Tips

Beli Kue Lebaran Tak Perlu Mahal, Begini Caranya!

Kue_Lebaran

Kue lebaran memang menjadi kebutuhan yang selalu ada setiap perayaan hari besar kaum muslim tersebut. Kehadiran keluarga dan sanak saudara ke rumah menjadi alasan mengapa setiap orang kemudian menjadikan kue lebaran sebagai keperluan atau kebutuhan. Meski hanya sekedar kue, tapi anggaran untuk memenuhi kebutuhan ini tak jarang membuat dompet kempes seketika. Hal ini terjadi karena mereka membeli kue lebaran dengan harga mahal. Ketika permintaan tinggi pada kue lebaran saat menjelang hari-H, memang bukan tidak mungkin membuat harganya menjadi selangit. Dari sinilah maka kebutuhan akan kue lebaran ini ternyata bisa membuat pusing kepala ibu-ibu rumah tangga. Tapi Anda tak perlu khawatir sebab ada beberapa cara atau tips untuk bisa membuat pengeluaran untuk kue lebaran ini menjadi lebih irit dan hemat biaya. Berikut ulasannya.

  1. Beli Saat Ada Promo

Cara pertama untuk memenuhi kebutuhan kue lebaran dengan biaya irit adalah dengan membelinya saat ada promo. Tak jarang mendekati lebaran atau jauh-jauh hari sebelum lebaran ada banyak tempat yang menghadirkan promo untuk kue-kue lebaran yang dijual. Tempat yang menghadirkan promo ini sendiri bisa yang ada di dunia offline atau online. Anda tinggal berusaha mencarinya dengan baik. Mereka menghadirkan diskon ini untuk membuat konsumen bisa menyiapkan atau menyediakan kue lebaran lebih awal. Bagi pebisnis diskon ini adalah sebagai pembuka sebelum puncak jelang lebaran yang membuat meraka harus sibuk melayani order. Dengan membeli kue lebaran dengan harga promo tentu saja Anda akan jadi lebih bisa berhemat dan tidak lagi mahal.

  1. Pesan di Sentra Industri

Berikutnya, cara untuk bisa membeli kue lebaran dengan harga yang tidak mahal adalah dengan memesannya di sentra industri. Bila kue lebaran yang Anda pesan memang memiliki daerah sentra industri yang membuatnya maka Anda memang bisa mendapatkan harga yang lebih miring di sana. Ini karena pembelian di sentra produksi merupakan harga dari orang pertama atau produsen yang akan Anda dapatkan. Jadi harga dari orang pertama inilah yang pastinya lebih murah dan berbeda jika Anda membelinya dari agen atau pengecer. Dengan harga lebih murah dari sentra industri inilah maka Anda pun bisa menghemat anggaran untuk kue lebaran.

  1. Buat Sendiri

Bila Anda punya kemampuan atau keterampilan membuat kue, maka Anda bisa mengoptimalkan keahlian tersebut untuk mendapatkan kue lebaran dengan harga lebih murah. Membuat kue sendiri memang jauh lebih hemat karena Anda bisa mendapatkan harga produsen. Selain mendapatkan harga yang lebih murah dengan membuat kue lebaran sendiri Anda juga akan mendapatkan kepuasan. Ini karena Anda lebih leluasa menentukan bahan-bahan yang akan dipakai dan juga menentukan rasa dan selera sendiri.

  1. Patungan untuk Membuat Kue

Bila Anda merasa membuat kue ini terlalu banyak kue yang didapatkan sehingga membuat pengeluaran tetap menjadi mahal, maka solusinya adalah Anda bisa mengajak teman atau tengga atau juga kerabat untuk patungan. Dengan sistem patungan ini maka kelebiha kue yang dihasilkan bisa ditanggung oleh yang lain sehingga membuat pengeluaran jadi lebih murah. Dalam sistem patungan pembuatan kue lebaran ini Anda bisa menjadi pembuatnya dengan uang lebih sedikit karena harus mengeluarkan tenaga membuat kue. Opsi lain Anda menyerahkan pembuatan kue pada teman atau rekan Anda tapi dengan mengeluarkan uang lebih besar. Tapi apapun pilihan Anda harga kue lebaran yang Anda dapatkan akan tetap murah.

  1. Buat Sekaligus untuk Jualan

Terakhir, cara untuk bisa mendapatkan kue lebaran dengan harga murah yaitu dengan membuatnya sekaligus menjual. Dengan cara ini sebenarnya bukan harga murah saja yang bisa Anda dapatkan, tapi Anda juga akan bisa memperoleh keuntungan. Keuntungan atau laba yang Anda dapatkan ini sendiri karena Anda menjual kepada orang lain. Semakin banyak pembeli yang datang kepada Anda maka semakin besar keuntungan yang bisa Anda peroleh. Namun dibalik hal menarik dari cara terakhir ini ada risiko besar yang bisa membuat Anda justru mendapatkan kerugian. Kerugian ini bisa saja terjadi bila hanya ada sedikit konsumen yang mau membeli. Dari kue lebaran yang Anda buat lebih untuk dijual maka bila tidak ada yang membelinya memang hal ini akan memunculkan risiko kerugian.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top