergerakan harga saham di Pojok Bursa STIMIK Likmi Jl Ir. Djuanda (Dago) Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/10). Indeks harga saham gabungan Kamis (20/10) ditutup melemah 1,7% atau 63,52 poin ke level 3.622 terseret bursa regional dan global yang mengalami koreksi.

  • Langkah selanjutnya anda harus memiliki software online trading pada perangkat anda (computer, laptop/notebook, tablet ataupun smartphone). Software online trading bisa di install di perangkat anda secara gratis, tidak ada biaya pemakaian. Setelah anda berhasil menginstall software anda login menggunakan username dan password yang sudah dikirimkan sebelumnya via email. Demi keamanan biasanya anda diminta untuk mengganti password serta PIN anda. Anda bisa melihat deposit dana yang sudah disetor dalam software ini.
  • Saatnya anda melakukan pembelian saham menggunakan software. Pertama masukkan PIN anda, pilih menu beli saham (buy), kemudian masukkan kode saham yang ingin dibeli. Pada setiap saham diberi kode 4 huruf, missalnya saham PT Aneka Tambang Tbk diberi kode ANTM. Langkah selanjutnya masukkan harga saham yang henda dibeli dan sertakan jumlah lot saham yang ingin dibeli. Minimal pembelian adalah 1 lot atau 100 lembar. Kemudian tekan tombol send. Jika ingin menjual saham, anda tinggal memilih menu jual (sell). Dari transaksai jual beli saham, jika anda mendapatkan keuntungan maka akan masuk kedalam rekening anda.

Membeli atau menjual saham tentunya tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan, bisa-bisa anda mengalami kerugian bukannya keuntungan, oleh sebab itu perlu adanya strategi yang tepat dalam berinvestasi. Dimulai dari memilih saham apa yang akan dibeli atau dijual, kemudian tentukan waktu yang tepat untuk membeli ataupun menjual saham anda. Sering-seringlah anda mengecek harga saham terbaru agar anda mudah dalam menganalisis saham mana yang memiliki daya beli yang rendah namun memliki peluang besar dalam peningkatan harga sahamnya, sehingga anda memliki potensi besar untuk mendapatkan keuntungan. Demikian uraian singkat mengenai tatacara pembelian saham secara online. Semoga artikel ini bermanfaat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: