Keuangan

Begini Caranya Nyicil Mobil Walau Gaji Cuman 3 Juta

Begini Caranya Nyicil Mobil Walau Gaji Cuman 3 Juta – Bagi sebagian orang khususnya masyarakat perkotaan, mobil dianggap sebagai barang yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Tak heran jika saat ini mobil menjadi kebutuhan sekunder yang diinginkan banyak orang. Namun seperti yang kita ketahui harga mobil tidaklah murah. Apalagi bagi anda yang bergaji pas-pasan. Meskipun mahal tidak bisa dipungkiri jika orang dengan pendapatan pas-pasanpun ingin memiliki mobil, untuk menunjang keperluan sehari-hari ataupun meningkatkan kualitas hidup mereka. Salah satu kunci agar anda bisa membeli mobil walaupun gaji anda cuman 3 juta adalah mencicil mobil atau membeli mobil dengan cara kredit. Berikut ini adalah cara nyicil mobil walaupun gaji anda cuman 3 juta

  1. Menabung untuk uang muka

Cara pertama yang dilakukan untuk mencicil mobil adalah anda harus menyiapkan uang muka. Selanjutnya anda dapat membuat simulasi rencana berupa besarnya uang muka dan cicilan yang akan anda bayarkan dalam masa kredit nanti. Misalnya, jika harga mobil 100 jutaan, dan uang muka 20 %, maka angka yang diperoleh 20 jutaan. Dengan gaji anda yang hanya 3 juta perbulan tentu ini masih terlalu mahal. Untuk mengatasinya, anda bisa mencari promo yang menawarkan cashback potongan uang muka. Sehingga total uang muka bisa ditekan hingga 10 juta saja. Untuk cicilan per bulannya pastikan tidak lebih dari 30 % penghasilan anda. Misalnya dengan gaji  anda yang hanya3 juta  itu berarti anda harus menyisihkan 900 ribu-1,5 juta. Katakalah bunga cicilan 6 % maka angka cicilan anda 1,4 juta per bulan. Nah untuk mendapatkan uang muka tersebut berarti  cara awal yang bisa anda lakukan adalah menabung hingga anda mendapat uang muka 10-20 juta. Anda bisa menyisihkan 1-1,5 juta sehingga dalam setahun anda sudah memiliki uang yang cukup untuk membayar uang muka.

  1. Pilihlah fasilitas kredit jangka panjang

Cara yang satu ini  adalah alternatif yang bagus bagi anda yang memiliki dana pas-pasan, tetapi ingin membeli barang dengan cepat. Saat ini Bank atau lembaga pembiayaan menyediakan fasilitas kredit mobil. Pilihlah fasilitas kredit dengan tenor atau masa yang panjang dengan jangka waktu cicilan mulai dari 7-8 tahun. Tenor atau masa yang panjang  ini berguna untuk membantu anda dalam mencicil. Hal ini karena semakin lama tenor yang anda ambil maka cicilan yang harus anda bayar tiap bulanpun akan semakin ringan, selain itu untuk uang muka yang harus anda bayar diawalpun akan lebih kecil.

  1. Berhemat

Cara  lain bagi anda untuk bisa membeli mobil dengan gaji pas-pasan adalah berhemat dengan  mengerem pengeluaran. Dari gaji 3 juta sisihkan separuhnya untuk kebutuhan per bulan dan separuhnya lagi untuk kebutuhan cicilan mobil. Untuk lebih mudah anda bisa membuat buku anggaran pengeluaran anda.  Susunlah anggaran kebutuhan anda 1,5 juta per bulan. Anggaran ini kemudian bisa anda alokasikan untuk kebutuhan seperti makan 800 ribu per bulan. Transportasi kerja 300 ribu per bulan, kebutuhan pulsa 100 ribu per bulan. Untuk kebutuhan lain-lain 200 ribu per bulan dan sisanya 100 ribu anda simpan sebagai uang darurat.

  1. Cari pekerjaan sampingan

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mencicil mobil adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan ini akan sangat membantu anda karena keuangan anda bisa lebih stabil. Hal ini karena anda memperoleh uang tambahan selain gaji yang anda peroleh tiap bulannya. Usahakan bisa memperoleh setidaknya 500 ribu-1 juta per bulan dari pekerjaan sampingan anda. Pekerjaan yang bisa dilakukan misalnya berjualan makanan ringan, berbisnis secara online, menjadi pengemudi ojek online.dll

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: